Memperbaharui Sistem Operasi Ponsel Windows Mobile 2003 (Pocket PC)

51

Category : tentang TeKnoLoGi

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya perihal pembaharuan sistem operasi pada ponsel terutama yang mengadopsi Windows Mobile 2003, pada tulisan kali ini akan saya lanjutkan dan jelaskan cara pembaharuan pada tipe atau jenis Pocket PC, tipe yang sudah memiliki fitur layar sentuh.

Sama halnya dengan ponsel/PDA Windows Mobile yang merupakan tipe atau jenis Smartphone, langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh (download) file ROM (installer sistem operasi) untuk jenis ponsel/PDA yang dimiliki. File bisa didapatkan melalui forum XDA Developer yang sudah terbagi dalam jenis atau tipe ponsel yang berbeda, tergantung pada kode nama pabrikan yang disandang oleh ponsel/pda tersebut.

Ada dua PDA yang sudah pernah saya coba terapkan, yaitu Audiovox PPC 6700 yang memiliki keyboard QWERTY saat layar utama digeser ke arah samping, berjalan pada frekeunsi CDMA dan O2 XDA Atom yang memiliki bentuk jauh lebih kecil ketimbang Audiovox tadi berjalan pada frekuensi GSM. Untuk Audiovox memiliki kode nama HTC Apache yang ternyata tidak memiliki varian nama lain, demikian pula O2 yang ternyata menyandang kode nama sama dengan serinya, yaitu Atom.

File ROM Audiovox dibagi menurut jenis operator yang digunakan. Perlu diketahui bahwa seri Audiovox ini tidak beredar secara resmi di Indonesia, bisa diketahui dari ragam file ROM yang disediakan. Besaran filenya kurang lebih sekitar 64,4 MB dan apabila di-extract terbagi menjadi 8 buah file, salah satunya merupakan file yang dapat dieksekusi (ROMUpgradeUt.exe).

UpGrade PPC Audiovox

File ROM milik O2 XDA Atom berukuran sekitar 43,5 MB yang apabila di-extract akan melonjak menjadi 84,9 MB, terbagi menjadi 7 buah file , salah satunya merupakan file yang nantinya dapat dieksekusi (DSUU.exe).

UpGrade PPC O2

Langkah berikutnya adalah mengkoneksikan device (ponsel/PDA) dengan PC melalui kabel data atau docking (desktop charger), menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Activesync. Usahakan daya batere yang dimiliki sebelum memulai proses upgrade ROM, minimal kisaran 40 %, alangkah lebih baik berada pada titik penuh.

Buka file berekstensi exe yang berada dalam folder file ROM seperti yang saya sebutkan sebelumnya, klik next dalam setiap tahapan yang dipinta. Proses upgrade akan berlangsung sekitar 20-30 menit dan seperti halnya ponsel bertipe Smartphone (pada tulisan sebelumnya), proses ini tidak memerlukan atau bergantung pada koneksi internet. Begitu proses selesai, lakukan tindakan Soft Reset dengan menekan stylus pada lubang kecil di bagian bawah PDA. Silahkan lihat perubahannya.

o2-xda-atom-wm-6-300x201

Bagaimana ? masih takut untuk mencobanya ?

Comments (51)

Sepertinya tidak bisa, karena aplikasi mutlak mensyaratkan Kabel Data sebagai media penghubungnya.

[Reply]

Kalo hilang, gunakan saja Cotton Bud (kilik kuping) yang untuk bayi/anak”itu… jaangan menggunakan peniti atai obeng karena ujungnya yang tajam dapat merusak karet/tombol didalamnya.

[Reply]

saya mau nanya gan.
ponsel saya o2 xda II mini (pocketpc)
bisa di upgrade k system yg lebih baru g?
mohon pencerahan

[Reply]

pande Reply:

Untuk O2 Mini, tentu bisa. Namun yang tertinggi kalo tidak salah hanya sampai pada Winmo versi 6.1 seperti halnya screenshot diatas.
Untuk info lebih lanjut, silahkan akses ke al.berikut ya…
http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=276

[Reply]

Fandy says:
October 20th, 2010 at 11:34 am

Audiovox xv6600 saya sudah upgrade ROM dari versi awal 1.34 menjadi 2.04 (WindowsMobile 2003SE) versi radio HA02_123, dan berjalan normal tanpa ganguan sedikit pun.

spt hal diatas, saya mengalami masalah yg sama, audiovox 6600 saya sinyal searchig trus, dan setelah aku cek benar ternyata versi radio HA01_167, yg saya tanyakan dimana saya bisa mendownload rom 2.04 radio HA02_123…saya dah coba cari di http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=244 blum ketemu jg.. please bantuanya kpd agan admin atau agan fandy…

[Reply]

pande Reply:

Waduh… ini seri IIs yang versi cdma yah ? dah lama gag ngoprek Winmo lagi. Ada yang bisa bantu ?

[Reply]

Fandy Reply:

Waduh sudah lama juga nih, saya lupa alamat URLnya dan saya sepertinya masih simpan ROMnya, tapi di kompi ane dirumah.. kalo dan pulang nanti ane bantu cariin atau diupload, :)

Kangen juga dengan HH itu, sekarang lagi pegang android :))

[Reply]

salam kenal n mo nanya neh om saya punya pocketpc hp pe2060 gmn cr pengoperasian nya yah…

[Reply]

pande Reply:

Wih… gadget lawas… coba hunting di halaman ini dengan kata kunci pocketpc :)

[Reply]

Maslah ku untuk seting internet di audiovox xv6600 pakai kartu smart fren knp engga konek aja… .
:. Mohon bantuannya bos, trus klo di upgrade ke wm5 gimana seting internetnya.!

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge