Kompetisi Sehat ala NFS UnderCover

Jaman sekarang siy sudah jarang ada yang mau berkompetisi atau bersaing dengan cara sehat dalam usaha mencapai sebuah tujuan, namun jangan khawatir kompetisi macam itu bakalan bisa ditemui pada Games Need For Speed UnderCover (NFS) buatan Electronic Arts.

Ketika menjumpai teknik permainan pada games bergenre balap ini, saya pribadi sempat merasa aneh lantaran games terakhir yang saya mainkan dapat memberikan kebebasan yang kebablasan sepanjang permainan, yaitu Grand Theft Auto. Hal-hal seperti menukar kendaraan dengan seenaknya baik dengan cara mencuri dari parkiran hingga membunuh si pemilik kendaraan, dijamin ga’bakalan bisa ditemui pada NFS. Jalannya permainan kurang lebih sama dengan Midtown Madness buatan Microsoft jaman saya kuliah dulu.

NFS 7

Ada dua opsi cara yang dapat dilakukan sepanjang permainan, berjalan-jalan mengitari kota (tidak mengikuti alur cerita) atau menjalankan misi sesuai pilihan yang tersedia (alur cerita tergantung pada pilihan yang diambil).

Untuk opsi mengitari kota, satu-satunya ‘hiburan’ adalah  menabrak dan menghancurkan benda atau infrastruktur yang berada disepanjang jalan raya namun tidak dapat menjangkau daerah diluar area tersebut seperti halnya GTA. Setiap kali melakukan hal yang merusak, polisi akan bergerak mendekati dan siap menangkap serta menyita sejumlah uang sebagai jaminan pembebasan. Sebaliknya apabila mampu meloloskan diri dari kejaran polisi dengan kemampuan mengendara yang mengagumkan, bersiaplah untuk mendapatkan ‘penghargaan’ berupa peningkatan kemampuan mengemudi, meliputi transmisi, kecakapan penguasaan kendaraan, penambahan nitro hingga peningkatan kualitas ban dan rem.

NFS 9NFS 5

Opsi menjalankan misi merupakan opsi yang wajib diikuti apabila menginginkan perkembangan yang berarti di sepanjang permainan. Untuk itu disediakan beragam pilihan yang bisa diambil seperti ‘Circuit’ yaitu tipe balapan yang diikuti 10 pembalap dengan kendaraan yang sangat keren apabila dibandingkan dengan mobil default yang diberikan (Nissan Silvia S15), ‘Sprint’ yaitu tipe balapan head to head, ‘Cost to State’ yaitu tipe melarikan diri dari kejaran polisi ‘Lose the Cop’ setelah mengancurkan segala sesuatu senilai sekian ribu dollar, ‘Job’ yaitu pekerjaan tambahan untuk mengantarkan sebuah mobil dengan menghindari kejaran polisi, dan ‘CheckPoint’ yaitu berpacu melawan waktu. Untuk opsi ini, apabila sukses melewati tantangan yang dipilih tak hanya ‘penghargaan’ seperti halnya diatas yang didapat tapi juga sejumlah uang yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kendaraan ataupun mengganti kendaraan dengan tipe yang jauh lebih baik. Opsi ini dapat dilihat melalui fitur GPS Maps yang tersedia.

NFS 19

Adapun kriteria untuk mendapatkan ‘penghargaan’ tersebut adalah waktu dominasi sepanjang balapan (berada pada posisi terdepan) dan juga kemampuan mengemudi (tidak menabrak kendaraan lain, pembatas, dsb). Penggantian kendaraan bakalan tergantung pada jumlah uang yang dimiliki, jadi ga’bisa sembarangan membeli. Itupun dari tiga jenis mobil (produksi Amerika, Eropa dan Jepang), beberapa diantaranya berada dalam posisi terkunci (locked) yang nantinya akan terbuka sendirinya ketika uang yang dimiliki berada diatas harga mobil tersebut.

Ada beberapa trik legal yang dapat dilakukan untuk menghadang laju kejaran polisi ataupun pembalap lain yang berada jauh dibelakang, yaitu menabrakkan kendaraan pada tanda segitiga oranye yang terdapat pada titik-titik ruas jalan tertentu. Pada tanda tersebut biasanya akan terdapat benda-benda yang ketika terjatuh, akan mampu menghalangi laju kendaraan lainnya. Bisa berupa pipa besi panjang, papan reklame, atau konstruksi jembatan beton.

NFS 6

Kendati demikian, yang namanya kompetisi atau persaingan secara sehat tetap dikedepankan disepanjang permainan. Tidak seperti games balap mobil umumnya dimana profile pembalap lain adalah sangat sempurna, jarang menabrak satu sama lain, begitu lincah meliuk-liuk disepanjang jalan raya sehingga jarang menabrak pembatas, tidak demikian halnya dengan games NFS ini. Kadang malah terjadi hal-hal yang sangat mencengangkan dimana ketika kendaraan menabrak tanda segitiga oranye yang berada dibawah konstruksi jembatan, mobil yang berada dibelakang akan jauh tertinggal bahkan tak tampak lagi sehingga laju kendaraan lebih dapat dikendalikan. Kestabilan akan sangat tergantung pada kemampuan kendaraan yang dimiliki, apabila diperlukan dapat ditambahkan dengan membayar sejumlah biaya.

Secara keseluruhan bagi saya pribadi games Need For Speed Undercover bisa menjadi penghibur kala senggang, entah itu untuk menyalurkan hobi ngebut dijalan raya yang ga’bakalan bisa dilakukan dalam dunia nyata, bisa juga memicu adrenalin untuk sedikit ketegangan disela rutinitas kerja kantoran. Bisa juga untuk mengobati rasa kangen dengan yang namanya “berkompetisi secara sehat.” Hehehe…

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

12 thoughts on “Kompetisi Sehat ala NFS UnderCover

  • November 27, 2009 at 10:22 am
    Permalink

    Waaahh… Teman baru, Terima kasih sudah mampir… mengasyikkan karena memace adrenalin…

  • November 27, 2009 at 3:30 pm
    Permalink

    cobain game Resident Evil atau Fatal Frame mainin pas tengah malam dijamin memacu adrenalin….

  • November 27, 2009 at 11:14 pm
    Permalink

    yang mana ya itu ? pinjem ah…

  • November 28, 2009 at 1:48 am
    Permalink

    Betul-betul raja blog, raja blog betul
    Betul-betul raja kebut-kebutan, raja kebut-kebutan betul

  • November 28, 2009 at 5:32 am
    Permalink

    betul-betul pemilik blog yang kritis… kritis pemilik blog betul… halah…

  • November 28, 2009 at 5:33 am
    Permalink

    Ntar kalo dah punya momongan, mungkin situasinya bakalan beda Wir. ;p

  • November 28, 2009 at 6:30 am
    Permalink

    game horor tuh bli…

    Resident Evil game petualangan membunuh para zombie….
    kalau Fatal Frame game menangkap hantu dengan menggunakan kamera…

    coba dong tapi yang fatal frame kayaknya ga ada versi PC-nya..

  • November 29, 2009 at 2:26 am
    Permalink

    mending cepet2 pinjem cd videonya Sora Aoi ke Eka…

Comments are closed.