Menu
Categories
Menjaga Stamina nge-BLoG
October 8, 2009 tentang iLMu tamBahan

Sebenarnya agak geli juga ketika seorang teman dari Bali Blogger Community mengusulkan satu tema tambahan untuk bahan siaran BBC on Air yang dilakukan saban hari minggu malam di Radio Bali FM yaitu menjaga stamina nge-BLoG. Ini dilontarkan setelah melihat intensitas turunnya tulisan pada blog milik Agung Pushandaka, Wirautama dan tentu saja PanDe Baik hehehe… tetap ter-upade secara berkala meskipun berada ditengah demam microblogging Facebook ataupun Twitter.

Secara pendapat pribadi sih ada 2 (dua) faktor yang paling menentukan dalam menjaga stamina nge-BLoG, jika itu dilihat dari intensitas tulisan yang dipublish pada BLoG. Faktor pertama adalah waktu luang yang dimiliki oleh seorang blogger dan faktor keduanya ya tujuan yang ditentukan sejak awal nge-BLoG.

Waktu luang terkait dengan kesempatan untuk melahirkan tulisan yang nantinya akan publish pada halaman BLoG. Mencakup ide pemikiran, penulisan, pengembangan, perbaikan hingga waktu untuk menampilkannya. Waktu luang dipengaruhi oleh status pekerjaan dan lingkungan si Blogger.

Seorang Blogger yang memiliki pekerjaan sebagai bisnisman, mengharuskan tingkat mobilitas tinggi, kesibukan kerja padat, jangankan untuk nge-BLoG, bisa jadi waktu untuk bersenda gurau bersama keluarga sangat jarang dimiliki. Akan berbeda apabila si Blogger memiliki pekerjaan yang memungkinkan terciptanya waktu luang yang sangat banyak, misalnya seperti saya seorang PNS tanpa jabatan alias staf. Ketika pekerjaan itu selesai dikerjakan dalam waktu singkat secara otomatis sambil menunggu perintah saya memiliki waktu luang yang biasanya oleh teman-teman dilewatkan dengan cara beragam. Nge-gosip atau menonton gosip di layar televisi, main games bahkan ada juga yang langsung kabur entah kemana… sudah menjadi rahasia umum. Saya sendiri melewatkan waktu luang tersebut untuk beraktifitas di dunia maya mumpung koneksi internet sudah murah, entah untuk membaca berita terkini dari portal detik atau kompas, send received email, berbagi cerita via microblogging facebook hingga yang paling utama, mengelola BLoG.

Lingkungan si Blogger juga bisa mempengaruhi waktu luang loh. Seorang Blogger yang telah berkeluarga tinggal dalam sebuah keluarga kecil akan berbeda kondisinya dengan yang masih tinggal bersama ortu dan keluarga besarnya. Waktu untuk mengurus si kecil dan urusan rumah tangga lainnya  bisa jadi merupakan prioritas utama. Apalagi kalo si Blogger masih melajang dan blom punya pacar. Waaahhh…

Faktor kedua seperti yang sudah saya katakan sebelumnya adalah Tujuan yang ditentukan sejak awal nge-BLoG. Seorang blogger yang berangkat dari keisengan lebih banyak bercerita tentang kesehariannya, aktifitas, jalan-jalan hingga apa yang ia ketahui atau yang berkaitan dengan hobi. Bisa juga tentang sesuatu yang gak jelas maksudnya. Hehehe… ini sih nyindir diri sendiri. Akan berbeda dengan seorang Blogger yang sedari awal sudah menetapkan satu tema atau topik tertentu sebagai isi dari pada BLoG yang dikelola. Misalkan mengkhusus tentang SEO, sepak bola, property ataupun cerpen.

Ditinjau dari segi rating atau traffic jelas yang memiliki tema khusus biasanya akan jauh lebih banyak pengunjungnya, mengingat kejelasan tema atau topik yang diusung. Orang dijamin akan kembali menengok BLoG tersebut untuk melihat tulisan terbaru, barangkali saja bisa berguna untuk menangani kesulitan yang dihadapi. Tidak heran jika ada yang mengklaim traffic kunjungan perhari pada BLoG tertentu mencapai angka seribuan orang. Jauh beda dengan BLoG milik saya kan ?

Hanya saja ketika ide penulisan itu habis, si Blogger biasanya akan  mulai kebingungan mau membahas atau menulis tentang apa. Maka terjadilah yang namanya hiatus atau break sejenak sembari menunggu ide itu muncul lagi. Gak perlulah saya ungkapkan contohnya. Lihat saja dari tanggal terakhir tulisan dibuat atau intensitas lahirnya tulisan setiap bulannya.

Menjaga Intensitas BLoG

BLoG pandebaik.com sejauh ini masih tergolong BLoG yang bersifat iseng-iseng saja. Sekedar menuangkan isi pikiran yang dipenuhi unek-unek soal pekerjaan, aktifitas kuliah, jalan-jalan hingga hobi. Gak ada yang spesial ataupun mengigit untuk dinikmati. Apabila ide tulisan mentok dalam kategori kerja, masih ada cerita lain yang bisa saya buat, entah itu tentang si kecil putri kami, tentang ponsel hingga keluh kesah yang (lagi-lagi) gak jelas maunya apa. Hehehe…

Dalam usia 2 (dua) tahun pertama (masih memakai alamat pandebaik.blogspot.com dan pandeividuality.net) rata-rata dalam sehari saya bisa melahirkan minimal 1 (satu) tulisan.  Maka tak heran total postingan sudah mencapai angka seribuan. Cukup membuat shock pemilik Hosting saat pemindahan Server dari miliknya Egy Rakhahost ke Hendra Bali Orange.

Dalam perkembangannya setelah menggunakan domain pandebaik.com bisa dikatakan saya dijejali aktifitas kuliah tingkat akhir yaitu Tesis yang memaksa saya untuk mengupdate tulisan secara berkala 2 (dua) hingga 3 (tiga) hari sekali. Ini dilakukan agar waktu luang yang saya miliki bisa dibagi dengan keluarga maupun penyelesaian Tesis.

Jadi jangan terlalu heran atau kagum apabila BLoG saya ini dapat terus terupdate yaaa…

"8" Comments
  1. Butuh obat penguatan stamina ngeblog, hubungi Bli Pande 😉

    [Reply]

  2. untuk lebih lanjutnya bisa didengar di Bali FM minggu malam…dengan pembicara tentu saja yg menulis postingan ini…hehehehe:P

    [Reply]

  3. **siapin radio nunggu bli Pande siaran :mrgreen:
    .-= wira´s last blog ..Kuta Karnival 2009 di Bali =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    hush hush… cukup dijawab via BLoG saja yaaa… :p

    [Reply]

  4. sepertinya sudah siap jadi narasumber siaran BBC neh. biar anggota BBC mulai rajin ngeblog lagi.

    salut buat bli pande..
    .-= a!´s last blog ..Dunia Tanpa Kemiskinan Bukanlah Impian =-.

    [Reply]

  5. Ya iyalah update terus. PNS ngangur gitu koq banyak waktu luang digunakan utk ngeblog. Makan gaji buta ya? Hehehehe… 😆
    .-= arqu3fiq´s last blog ..Hal Gila Yang Pernah Aku Lakukan =-.

    [Reply]

  6. @AnTon, lihat situasi dulu Om. Ternyata proses menuju Wisuda itu gak gampang… masih panjang dan lama… masih musti berkutat dengan itu dulu. 😥
    @Arquefiq, sekalinya kau mampir komentarmu langsung menusuk nok… 👿 :mrgreen:

    [Reply]

  7. Pingback: Menjaga Stamina Ngeblog « Bali Blogger Community

Leave a Reply
*