Menu
Categories
Wallpaper Kreasi Pribadi pada Ponsel
June 18, 2009 tentang TeKnoLoGi

Dari sekian banyak merek ponsel yang beredar ditanah air, saya yakin banget kalo sebagian besar ponsel yang dipake itu sudah berlayar warna. Apa sebab ? Karena belakangan ini ponsel dengan layar warna sudah bisa didapat dengan harga yang terjangkau. Hal ini tak lepas dari peran serbuan ponsel China yang berharga murah namun punya fitur yang layak dimiliki oleh sebuah ponsel. Minimal ya layar warna itu tadi.

Nah, kali ini saya ingin berbagi ilmu sedikit terkait ‘membuat sendiri wallpaper pada ponsel’ dengan bantuan PC agar lebih enak dipandang. He… bukan apa-apa sih, tapi sekali lagi saya yakin banget diantara sekian banyak pengguna ponsel, sebagian besarnya pasti ingin layar ponselnya bisa menampilkan ‘gambar’ sesuai keinginan.

Pertama, kenali dahulu resolusi (besaran) layar ponsel. Ini bukan kedalaman warna loh ya, tapi dimensi layar warna ponsel yang biasanya diukur dalam satuan Pixel. Bisa dicari pada spesifikasi yang tertera pada original image ponsel maupun panduan pada majalah dan tabloid.

Rata-rata ponsel pada kategori ‘pemula’ atau yang dikenal sebagai istilah ‘low end – entry level – basic phone’, punya dimensi layar sekitaran 128×128 pixel atau 128×160 pixel, misalkan saja pada merek seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola atau Samsung.

Meningkat pada kategori ‘mid end’ rata-rata punya dimensi layar sekitaran 176×208 pixel untuk ponsel Nokia dan 176×220 untuk ponsel Sony Ericsson. Ada juga belakangan ini beberapa yang sudah mulai menerapkan dimensi layar sekitaran 240×320 pixel. Dimensi yang dahulu barangkali hanya ada pada ponsel tingkatan ‘high end’. Tingkatan yang kini memiliki dimensi layar rata-rata diatas angka tersebut. 200×640 pixel pada Nokia Communicator, 480×640 pada ponsel konvergensi atau lebih dikenal dengan sebutan PDA.

Kedua, cari dan sesuaikan gambar yang diinginkan dengan dimensi layar ponsel tersebut. Apabila gambar yang diinginkan masih berupa foto dengan resolusi megapixel, dapat dilakukan perubahan dimensi (Resize) dan pemotongan gambar (Cropping) dengan bantuan aplikasi tambahan. Jika ingin terlihat lebih bergaya, bisa ditambahkan dengan efek tertentu, tergantung pada kemampuan dari aplikasi tersebut.

Biasanya semakin besar dimensi layar ponsel, gambar yang sama akan terlihat jauh lebih baik dan lebih jernih pada layar ponsel. Jangan terpaku pada keindahan yang tampak pada layar PC.

Ketiga, lakukan eksperimen tingkat kecerahan. Kenapa saya sarankan begitu, karena kedalaman warna dari masing-masing ponselpun berbeda-beda. Ada yang masih menggunakan layar STN 4K pada ponsel ‘pemula’, TFT 65K pada PDA, 256K pada sebagian besar ponsel yang dirilis saat ini hingga 16M seperti yang rata-rata dipakai oleh ponsel Nokia. Makin rendah kedalaman warnanya, makin tinggi tingkat kecerahan (brightness) yang dianjurkan. Ini untuk mencegah gambar terlihat gelap pada ponsel.

Keempat, khusus bagi yang memiliki ponsel ber-sistem operasi seperti Symbian atau Windows Mobile, bisa menggunakan bantuan tambahan aplikasi yang secara mengkhusus memiliki kemampuan selain membuat wallpaper juga bisa digunakan untuk membuat thema dan mengatur warna yang sesuai dengan keinginan.

Untuk ponsel dengan sistem operasi Symbian seperti Nokia misalnya, bisa menggunakan aplikasi resmi dari pihak Nokia yaitu Nokia Theme Studio 40 untuk ponsel seri 6275, 6233, 5300 dsb, dan Nokia Theme Studio 60 untuk seri N, seri E, 6120, 6680, 7610 dsb. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi ‘Theme DIY (Do It Yourself)’ yang langsung bisa dilakukan pada ponsel tanpa bantuan PC.

Untuk yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile, tersedia berbagai aplikasi tambahan seperti misalkan salah satunya aplikasi buatan Ruttensoft untuk seri yang tidak berlayar sentuh atau Smartphone seperti O2 Xphone iim, Motorola Q, Samsung i780 dan HTC S740.

By the way, cara diatas sebetulnya bisa juga digunakan untuk ‘mengganti wallpaper pada layar PC dan laptop’. Hanya saja, untuk langkah pertama yaitu mengetahui dimensi layar yang digunakan bisa dicari dengan mengakses ‘Display Properties’ (start-Control Panel-Display-Setting atau dengan meng-klik kanan mouse, pilih Properties-Setting > Lihat pada ‘Screen Resolution’). Langkah selanjutnya ya sama saja.

Apabila gambar koleksi pribadi atau foto orang tersayang belum memuaskan juga, bisa langsung hunting ke dunia maya dengan kata kunci ‘wallpaper’ atau yang lebih spesifik misalnya. Pilih image pada hasil pencarian yang berukuran besar. Biasanya sudah tersedia dalam berbagai resolusi yang sesuai dengan layar PC Desktop maupun yang cenderung wide seperti layar laptop.

Saya berharap semoga saja apa yang saya bagikan tadi bisa berguna bagi mereka yang masih awam dalam urusan meng-kustomisasi layar ponsel maupun PC-nya.

"3" Comments
  1. waooo broo jago photoshop ya bro ^^ hehehe mantap bro nice info bro 😀 ,,heheheh salam kenal ya bro
    .-= Juliawan´s last blog ..Ujian Program Visual Basic 6 =-.

    [Reply]

  2. Pingback: PanDe Baik » Review (LIVE) Wallpaper Samsung Galaxy ACE S5830

Leave a Reply
*