tentang BaLi BLoGGer Community tahun kedua

28

Category : tentang InSPiRasi

Ketika seseorang menanyakan ‘apa itu BALI BLOGGER COMMUNITY (selanjutnya disebut sebagai BBC), saya akan dengan sigap menjabarkan bahwa BBC itu adalah sekumpulan pemilik BLoG yang rata-rata memiliki tingkat kegilaan akan hobi menulis tentang apa saja yang mereka kuasai, mereka ketahui atau yang terjadi disekitar kita. Meliputi hobi, perjalanan, kuliner hingga politik, lingkungan hidup ataupun bisnis. Bisa saya katakan demikian mengingat anggota yang dimiliki oleh BBC memiliki latar belakang yang sangat beragam.

Pertama kali saya mengenal BBC adalah ketika pertemuan-pertemuan mulai digagas melalui milis yang notabene saya pribadi tidak dapat ikut hadir saat itu. Baru pada ‘launching BBC di studio Popo Danes, akhirnya bisa juga membayar hutang janji kepada salah satu ‘aktor intelektual (meminjam istilah kasus Antasari) Bung Anton Muhajir. Dari Tokoh inilah, saya bisa mengenal lebih jauh sekumpulan pemilik BLoG seperti penjabaran diatas tadi.

Pasca lauching BBC, sebenarnya banyak kegiatan yang dilakukan yang rata-rata mengusung dua tema pokok. ‘Mai nge-BLoG pang sing BeLoG’ (yang artinya Mari nge-BLoG agar tidak Bodoh (BeLoG;bahasa bali) dan ‘Berbagi Tak Pernah Rugi. Diantaranya kunjungan ke RSJ Bangli saat hari Kemerdekaan Indonesia tahun lalu, kunjungan ke panti jompo, donor darah hingga pelatihan kepada masyarakat tentang BLoG dan sejenisnya.

Ngomongin BBC, rasanya seperti ngomongin organisasi pemuda ‘Sekeha Teruna Teruni’ yang dahulu pernah saya ikuti pada masa remaja. Keramaian suasana hanya tercipta saat pertemuan dilakukan secara tak sengaja, ini sama halnya dengan milis yang dimiliki oleh BBC. Kondisi sebaliknya terjadi saat pertemuan ‘resmi’ mulai digaungkan. Entah itu rapat awal jauh sebelum kegiatan utama dilakukan, hingga saat kegiatan tersebut berlangsung.

Sampai-sampai ada yang bertanya, sebenarnya berapa sih jumlah anggota yang aktif hingga hari ini ?  dari 300an orang anggota (demikian pula organisasi pemuda yang saya katakan tadi), paling banyak sekitar 50an orang yang ikut serta hadir dalam setiap kegiatan ‘resmi dan rata-rata tak sampai 20an orang yang ikut dalam rapat kecil-kecilan persiapan kegiatan. Saya sendiri adalah bagian dari yang tidak ikut hadir tersebut. Huahahaha… Dari sekian banyak kegiatan yang pernah dilakukan, hanya dua yang saya ikuti. Launching tadi dan ngobrol bareng BBC di BaliFM beberapa waktu lalu.

Bergabung dengan BBC bisa dikatakan banyak hal positif yang saya alami. Katakan saja dukungan serta mediasi terkait perseteruan saya dengan salah satu media cetak lokal, bantuan oprek BLoG dari beberapa Ahli hingga perkenalan saya dengan ‘penggunaan domain sendiri. Ya, sebelum mengenal BBC, saya masih berkutat dengan akun BLoG gratisan dari BLoGSPoT. Atas dukungan rekan-rekan BBC pula, saya dapat mewujudkan sedikit dari idealisme yang ada didalam diri, membuat sebuah sistem yang sediakan digunakan untuk pelayanan informasi kepada publik. Tentu saja berbasis BLoG. Hehehe…

Bulan ini BBC telah berusia 2 tahun. Gak terasa memang… Selama dua tahun ini, banyak hal yang sudah terjadi. Debat Bli Nengah Sumerta dengan GenDo, kisruh yang saya ciptakan saat sebuah media cetak merasa keberatan atas salah satu tulisan yang saya buat, hingga ‘pembunuhan suasana milis yang tentu saja gara-gara ulah saya (waktu itu memilih mundur dari milis), berefek pada sepinya milis belakangan ini. Bersyukur anggota milis tak berlarut-larut ikut-ikutan menghilang, bahkan beberapa alumni angkatan tahun pertama mulai bermunculan pasca beberapa anggota baru yang berusaha dengan semangat mereka menyuntikkan darah segar bagi kelangsungan BBC.

Semoga BBC tetap mampu menorehkan sejarahnya kembali pasca dinyatakan unggul dalam Pesta BloGGer tahun lalu, sebagai salah satu komunitas yang menjanjikan. Tetap semangat nge-BLoG kawan…

Comments (28)

yang mana sampe segitunya Bang ?

[Reply]

Ada gosip ya Bli Pande?
membunuh suasana kayak kuburan?
Loh, anggota BBC ada yang meninggal?
Innalillahi…. aku baru tau….
😀 😀

(Loh kok?)
.-= astiti´s last blog ..Bali Blogger Community Tahun Ke 2 =-.

[Reply]

pande Reply:

Yang meninggal itu namanya Suasana, Put. tapi ga’tau al.blognya yang mana… :p

[Reply]

inget BBC, inget bli pande yang mendoakan kita semua waktu acara lounching….
itu yg terus keinget. 😀
.-= Yanuar´s last blog ..2 tahun baliblogger =-.

[Reply]

pande Reply:

inget kjadian itu, bikin geli sendiri. Blogger kuper yang tumben bergaul. hehehe… langsung saltum. Huahahaha…

[Reply]

ingin menyampaikan kepada orang bali semua. seorang warga bali bernama I NYoman Mudita telah melakukan penipuan bisnis pulsa online. Ribuan membernya telah tertipu dan kehilangan uang. Saat ini dia terus beraksi melalaui webnya dan juga melalui online sembunyi2…

apakah orang bali tidak peduli dengan korban2nya yang terus bertambah? ataukah memang orang bali semuanya penipu seperyi I Nyoman Mudita?

[Reply]

pande Reply:

Nah Nah Nah… ini yang dikatakan Rekan” BBC di milis… entah Spam ataukah mohon Dukungan… tapi Terima Kasih sudah berkunjung. 🙂

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge