Full Screen Keyboard solusi cerdas pda touch screen

3

Category : tentang TeKnoLoGi

Salah satu kesulitan terbesar penggunaan pda berbasis Windows Mobile Pocket PC yang memiliki fitur layar sentuh namun tak memiliki thumbboard terintegrasi adalah input data. Adapun pda yang tergolong tipe ini adalah HP Ipaq 6515, O2 Atom, XDA II ataupun HTC Touch.

Sebetulnya untuk input data secara default ada beberapa metode yang dapat dilakukan yaitu goresan stylus yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk abjad namun memerlukan latihan agar lebih terbiasa atau dengan keyboard virtual yang tampil pada sisi bawah layar sentuh. Sayangnya makin kecil layar pda yang dimiliki makin sulit mata kita untuk mencari abjad yang ada pada keyboard virtual tersebut. Terlalu sering melakukan input data dengan menggunakan stylus cenderung menyebabkan goresan permanen pada area ini.

Untuk mengatasi hal tersebut salah satu caranya adalah dengan menginstalasi aplikasi tambahan Full Screen Keyboard, posisikan pada memori internal pda. Aplikasi ini dapat digunakan secara bebas alias free, memiliki tampilan yang mirip dengan aplikasi buatan SPb yang berbayar.

Ketika aplikasi Full Screen Keyboard telah berhasil diinstalasi diperlukan reboot ulang handset untuk dapat menampilkan aplikasi tersebut sebagai salah satu alternatif media input data di bagian bawah (taskbar menu) layar pda. Diperlukan pengaturan kembali agar aplikasi Full Screen Keyboard dapat dijadikan sebagai media input secara default pada pda.

Cara pemakaiannya sederhana, saat aplikasi Full Screen Keyboard diaktifkan maka posisi layar secara otomatis akan berubah menjadi landscape dan menampilkan panel keyboard yang memenuhi layar, menyisakan sebaris kolom memanjang sebagai viewernya. Panel tersebut dapat disentuh dengan tangan maupun stylus. Saya sendiri lebih sering menggunakan tangan ketimbang stylus. Cara memegang handsetnya mengingatkan saya pada ponsel gaming milik Nokia yaitu seri N-Gage.
full keyboard
Setelah selesai menginput data atau kalimat, langkah selanjutnya adalah tinggal menekan tombol centang Rumput sebagai langkah copy-paste ke aplikasi yang akan digunakan, entah itu Pesan, Word maupun Note. Mudah bukan ? Dengan cara ini cacat permanen akibat goresan styluspun dapat diminimalisir.

Bagi yang ingin mencobanya dapat mengunduh (download) langsung melalui alamat dibawah ini :

Full Screen Keyboard for PPC


Comments (3)

sangat berguna nih aplikasinya, apalagi buat mereka yang kadang malas pakai stylus dan mengganti dengan goresan jari :D
.-= wira´s last blog ..Komentar Orang Malaysia =-.

[Reply]

berarti ini gak perlu keyboard lg kalo ngetik? :-?
.-= a!´s last blog ..Makanan Mak Nyus Sekitar Kampus =-.

[Reply]

@Wira, yup jadinya ya lebih mudah siy…
@AnTon, bener banget Om… :mrgreen:

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge