Menu
Categories
…dan semua itu berakhir sudah…
November 7, 2009 tentang KuLiah

Melanjutkan studi ke jenjang Pasca Sarjana sebenarnya sama sekali tidak pernah terpikirkan, jika bukan karena desakan seorang teman kantor yang sudah terlanjur mendaftarkan dirinya di Magister Teknik Sipil pertengahan tahun 2007 lalu. Bisa jadi karena saat itu pikiran masih terfokus pada usaha untuk mendapatkan momongan. Kebuntuan jalan yang saya temui akhirnya membelokkan pikiran untuk kembali ke bangku kuliah ketimbang bengong termenung setiap pulang kerja.

Banyak hal yang menjadi kendala sebenarnya. Hal terbesar adalah masalah biaya. Seluruh tabungan saya habis digunakan untuk pengobatan diri sendiri yang kala itu diduga Oligoasthenoteratozoospermia oleh Dr.Wimpie. Sebuah istilah ilmiah yang intinya mengatakan bahwa sperma yang saya miliki tidak normal hingga menyulitkan proses pembuahan. Disamping itu, orang tua sudah tidak lagi seproduktif dulu. Apalagi Bapak yang diketahui mengidap Diabetes sejak tahun 2003 lalu. Saya pun akhirnya mengikuti saran dari rekan-rekan kantor, memanfaatkan SK PNS yang saya miliki, untuk dijadikan jaminan pinjaman pada Bank Pembangunan Daerah setempat.

Bidang Ilmu yang saya pilih sama sekali baru. Bisa dikatakan saya mengalami kesulitan saat ujian masuk, kuliah awal hingga tengah semester. Lagi-lagi dari teman jua saya mendapatkan banyak bantuan berupa buku serta petunjuk praktis untuk mengerti lebih jauh satu persatu mata kuliah yang diajarkan. Masa inilah yang saya sebut masa perubahan. Masa dimana saya mulai menggunakan waktu luang saya sepulang kerja untuk belajar dan mengerjakan tugas agar tak tertinggal rekan lain. Masa dimana saya mulai berkenalan dengan scientific calculator yang memiliki tiga baris digital pada display layarnya, demikian pula pc mobile alias Notebook dan juga usb modem.

Untuk memudahkan proses pengerjaan tugas, saya kerap memutar otak mencari jalan terbaik dan termudah untuk dapat menyelesaikannya. Mengingat impian saya untuk mendapatkan momongan sudah didengar Tuhan, yang artinya saya harus meluangkan waktu lagi untuk membantu Istri dalam mengerjakan kewajiban rumah tangga. Bersyukur sekali, apapun kesulitan yang saya hadapi, ada seorang Istri yang dapat diajak bertukar pikiran dan ada rekan kantor juga rekan kuliah yang mendorong dan memberikan bimbingan, hingga masa transisi perkuliahan bisa saya lewati dengan baik.

Hobi nge-BLoG saya katakan adalah hal paling positif dalam sejarah hidup dan sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran perkuliahan kali ini. Tugas yang berbentuk laporan bisa saya selesaikan dalam hitungan hari. Kebiasaan untuk mencari ide, bahan-bahan yang diperlukan, hingga mencoba menuangkannya satu persatu dalam bahasa yang mudah dimengerti menjadi amat sangat berharga dan mengundang keheranan beberapa teman lain, mengingat latar belakang pekerjaan saya kini bukanlah bidang yang tepat untuk menghasilkan tulisan atau laporan.

BLoG pada akhirnya menjadi hal terpenting yang saya miliki, karena tugas terakhir yang harus saya selesaikan (baca:Tesis) hampir sembilan puluh persen dipengaruhi oleh spririt nge-BLoG. Percaya gak ?

Dua tahun dua bulan. Masa yang tercatat untuk bisa menyelesaikan studi Pasca Sarjana, bukanlah waktu yang cepat saya kira. Walaupun rasanya baru kemarin saya ikut test TPA yang mirip dengan test psikologi CPNS, dan rasanya baru kemarin saya meledek rekan-rekan diruang kuliah dengan gambar-gambar jahil, bikin nyengir dan tentu saja semua kisah itu terekam dengan baik pada BLoG saya ini. Tercatat pada kategori ‘tentang Kuliah’.

Yudisium Pasca Sarjana

Terima Kasih rekan-rekan, Terima Kasih semuanya. Tanpa kalian tentu saja saya takkan bisa menyelesaikan perjalanan panjang ini dengan baik.

…dan kini sebuah tanggung jawab besar telah menunggu didepan mata. Mau tidak mau saya harus menghadapinya…

"16" Comments
  1. yihaiiii!!!!! cuit!! cuit!!!
    traktir.. traktir..
    .-= Oming´s last blog ..Jangan Ganggu Nayla =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Hehehe… Kapan nyusulnya Ming ?

    [Reply]

  2. pada intinya, selamat ya bli… :mrgreen:

    semoga saya bisa meneruskan jejak itu, ikut S2 😀
    .-= wira´s last blog ..Masalah Plugin SEO Ultimate =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Siiipp… dijamin bisa. sapa dulu dong ? Wira…

    [Reply]

  3. Ada 2 pertanyaan:

    Kapan schedule traktiran makan2 se-banjar Bali Blogger Community?
    Kapan meneruskan S3?

    Suksma
    .-= Winarto´s last blog ..Ingat Edi Tanzil =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Schedule traktirannya blom terpikirkan… kapan ya asyiknya dan dimana ? yang jelas kalo disarankan ke ikan bakar jimbaran, dijamin saya bakalan minta waktu buat mengikuti jejak para pejabat kita, korupsi dulu. hehehe…
    Untuk S3… kaya’nya gak mungkin deh… kapasitas otak hampir 90 persen dah dijejali oleh file miyabi. Hehehe…

    [Reply]

    Winarto Reply:

    Bagus juga kalau ikan bakar di Jimbaran 😉
    Tapi, minimal boronng angkringan di Sanglah plus gerobagnya 😆
    Kalau untuk S3, kan bisa tu fenomena miyabi dijadikan satu disertasi 😛

    [Reply]

    pande Reply:

    Terima Kasih, tapi S3 ? hehehe… jangan menghasut yang tidak baik… hihihi…

  4. mantaph…keren…SAlut…

    tepuk tangan….

    [Reply]

    pande Reply:

    Kapan nyusul Ka ? :p

    [Reply]

    eka dirgantara Reply:

    setelah tamat komik Pluto bli, baru ntar nyusun…mau buat komik TA-nya…
    .-= eka dirgantara´s last blog ..berani ga KPK dan POLRI sumpah pocong? =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    kalo dah slesai, jangan lupa makan2nya. hihihi…

  5. To Pande Baik, S2.

    Congratulations!
    Turut gembira atas jerih payah mencapai gelar S2.
    Tetaplah bersemangat!

    Salam sukses dari
    Basuki Pramana, S2 ( Sudah Sepuh )

    [Reply]

    pande Reply:

    Terima Kasih ya Pak… blom sempat blogwalking nih…

    [Reply]

  6. hmmmm… satu lagi cerita sahabat blogger yang sukses karena nge-blog. tetep semangat bli untuk ngeblog. saya juga masih berusaha untuk tetap eksis….!!! salam!

    http://bliyanbelog.blogspot.com

    http://bliyanbayem.blogspot.com
    .-= bliyanbayem´s last blog ..Logo Google Untuk 40th Sesame Street Anniversary =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Tetap eksis kendati FaceBook mulai meraksasa. :p

    [Reply]

Leave a Reply
*