Bikin sendiri Screenshot-mu

Pada beberapa tulisan saya sebelumnya yang membahas tentang aplikasi baik pada ponsel, pda maupun pc rata-rata menggunakan screenshot dari aplikasi terkait sebagai gambar ilustrasi pelengkap tulisan. Ini saya lakukan untuk lebih meyakinkan pembaca bahwa ‘saya telah melakukannya’ dan bukan mengambil atau copy paste dari orang lain. Demikian pula dengan isi Tesis saya keseluruhan, yang sebagian besar gambar yang ditampilkan sebagai ilustrasinya merupakan karya sendiri. Mau tahu bagaimana caranya ?

Untuk membuat tampilan screenshot pada PC, tinggal menekan tombol “ PrtSc “ atau kependekan dari Print Screen yang ada pada keyboard sisi atas, tepatnya diantara tombol “F12” dan “Pause”. Menekan tombol tersebut sama halnya dengan melakukan perintah ‘copy’ atau menekan shortcut tombol keyboard “Ctrl+C” pada aplikasi berbasis Windows. Jadi gak akan menimbulkan reaksi apa-apa.
PRTSc
Agar lebih meyakinkan silahkan membuka aplikasi pengolah gambar seperti Paint yang ada secara default pada folder Accessories Start Menu PC, pilih pilihan ‘paste’ atau langsung menekan shortcut tombol keyboard “Ctrl+V”. Tadaaa… pada layar akan ditampilkan fotocopi-an tampilan layar PC pada saat penekanan tombol “PrtSc” dilakukan. Lakukan editing yang dianggap perlu dan simpan.

Untuk membuat tampilan screenshot pada layar ponsel khususnya Nokia yang telah menggunakan sistem operasi Symbian 60 3rd Edition, dapat menggunakan bantuan aplikasi Screenshot buatan Antony Pranata. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengambil gambar yang sedang aktif pada layar ponsel dengan memanfaatkan atau menekan tombol kamera yang biasanya berada pada sisi kanan ponsel. File akan tersimpan pada folder khusus (Screenshot) yang dapat diatur apakah ditempatkan pada memori internal atau eksternal ponsel.

Hanya saja sejauh yang saya coba, aplikasi ini tidak dapat digunakan pada ponsel yang tidak memiliki tombol kamera secara khusus seperti halnya Nokia seri E71. Kendati seri tersebut mengadopsi OS yang sama. Ini disebabkan oleh tombol yang digunakan untuk mengeksekusi kamera pada seri tersebut adalah tombol joystick navigasi-nya.

Untuk membuat tampilan screenshot pada layar ponsel atau pda yang telah menggunakan sistem operasi Windows Mobile, entah itu yang tergolong Smartphone (tanpa layar sentuh) atau Pocket PC (yang berlayar sentuh), dapat menggunakan aplikasi My Mobiler yang terintegrasi pada PC. Aplikasi ini akan secara otomatis berjalan ketika kabel data pada handset disambungkan dengan PC.

Tampilan yang sedang aktif pada layar ponsel/pda dapat diambil dengan menekan shortcut tombol keyboard “Ctrl+S” untuk mengcopy kedalam daftar clipboard (seperti halnya tombol “PrtSc” diatas) atau langsung dijadikan dalam bentuk file dengan menekan shortcut tombol keyboard “Ctrl+F”.

Bagi yang ingin mencobanya silahkan mengunduh (download) langsung dari alamat berikut ini :

My Mobiler untuk ponsel/pda Windows Mobile
Screenshot v.3.01 untuk Nokia Symbian 3rd Edition

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

8 thoughts on “Bikin sendiri Screenshot-mu

  • September 30, 2009 at 5:33 pm
    Permalink

    Hey, I found your blog in a new directory of blogs. I dont know how your blog came up, must have been a typo, anyway cool blog, I bookmarked you. 🙂

  • September 30, 2009 at 11:07 pm
    Permalink

    There’s good info here. I did a search on the topic and found most people will agree with your blog. Keep up the good work mate!

  • October 1, 2009 at 5:59 am
    Permalink

    I don’t know If I said it already but …Hey good stuff…keep up the good work! 🙂 I read a lot of blogs on a daily basis and for the most part, people lack substance but, I just wanted to make a quick comment to say I’m glad I found your blog. Thanks,)

    A definite great read..Jim Bean

  • October 17, 2009 at 7:48 am
    Permalink

    Awesome blog!

    I thought about starting my own blog too but I’m just too lazy so, I guess Ill just have to keep checking yours out.
    LOL,

  • June 29, 2011 at 10:01 pm
    Permalink

    gak mudeng aku mas…

Comments are closed.