Menu
Categories
MoRange kini dalam tampilan Baru
September 22, 2009 tentang TeKnoLoGi

Beberapa waktu lalu saat laptop pertama yang saya miliki mengalami sedikit gangguan dan diputuskan untuk diinapkan sementara waktu (agar fokus perbaikan bisa jauh lebih baik), praktis aktifitas rutin yang biasanya saya lakukan berkaitan dengan dunia maya terhenti seketika. Kendati tidak sepenuhnya namun bisa dikatakan ada rasa hampa yang saya alami sepanjang waktu tersebut.

Solusi paling pertama yang bisa saya ambil adalah mengoptimalkan penggunaan ponsel sebagai sarana pengganti sementara mengingat solusi kedua yang saya rencanakan yaitu beraktifitas melalui Warnet tidak bisa saya lakukan setiap saat seperti halnya dahulu. Maka Morange kembali saya aktifkan baik pada ponsel cdma milik saya maupun gsm milik Istri. Sayangnya ada satu gangguan yang lumayan membuat saya kebingungan yaitu tidak berfungsinya fitur Push Email seperti yang dahulu pernah saya paparkan dalam tulisan BLoG ini.

Setelah dilakukan pengecekan melalui browser Opera Mini versi 3.0, sayapun bisa mengetahui bahwa dalam beberapa account email saya terdapat rata-rata sekitar 100-200an email yang belum dibaca (forward melalui fitur POP3). Ini bisa dimaklumi lantaran tiga hari setelah dan sebelum gangguan pada laptop terjadi, saya ga’sempat melakukan aktifitas cek email melalui Microsoft Outlook seperti sebelumnya. Berangkat dari permasalahan tersebut, saya bisa memaklumi apabila aplikasi MoRange yang saya miliki tidak mampu melaksanakan fungsi Push Emailnya dengan baik, sehingga saya mencoba hunting beberapa aplikasi berbasis Java yang dapat memberikan bantuan fitur Push Email secara Gratis.

Sambil melakukan aktifitas “Trial and Error” pada sejumlah aplikasi yang saya temukan via Getjar, secara iseng saya melakukan kunjungan ke web site resmi MoRange dan mendapati kabar menarik bahwa MoRange merilis versi terbaru mereka yaitu MoRange 5.1. Setelah melakukan pengunduhan (download) file aplikasi MoRange yang dimaksud, sayapun mengeksekusinya pada ponsel gsm milik Istri, Nokia N73. Hasilnya sangat mengagumkan.

Aplikasi MoRange terdahulu secara otomatis di-Replace oleh versi terbaru tanpa menghilangkan data akun email yang tercatat sebelumnya. MoRange kini ditampilkan dengan interface yang jauh lebih fresh sedikit mengingatkan saya pada user interface ponsel iPhone maupun Windows Mobile versi HTC. Ini bisa dilihat dari taskbar atas dan bawah, lingkaran kecil sebagai tanda proses loading, dan juga pop up pilihan yang ditampilkan apabila pengguna ingin menghapus email yang telah dibaca.

MoRange 1

Kembali pada permasalahan MoRange dalam versi sebelumnya yang mengalami disfungsi push email (cieeehh bahasanya nok) tidak lagi saya temui dalam versi baru ini. Buktinya MoRange langsung merespon fitur Push Email seperti biasanya, menarik ratusan jumlah email yang belum dibaca kedalam ponsel dalam waktu beberapa menit. Tinggallah saya yang kelabakan membacanya satu persatu. Hehehe…

Seperti halnya perubahan versi MoRange dari III ke V yang menambahkan satu games versi MoRange yaitu Ocean Age, dalam versi terbarunya ini MoRange sepertinya mencoba memperkenal kembali seri kedua games tersebut yaitu Orange WAR Age 2, bagi yang menyukai permainan games via ponsel barangkali bisa mencobanya. Selain itu ada juga beberapa penambahan fitur yang diusung pada versi terbaru yaitu Backup Contact (daftar teman yang dimiliki) dan Buy Your Friend yang mengingatkan saya pada kontroversial Facebook beberapa waktu lalu.

MoRange 2

Sayangnya ada beberapa perubahan yang dilakukan dari versi sebelumnya yaitu apabila pengguna melakukan Login pada aplikasi ini, layar tidak akan merespon pergerakan cursor (navigasi ponsel) hingga aktifitas Login berhasil dilakukan. Ini tentu saja berbeda dengan versi sebelumnya dimana pengguna sambil menunggu proses Login selesai, masih bisa melihat-lihat isi Morange secara offline termasuk membaca email yang telah diterima sebelumnya.

Bagi yang masih menggunakan MoRange V dan penasaran ingin mencoba versi terbarunya 5.1, dapat mengunduh (download) dari alamat dibawah ini. Ohya, ternyata aplikasi MoRange ada juga yang diperuntukkan bagi ponsel/pda berbasis sistem operasi Windows Mobile loh…

> MoRange untuk ponsel yang mendukung Java
> MoRange untuk Windows MobiLe

"7" Comments
  1. Wah bli pande ini memang orang yang gak gaptek, meski saluran utama tersumbat bia mencari saluran alternatif lain. Klo aku begitu tersumbat ya mampet gak ada jalan keluar 😎 .
    .-= Sugeng´s last blog ..Maria Ozawa Datang, Gejala Apa Ya ?!? =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    soale sudah sampai pada tahap Ketergantungan. :p

    [Reply]

  2. waduh,oming mah dah sering kebobolan ga baca email gara2 disfungsi push email ni. Huh! Awal2nya ja bagus,anget2 tai ayam.. Eh ternyata da versi baru toh? Ming malah ga ngeh ming punya versi brp,hehe.. Tapi dr gambrnya bli pande ni sama kok ma tampilan morangenya ming??

    Omong2 soal OA(Ocean Age),ming dah ranking 3742 loh! Hahaha.. Bangga kali,ranking segitu jg,hahahaha!

    [Reply]

  3. eh ngga ding,ranking ming dah naik jd 3439,hahaha..

    Versi ming udh 5.1,tp tetep aja push mailnya sering disfungsi e*****,hahaha.. Mungkin dia capek ngepush,pengennya ngepull aja,hehe..

    [Reply]

  4. Hi Oming… wah jarang2 sua lagi pasca smt.3 nih… :mrgreen: ttg Ocean Age, saya ga’hobi main gim online, di fesbuk sekalipun. :mrgreen: ttg disfungsi kaya’nya Morange versi baru agak-agak berat loadingnya, musti nunggu agak lama biar bisa bener2 berfungsi fitur push emailnya… 😆

    [Reply]

  5. numpang ja 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: 😎

    [Reply]

  6. Pingback: MoZat re-inkarnasi MoRange V dengan Fitur FaceBook Chat dan Twitter | PanDe Baik

Leave a Reply
**** *