Hard Reset Ponsel Anda

35

Category : tentang TeKnoLoGi

Bukan hanya sekali dua saya didatangi teman untuk dimintai tolong perihal trouble atau kesulitan yang dialami ponselnya, entah karena tidak dapat mengakses satu dua fungsi (pesan, kontak, aplikasi) dengan baik atau memang keseringan hang saat pemakaian. Berhubung saya telah berjanji pada tulisan sebelumnya bakalan berbagi pengalaman dalam menggunakan ponsel/pda ya ga’ada salahnya saya paparkan solusinya disini.

Dalam teknologi ponsel untuk dapat mengatasi kesulitan seperti itu ada beberapa hal yang patut dicurigai sebagai penyebabnya. Entah itu kerusakan aplikasi lantaran keseringan install aplikasi ga berguna trus dihapus, kerusakan sistem operasi akibat kesalahan pemakaian atau kerusakan hardware akibat kebentur, kecemplung air dsb.

Kalo gak mau repot menganalisa dan sudah pasrah dengan kehilangan data yang ada didalamnya yang penting ponsel bisa dipakai kembali, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah Hard Reset. Perilaku ini berpotensi mengembalikan kondisi ponsel ke setting pabrikan, seperti saat awal pembelian baru. Tentu saja memiliki resiko seperti kehilangan data ataupun kontak yang tersimpan pada ponsel. Beda jeroan tentu saja berbeda cara melakukan Hard Reset-nya.

Untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile Smartphone seperti halnya tipe O2 Xphone iim tanpa layar sentuh, untuk dapat melakukan Hard Reset diperlukan tiga jari untuk menekan tombol Power yang berada di sisi atas ponsel dan dua tombol softkey kanan dan kiri secara simultan.

Untuk pda yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile Pocket PC seperti halnya tipe O2 Atom atau O2 XDA II berlayar sentuh, untuk dapat melakukan Hard Reset diperlukan satu jari untuk menekan tombol Power yang berada di sisi atas ponsel dan satu tangan untuk memegang stylus yang digunakan untuk menekan/mencolok tombol Soft Reset pada lubang kecil sisi bawah pda.

hard Reset pp

Untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Symbian, terutama Symbian 60 seperti halnya tipe Nokia 3660, Nokia 6600 dan sejenisnya, untuk dapat melakukan Hard Reset diperlukan 2 jari kiri dan 2 jari kanan. Untuk 2 jari kiri digunakan untuk menekan tombol hijau (call) dan tombol bintang ( * ) sedangkan 2 jari kanan digunakan untuk menekan tombol angka 3 dan tombol power disisi atas ponsel.

Biasanya untuk ponsel/pda yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile begitu melakukan hard reset, layar ponsel akan langsung berubah blank dan kembali start dari awal. Khusus yang berlayar sentuh atau menggunakan  sistem operasi Windows Mobile Pocket PC, akan diberikan petunjuk tapping layar dan juga operasional stylus.

Sedangkan untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Symbian, setelah melakukan hard reset layar ponsel akan menampilkan permintaan kode pengaman (defaultnya 12345) dan pengaturan tanggal serta waktu.

Cara-cara diatas cukup manjur dilakukan namun sebisa mungkin seandainya masih bisa membackup isi ponsel (sms, kontak, catatan dll) ya lakukan langkah tersebut terlebih dahulu entah ke dalam bentuk pc ataupun kartu memori. Satu saran tambahan, apabila memungkinkan, pindahkan juga terlebih dahulu data (foto, dokumen, aplikasi) yang berada pada memori internal  ponsel ke memori eksternal (kartu memori) ponsel. Pengalaman saya meski ponsel/pda di-Hard Reset namun aplikasi maupun data yang tersimpan pada kartu memori akan tetap ada seperti sebelumnya.

Semoga sedikit pengetahuan saya diatas dapat bermanfaat. Salam dari PuSat KoTa DenPasar.

Comments (35)

hallo gan, q mau tnya gmn cara pakai memory external??, coz o2 q g mau bca memory externalnya

[Reply]

pande Reply:

Gag mau baca mem.eksternal ya ? pertama, coba dengan kartu memory lain, kalo tetep gag mau, berarti ada masalah dengan hardwarenya. 🙁

[Reply]

Samsung c6625 setelah di tekan tmbol it malah kLuar layar htam dgn bcaan samsung. It gmNa kK?

[Reply]

pande Reply:

Terima Kasih sudah mampir kemari. Permintaan FBpun sudah saya konfirm. Berhubung itu tulisan lama, tahun 2009, untuk solusi pastinya tidak dapat saya berikan. Namun, jika Mbak Ika berkenan, silahkan mampir di Forum terkait. XDA developers. Forum ini dahulu kerap menjadi tujuan saya ketika mengalami kesulitan dengan WinMo. Berikut saya sertakan linknya…
http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=385
dan link berikut, jika Mbak Ika belum menemukan solusinya. FLashing/Upgrade ke WinMo 6.5 barangkali bisa membantu…
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=699409

[Reply]

gan.. mau tanya dong
hp samsung b3310 saya mati gan, pas dinyalain cuma tampil welcome sama pkease wait, abs itu mati dan nyala sendiri lagi tapi ya cuma begitu aja cuma sampai please wait.
gmn ya gan solusinya ?
thanks.
klo bisa tlg bls ke email ya gan

[Reply]

pande Reply:

Hohoho… kalo di Android itu namanya Bootlop yah ? solusinya ya Hard Reset.
Sayangnya dalam beberapa Thread, terdeteksi aksi Hard Reset ini hanya berlaku saat ponsel menyala dan dalam kondisi Standby. Tidak satupun yang mampu menjawab saat ponsel dalam kondisi mati/off seperti halnya perangkat lain.
Jadi satu-satunya solusi adalah membawanya ke Samsung Service Centre saya kira. 🙁

[Reply]

xgendutzx Reply:

sama nih gan kondisi hape saya kaya agan yang diatas nih, hape saya B3310
ga ada solusi yang lain nih gan,,,
klo ke samsung center jadi mahal harga nya gan…ane pusing nih hape…please solusi terbaiknya yah

[Reply]

xgendutzx Reply:

kalo bisa gan kirimin yang solusinya ke email ane yah gan..terima kasih gan….!!

gan.. mau tanya donghp samsung b3310 saya mati gan, pas dinyalain cuma tampil welcome sama pkease wait, abs itu mati dan nyala sendiri lagi tapi ya cuma begitu aja cuma sampai please wait.gmn ya gan solusinya ?thanks.klo bisa tlg bls ke email ya gan[Reply]

[Reply]

pande Reply:

(kalo gag salah jawaban ini dikirim pula via email kok)
solusinya ya Hard Reset.
Sayangnya dalam beberapa Thread, terdeteksi aksi Hard Reset ini hanya berlaku saat ponsel menyala dan dalam kondisi Standby. Tidak satupun yang mampu menjawab saat ponsel dalam kondisi mati/off seperti halnya perangkat lain.
Jadi satu-satunya solusi adalah membawanya ke Samsung Service Centre saya kira. 🙁

[Reply]

[reply]
tapi dalam keadaan nyala.. cuma timbul Logo Samsungnya aja,,

[Reply]

pande Reply:

Yup… itu sebabnya saya sarankan lebih baik ke Samsung SC saja langsung 🙂

[Reply]

salam kenal gan…aku rudi punya keluhan hape nobi(nokia n81) nich,terutama saat internet berjalan sering muncul memory full..
Tolong bantuannya gan..

[Reply]

pande Reply:

Pindahkan data (file musik, foto, video) ke memory card. hapus cache pada browser dan ulangi aktifitas kembali

[Reply]

gan hp ane GT – B 3310 kalo di nyalain layarnya putih semua atau white screen,,..

mohon pencerahannya gan….

terimakasih

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge