Menu
Categories
Waspadai Komentar SPAM pada BLoG
June 27, 2009 tentang KHayaLan

Beberapa saat setelah menggunakan domain nama sendiri sebagai alamat (URL) BLoG ini, menggantikan alamat tumpangan gratis di BloGSpot, ada dua hal yang menarik terjadi di seputaran BLoG ini yang barangkali tidak pernah saya alami saat masih numpang dahulu.

Peningkatan traffic pengunjung (waktu itu saya bisa melihatnya dengan bantuan plug-ins Post View pada bagian bawah masing-masing tulisan –kini bisa dilihat pada kolom Firestats di sidebar kanan) dan peningkatan jumlah komentar untuk tulisan-tulisan yang saya buat tersebut. Hanya saja sejauh ini peningkatan jumlah komentar tersebut hanya berlaku pada satu dua tulisan saja (tidak dirata-ratakan). Kesian deh…. Hwahahaha…..

Berkaitan dengan peningkatan jumlah komentar yang saya katakan diatas tadi, boleh dikatakan terbagi atas dua kategori komentar yaitu yang menanggapi isi terkait tulisan saya dan satunya lagi yang beriklan atau memberikan komentar yang gak nyambung bahkan cenderung berbau (maaf) seks dan dilakukan secara berulang-ulang.

Untuk yang masuk kategori menanggapi, barangkali masih bisa saya kontrol keberadaannya (tinggal disetujui jika beneran nyambung dengan isi tulisan), sebaliknya yang beriklan dalam hal ini saya kategorikan sebagai komentar Spam, jujur saja pada awalnya, saya kelimpungan menghadapi jumlah komentar yang bisa mencapai puluhan setiap harinya. Bersyukur bangeds ada plug-ins dari pihak ketiga yang bisa ditambahkan untuk memfilterisasi komentar Spam pada BLoG yang menggunakan mesin WordPress. Namanya Akismet.

Berkat Plug-ins inilah komentar-komentar yang kemudian saya kategorikan sebagai Spam, disaring dan dikeluarkan dari daftar komentar yang harus saya setujui terlebih dahulu. Terutama bagi pengunjung yang baru pertama kali memberikan komentar pada BLoG saya ini.

Sayangnya hingga detik ini, saya sendiri malah kebingungan memantau, komentar yang mana saja yang berhasil difilter oleh Akismet. Jangan-jangan komentar pengunjung yang beneran serius dianggap sebagai Spam lantaran satu dua sebab misalnya. Namun mengingat kembali bahwa BLoG ini sama sekali tidak digunakan untuk kepentingan komersial, ya saya biarkan saja tanpa usaha lanjutan.

Yang lucu, walaupun Akismet sudah berhasil menjaring komentar (yang menurut saya tergolong : ) Spam, ada juga beberapa yang lolos dan masuk dalam daftar komentar yang harus saya setujui. Pada awalnya memang saya akui bahwa saya sendiri tidak menyadari kalo komentar itu bermaksud sebagai Spam, tapi lama-lama kok komentar yang disampaikan sama dan berulang-ulang pada tulisan saya yang lain ? Tentu saja ini menimbulkan kecurigaan.

SpamKoment

Si pengunjung (pemberi komentar) tampaknya merupakan orang lokal yang berbahasa Indonesia dengan baik, sehingga memungkinkan lolos dari jeratan Akismet. Hanya saja alamat (URL) yang ditujukan atas namanya adalah alamat-alamat yang meng-iklan produk bisnis, afiliasi hingga ke produk-produk berbau (maaf) seks, dan bukan BLoG. Ada juga merupakan sebuah BLoG yang pada awalnya menulis satu dua tulisan dengan baik, namun belakangan setelah Google Adsense bisa mejeng di halaman BLoG tersebut, isinya mulai aneh dan cenderung membosankan. Iklan produk, e-book, bisnis, komisi gratis dsb. –Mohon maaf bagi rekan-rekan yang tergolong baru dalam nge-BLoG, bukan bermaksud menyinggung kalian kok…tapi ini nyata ada-

Berikut adalah beberapa komentar yang dicantumkan oleh salah satu pelaku dan diulang-ulang pada banyak tulisan saya yang lain (sori, kalo dicantumkan semua, bisa panjang banget dan ngabisin halaman) : -Intinya Cuma satu, gak nyambung dengan isi tulisan-

– Thanks for posting this. Saya suka membaca posting ini dan seperti bagaimana Anda menulis.

– hi.. thx for visiting my blog.. ^^ Nice blog.. (ini kapan saya mampirnya ???)

– Gr8 akan di sini, hanya membaca posting Anda di semua … thanks

– hai .. nice blog yeah … good luck brother …

– Sangat menarik posting, thanks for the information, akan kembali ke situs Anda sering:)

– The post is very good, I already bookmark this website.

– hmmm? this will be a good tip for those who are planning to have multiple blogs.

– Hi saya ingin menempatkan artikel di situs Web Anda dalam kaitannya dengan website kami desain dan layanan e-commerce.

– Thanks ur kunjungan ke blog saya. nice web desain.

– I guess ini sangat informatif dikirim, nice job:)

– I?ll be looking forward to seeing that write-up.

– Interesting post, i’ve already bookmark this site. Will recommend to my friend also.

– Wow! what an idea ! What a concept ! Beautiful .. Amazing

– Pos sangat baik, saya sudah bookmark situs ini.

He… Ada yang pernah mengalaminya ?

"14" Comments
  1. Menggunakan akismet tidaklah jaminan namun cukup membantu, gunakan tambahan spamfree. Kalau komentar saya selalu usahakan selektif karena spamer makin pinter.

    [Reply]

  2. Untuk komentar seperti yg anda capture selalu saya masukkan sebagai spam kok, emang suka aneh soalnya 🙂

    [Reply]

  3. Blog saya juga sering mendapat komentar spam. Ada yg berbahasa Inggrios dan juga Indonesia. Isinya macam-macam: iklan seks dll yg enggal nyambung.

    Ada juga yg berupa komentar sinis, seolah-olah ia yang paling benar dan ngeledek saya ( buat aja Blog sendiri dan tulis semaunya, engga usah nyakitin orang lain ).

    Ada lagi ( ini juga banyak ) yang ingin bertanya tentang kesehatan / penyakit yg dideritanya ( ini masih baguslah ). Padahal Blog saya kan bukan Ruang Konsultasi Kesehatan ( yg pernah saya asuh dan sudah almarhum ). Oleh karena masih ada kaitannya adg artikel saya maka saya jawab juga seperlunya. Semoga dapat bermanfaat.

    Jangan kecil hati PanDe, kalau banyak komentar yg masuk berarti ( semoga benar ) ada banyak Netter yg berkunjung ke Blog anda. Berarti juga tulisan anda tidak sia-sia bukan? Amin
    .-= Basuki Pramana´s last blog ..Khitan ( sirkumsisi ) =-.

    [Reply]

  4. saya sering mengalaminya, tp belum ada yg berbahasa indonesia, hehe
    .-= wira´s last blog ..Tajen di Bali =-.

    [Reply]

  5. gmn caranya masang akismet itu,bli??
    .-= .gungws´s last blog ..monitor baru,uhuy! =-.

    [Reply]

  6. @Pututik > Yah, sejauh ini Akismet sudah bekerja dengan baik kok, cuma saya masih bertanya2, apakah tidak memicu konflik jika menggunakan dua fungsi dalam satu sistem ? Misalkan 2 antivirus dalam sebuah PC ? 😉
    @Dokter Basuki > Yah, saya siy welcome aja dengan komentar2 diluar spam, sekalipun itu sinis. Itung2 ibadah. :mrgreen:
    @WiRa > yang sekarang ada juga kok Wir. Malah setelah tulisan ini ada beberapa yang SKSD dan memberi komentar yang sama dalam setiap posting. 😆
    @Gung WS > Akismet itu tinggal di-copas ke cpanel blog, trus diaktifkan di Dashboard/Plugins dengan memasukkan API key. API key itu bisa didapatkan langsung di situs Akismet. 😉

    [Reply]

  7. Komentar spam memang menjengkelkan 👿
    .-= alhejawi´s last blog ..Cara Daftar Account Paypal =-.

    [Reply]

  8. Memang paling menyebalkan kalau banyak komentar spam yang msuk. Ssaya perharinya bisa berpuluh-puluh komentar spam yang masuk
    .-= mamas86´s last blog ..I miss U but I hate U =-.

    [Reply]

  9. makasih ya bermanfaat banget nih
    -Admin : Totok menggunakan TRIK untuk memancing pembaca lain untuk mengunjungi link yang ia sisipkan dengan nama user “Download MP3 Indonesia”. Memberikan komentar berkali-kali pada satu posting… Terpaksa saya EDIT. Sorry…

    [Reply]

  10. thanks infonya. menarik
    -admin : Psst ini salah satu contoh Komentar SPAM loh…

    [Reply]

  11. wah mantab juga nih isi postingannya, just blog walking nih, kunjungi juga web pribadi gue , disana banyak tersedia bisnis yang sudah saya jalankan sejak lama dan menghasilkan duit. silahkan share ya.
    salam sukses semua ,

    [Reply]

    pande Reply:

    Terima Kasih sudah berkunjung kesini. Tadi sempat mampir balik tapi blom meninggalkan komen. :p

    [Reply]

  12. Ia ni mas saya juga kena ama kerjaanya tukang spam tapi sekarang uda berusaha blog tuh komentar pake plugin aksimet terutama yg mencantumkan link url di isi pesan, oh ya sewaktu aktifin plugin aksime di minta kunci aksime apaan tu ya mas blh tau.?

    [Reply]

    pande Reply:

    API KEY itu ya ? dulu saya juga bingung, tapi akhirnya diberikan contekan nomor oleh Rekan BLogger juga… cuma lupa tuh.

    [Reply]

Leave a Reply
*