Dua kali Yudisium bagi lulusan Pasca Sarjana Teknik ?

14

Category : tentang KuLiah

Sudah sewajarnya bagi setiap calon wisudawan wisudawati mengalami dua event penting sebelum dianggap benar-benar selesai menempuh studi tingkat perguruan tinggi. Pelepasan atau dikenal dengan istilah Yudisium dan Pengukuhan atau Wisuda. Demikian pula saya. Namun sedikit dibuat heran, Yudisium untuk jenjang pendidikan Pasca Sarjana dilakukan dua kali. Satu kali Yudisium untuk lulusan Pasca Sarjana (seluruh bidang studi) dan program Doktor, satunya lagi Yudisium bersama dilingkungan Fakultas Teknik. Yudisium bersama ini diikuti pula oleh lulusan dari tingkat Sarjana.

Secara de facto, lulusan Pasca Sarjana sedari awal perkuliahan tidak pernah berhubungan langsung dengan Fakultas Teknik reguler maupun ekstensi. Kami hanya berurusan dengan pihak Pasca. Itu sebabnya, secara pribadi agak heran juga kalau kami diminta untuk mengikuti Yudisium bersama sehari setelah Yudisium Pasca Sarjana.

Awalnya memang kami tidak disarankan untuk mengikuti Yudisium bersama ini, toh untuk Transkrip Nilai sudah diberikan pada saat Yudisium Pasca Sarjana dan Ijazah akan diberikan saat Wisuda nanti. Artinya untuk Yudisium bersama ini, lulusan Pasca Sarjana hanya akan mendapatkan plakat yang biasanya berbentuk batu nisan (istilah seorang teman kuliah) dengan nama kita tertera diatasnya bersama sejumlah lulusan lainnya. Singkatnya, tidak mempengaruhi kelulusan.

Saran ini kemudian berubah secara sepihak, mahasiswa dibebaskan mau ikut Yudisium bersama ini atau tidak. Saya pribadi yang memang tidak memiliki acara khusus pada tanggal yang ditetapkan, memilih tetap ikut apalagi uang untuk mengikuti Yudisium bersama ini sudah terlanjur dibayar. Maka dari 13 orang lulusan Pasca Sarjana yang sehari sebelumnya hadir dalam Yudisium Pasca Sarjana, hanya 7 orang saja yang ikut serta dalam Yudisium bersama Fakultas Teknik ini.

Keheranan ini sempat saya perbincangkan dengan salah seorang staf di lingkungan Pasca Sarjana Teknik, yang kemudian menyatakan keheranannya akan dua kali pegelaran Yudisium ini bagi lulusan Pasca Sarjana. Beliau ini kelupaan menitipkan aspirasi mereka kepada saya yang saat Yudisium bersama, dipinta oleh pihak Panitia untuk memberikan Kesan dan Pesan mewakili lulusan. Untuk mempertanyakan dua kali Yudisium ini… tapi ya sudahlah, semua sudah saya lewati, dengan baik pula. Biarlah keheranan ini terjawab dengan sendirinya sesuai saran saya kepada pihak Pasca Sarjana Teknik, agar bisa diselesaikan secara intern dan tidak melibatkan mahasiswa.

Semoga kelak bagi rekan-rekan yang lulus dari tingkat Pasca Sarjana Teknik tak lagi mengalami hal yang sama… Semoga saja.

Comments (14)

Maaf, minta izin mengamankan yang pertama. Bolehkan?

[Reply]

pande Reply:

Monggo Silahkan….

[Reply]

Winarto Reply:

Maturnuwun

[Reply]

Maaf, minta izin mengamankan yang kedua. Bolehkan?

[Reply]

pande Reply:

Monggo (lagi) Silahkan….

[Reply]

Winarto Reply:

Matur nuwun lagi

[Reply]

Maaf, minta izin mengamankan yang ketiga. Bolehkan?

[Reply]

pande Reply:

(lagi-lagi) Monggo Silahkan….

[Reply]

Winarto Reply:

Maturnuwun lagi nggih
.-= Winarto´s last blog ..Celengan =-.

[Reply]

@2 guys above: all of u is kurang kerjaan ya?!

[Reply]

Winarto Reply:

Memang inilah kerjaan kami sebagai seorang yang memiliki pekerjaan untuk meramaikan setiap postingan di blog.

[Reply]

pande Reply:

hihihi… jangan heran ya Ming. :p

[Reply]

ya biar semakin meriah bli, bila perlu yudisium ampe 3 kali, hehehe…

btw, jadi kelian nggak kompak dong manajemennya, yudisium kok 2 kali, hihihi
.-= wira´s last blog ..Blog Baru Semangat Baru =-.

[Reply]

pande Reply:

…tapi mubazir kan Wir ? :p

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge