Memperbaharui Sistem Operasi Ponsel Symbian

9

Category : tentang TeKnoLoGi

Rata-rata keluhan pengguna ponsel yang mengadopsi sistem operasi Symbian seperti halnya Nokia adalah kinerja dan performance ponsel yang lambat. Hal ini berlaku bagi ponsel keluaran sebelum tahun 2008/2009. Bisa dimaklumi sebenarnya, karena rilis ponsel ketika itu belum mengadopsi prosesor dengan kecepatan tinggi seperti halnya sekarang. Katakanlah seri multimedia N70, N73, N80 atau N90.

Ketika ponsel sudah berumur satu dua tahun atau lebih, kinerja tersebut akan secara otomatis menurun seperti halnya penggunaan PC. Tak heran apabila pengguna ponsel lebih memilih untuk menjualnya dengan seri terkini, padahal hingga saat ini seri yang disebutkan diatas masih menjadi pilihan favorit untuk dimiliki.

Untuk mengembalikan kinerja dan performance ponsel, sebetulnya ada cara gampang yang bisa dilakukan yaitu me-reset ponsel kembali ke pengaturan semula (pabrikan) atau yang lebih dikenal dengan istilah Hard Reset. Tindakan ini sudah pernah saya tulis sebelumnya. Bagi yang blom pernah membacanya silahkan lihat disini.

Selain tindakan hard reset diatas, sebetulnya saat ini Nokia sudah menyediakan layanan secara online untuk memperbaharui sistem operasi ponsel yang digunakan dan dapat dilakukan secara personal. Tindakan ini dikenal dengan nama ‘Flashing’. Pembaharuan ini hanya berlaku untuk peningkatan versi Firmware pada sistem operasi yang sama, dan tidak berlaku untuk peningkatan versi sistem operasi.

Maksud kalimat saya diatas adalah bagi yang memiliki ponsel N73 misalnya, dikenal mengadopsi sistem operasi Symbian 60 3rd Edition. Jadi yang di-perbaharui adalah versi Firmwarenya menjadi rilisan yang terbaru. Pembaharuan tidak bisa dilakukan apabila ingin mengubah versi sistem operasi ke 5th Edition (Nokia 5800 XM), karena jeroan masing-masing ponsel berbeda, tidak dapat mengadaptasi versi sistem operasi yang berbeda.

Caranya yaitu pengguna diwajibkan mengunduh (download) terlebih dahulu file Nokia Software Updater Setup_en.exe (23,3 MB) dari web site resmi Nokia, dengan memilih seri/jenis ponsel yang dimiliki. Berdasarkan informasi yang saya baca, untuk satu file bisa digunakan untuk beragam seri ponsel yang memiliki kesamaan versi sistem operasi. Misalkan saja file yang diperuntukkan bagi Nokia N73, kompatibel dan dapat digunakan pula untuk ponsel seri N, seri E, eXpressMusic, Supernova, Navigator, Slide, Fold juga Classic.

Apabila file sudah selesai diunduh, pastikan daya batere ponsel dalam kondisi penuh, untuk mengantisipasi jangka waktu upgrade Firmware yang nantinya akan dilakukan secara online. Jangka waktu ini akan tergantung pada kecepatan koneksi internet yang digunakan. Sambungkan ponsel dengan PC menggunakan kabel data bawaan ponsel. Lakukan koneksi internet dan buka (eksekusi) file Nokia Software Updater tadi. Proses upgrade Firmware akan berlangsung secara online, tunggu hingga selesai. Yang perlu diperhatikan adalah saat proses berlangsung, ponsel tidak boleh digunakan ataupun diputus dari PC. Apabila telah selesai, matikan ponsel dan hidupkan kembali, lihat perubahannya.

Symbian

Saya sendiri sudah pernah mencobanya pada ponsel N73 Music Edition. Hasilnya, selain kinerja dan performance jadi jauh lebih baik, untuk permasalahan pengiriman sms yang lambat, sudah dapat diatasi kendati saya tidak menginstalasi aplikasi Sms Accelerator seperti sebelumnya. Bukan hanya itu, Nokia juga memberikan beberapa aplikasi terbaru seperti yang biasanya telah terdapat pada ponsel Nokia seri terkini. Nokia Maps (akses melalui GPRS), Nokia Magnifier (fungsi kaca pembesar), Nokia Search (pencarian file), Mobile Televisi, Divx Player, Lifeblog, Quickoffice, Adobe PDF serta F-Secure Anti Virus.

Bagaimana ? ingin ikut mencobanya ?

Comments (9)

sama aja kayak komputer ya bli, kalo sudah terasa lambat bin lemot, format aja, haahaha
.-= wira´s last blog ..Fenomena Kesurupan Massal Di Sekolah =-.

[Reply]

pande Reply:

…tapi format cuma untuk mngembalikan kondisi pabrikan… sdgkan ini ya memperbaharui PLUS. hehehe…

[Reply]

tunggu sampai saya punya hape seperti ini pak…. 😆

[Reply]

pande Reply:

Ntar kalo kaos SAHABAT-nya laku terjual banyak, dijamin bisa kok Ka…

[Reply]

[…] saya pernah menuliskan perihal fitur-fitur baru apa saja yang didapat ketika mencoba untuk memperbaharui versi sistem operasi pada ponsel Symbian. Adapun versi dari sistem operasi yang dimaksudkan diistilahkan sebagai Firmware. Firmware menurut […]

thank’s bgt infonya..!!

[Reply]

Selama proses upgrade, apakah kartu sim/memory card tetap ada d dalam handphone atau dikeluarkan dari handphone ?
Thx mas bro

[Reply]

pande Reply:

Tidak masalah apakah dikeluarkan atau tidak, terpenting yaa backup dulu isinya…

[Reply]

jadi intinya g ada cara untuk pake aplikasi watsApp d nokia n73?

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge