Nexian NX G900 Ponsel Lokal ala BLackBerry ?

39

Category : tentang TeKnoLoGi

Surprised… itu yang pertama kali saya rasakan saat ngbaca beberapa blog yang isinya sama plek hingga ke titik komanya. Bukan… Bukan cerita Antasari ato Rani Juliani kok. Tapi soal peluncuran ponsel merek lokal, Nexian NX G900 yang dibundling dengan kartu XL, dan dijual dengan harga 999.000 saja.

Trus knapa bisa sampe bikin heboh ? ini gara-gara iklan dari ponsel tersebut mengklaim memiliki kemampuan nyaris setingkat si gembul BLackberry yang belakangan jadi booming di negeri ini. Katanya sih bisa digunakan untuk facebook-an, chatting segila-gilanya, email dan internet browsing.

Iseng saya hunting ke web resmi milik Nexian, ternyata memang bener kalo mereka baru saja merilis sebuah ponsel yang menyerupai dan berkemampuan BLackberry. Sayangnya gak ada spesifikasi yang jelas perihal isi jeroan ponsel, sekalipun sudah saya ubek-ubek halamannya.

Dari sekian banyak web dan blog yang menyajikan cerita soal peluncuran ponsel, kelebihan dan segala tetek bengek promosinya, hanya satu yang berkenan membeberkan isi dibalik ponsel tersebut.

Ternyata ponsel yang menurut saya malah menyerupai ponsel HTC yang memiliki OS Android milik Google (gak mirip dengan BLackberry malah…) ini memiliki layar warna dengan resolusi layar yang kecil yakni berukuran 176 x 220 saja. Entah benar atau tidak, semoga saja ada dari yang sudah menggunakannya, bisa memberikan masukan disini.

Jikapun itu benar, maka bisa dikatakan bahwa untuk melakukan browsing internet atau facebook, saya malah meragukan gambar halaman facebook yang tertera pada layar ponsel promosinya. Apakah beneran menampilkan gambar seperti itu, atau malahan hanya berupa teks saja seperti halnya halaman login yang terlihat pada ponsel-ponsel Nokia ?

Dengan harga jual yang hanya 1 juta rupiah minus seribu, ya jangan berharap banyak pada resolusi kamera yang dibekali pada ponsel. Hanya berukuran VGA saja alias 0,3 MP.

Masih di blog yang sama, ada komentar salah seorang pengunjung / pembaca yang mengeluhkan keypad pada ponsel Nexiannya yang sangat tidak nyaman untuk digunakan ber-sms. Menjadi satu pertanyaan besar, apakah ponsel G900 yang berwajah full keypad QWERTY ini akan senyaman yang diharapkan ?

Sedangkan untuk fitur internetan, baik browsing, email, facebook hingga chatting, jika melihat dari aplikasi eBuddy yang disertakan, bisa disimpulkan bahwa ponsel Nexian kali ini sudah mendukung keberadaan Java dan tentu saja koneksi GRPS. Kabar baik bagi penggemar ponsel merek lokal.

Hanya saja jika memang keperluannya hanya untuk internetan seperti yang saya sebutkan diatas, gak perlu susah-susah maksa diri beli ponsel baru lagi kok. Pake ponsel Nokia yang harga barunya 700 ribuan juga bisa. Katakan saja seri 2600 classic yang punya bodi tipis itu, dengan resolusi ayar yang lebih kecil yaitu 128×160 pixel, tinggal disuntikkan aplikasi MoRange, sudah bisa melakukan semua hal yang dikatakan pada promo ponsel ini. Nyaris setingkat BLackberry.

Hanya saja, dari segi faktor harga yang Cuma 1 juta sudah mendapatkan ponsel yang katanya bertampang ala BLackberry plus keberadaan keypad full QWERTY, bolehlah ponsel ini dijadikan pilihan. Sambil berharap pada chasing yang bisa diganti-ganti. Tinggal dibelikan kondom lalu bisa langsung bergaya.

Asal jangan diperlihatkan secara langsung, alias agak disembunyikan sedikit, orang pasti bakalan mengira ponsel yang ditenteng itu adalah BLackberry. He… biasalah…

Comments (39)

gw br beli dibatam kemaren hrg rp. 1jt 180rb kemahanlan g ya?
klo keseluruhan ne hp dh sgt memenuhi stndart gw,” camera, video, chat, Fb, Mp3, radio,..
keypad agk g nyaman, ebuddy blm coba tu, ktx g bs spasi hurp gede smw ya??? hhmmm…

[Reply]

ini merupakan solusi bagi rakyat miskin yang ingin bergaya.. bravo indonesia 😉

[Reply]

HP ini bagus kalau untuk buka internet..
Sayangnya kamera agak butek, coz vga..
Modelnya masa kini..
Bolehlah.. 😆

[Reply]

pande Reply:

He… kabarnya satu brand lokal, Mixcon, juga bakalan merilis ponsel ala BLackBerry milik mereka yang paling Gres… Dijuluki MixconBerry… serinya kalo ndak salah Mixcon S 900. Tampangnya mirip plek banget dengan BOLD…

[Reply]

Mw tanya..ngmeng2…untuk facebooknya..bisa buat ngupload foto ga..ntar giliran beli..seneng..buka fb..ga bisa ngupload foto…kan percuma…mohon dibalez..

[Reply]

pande Reply:

Setahu saya, untuk upload Foto (album) dari ponsel Java (termasuk G900) tetap harus melalui email. Ga bisa langsung kaya BB. Sedangkan untuk mengganti Foto Profile, diperlukan trik salah satunya bisa diakali dengan menggunakan operator tertentu yang menyediakan akses FB harian.

[Reply]

[…] lalu sebuah brand ponsel lokal merilis ponsel ber-keypad QWERTY dibundling bareng operator XL, Nexian G900 yang laris manis bahkan memberikan lonjakan harga dari harga resminya. Dibanding BLackBerry, […]

Qira2 harga NX G900 kena berapa ya?
Keunggulan dari HP sendiri apa?
kelebihan dan kekurangan NX G900 dgn BB apa?
aQ pengen liat spesifikasi dari HP NX G900!!!
yaaa sekalian gambarnya gitu

[Reply]

Hi TisYa, harga terakhir siy kabarnya dah jauh dari resminya. Kisaran 1.4 juta… coba hunting di beberapa tempat. Keunggulan NexBerry ketimbang ponsel lokal ya faktor QWERTY dan fitur internetan plus Java-nya itu. Jarang ada di ponsel sejenis sekalipun brand papan atas Nokia atau Sony Ericsson pada jenjang harga yang sama.
Kelebihan Nexberry ketimbang BB ya masalah harga. He… sejuta dan dapet ponsel dengan keypad QWERTY. Kekurangannya ? he… Buanyak…
soal SPEC dan Gambar ya bisa hunting langsung di web-nya Nexian… Terima Kasih sudah berkunjung.

[Reply]

saya sudah menggunakannya dan untuk saat ini NX G900 cukup bagus buat internetan dan facebook, bahkan kita bisa YM man dengan aman dan murah, hanya saja disini tidak tersedian anti virus seperti ponsel yang ada javanya, jadi musti sedikit berhati2 dengan javanya, atau saya memang belum menemukan anti virusnya. saya beli ponsel ini 5 juli yang lalu, mohon apabila ada anti virisnya bisa di kitim di alamat email saya. [email protected]

[Reply]

pande Reply:

Masukan yang Bagus dari Dwi. Menurut saya siy, satu-satunya kelebihan NexBerry adalah dengan harga yang murah, kita sudah mendapatkan ponsel dengan keypad QWERTY terlepas dari kemampuannya. Kan ga usah nunggu lama untuk bisa chat by text ketimbang keypad biasa ? soale dengan Nokia 2600 classic yang cuman 500ribuan itupun bisa dipake buat FB-an, YM, email dan Browser. Lihat tulisan saya mengenai MORANGE.
Soal Antivirus setahu saya Nexberry dan juga Ponsel yang berbasis Java itu aman dari serangan virus, karena tidak memiliki Sistem Operasi. Berbeda dengan Ponsel yang berbasis Symbian 60 dengan user Interface seperti halnya Nokia N70 atau yang jadul 6600. Jadi gak dipake’kan AV pun saya rasa gak masalah kok… Terima Kasih untuk Sharingnya DWI…

[Reply]

bli pande..aku tertarik banget sm ni hape..
tp pas aku liat di http://www.forumponsel.com/forum/showflat.php?Number=2201307&page=0&sb=5&fpart=7&PHPSESSID=
, format tampilan facebookny sama kayak hape2 model laen yg cm teks aja..aku pikir mirip kayak versi asliny..
trus pertnyaannya, dg format yg kayak gitu, bs gak chatting lwat fb dr tu hape?
trus satu lgi ada yg bisa nampilin hasil dari kamerany gak..syg banget ni kamerany vga..hehe..tp gppla kalo hasilnya masih bagus sih..langsung aku beli..
makasih..

[Reply]

Yup, memang untuk tampilan FB di ponsel Nexian tidak seindah iklannya. He… Ini bisa dimaklumi lantaran resolusi layar hanya sekitar 128×160 pixel, setara dengan ponsel Nokia versi low end macamnya seri 2600 classic atau 3500 classic. Fitur FB yang digembar-gemborkan itu hanyalah berupa Shortcut seperti halnya FB versi Java bukan aplikasi semacam iPhone atw Blackberry. Jadi untuk chat, musti make eBuddy yang gak bisa digunakan secara bersamaan dengan FB bawaan (hanya satu yang bisa diaktifkan –ciri khas ponsel Java). Untuk hasil kamera ya gak istimewa kok namun cukup. Minimal Nexian G900 itu ponsel murah yang punya keypad QWERTY. Itu satu keunggulan yang paling patut disyukuri. Jarang kan ada yang melepas ponsel kaya’gini ?
Tapi seandainya Anda mau meluangkan waktu barang sebentar, masih ada beberapa merk lokal lainnya yang bakalan merilis ponsel sejenis, baik bentuk (mirip blackberry) dan juga memiliki keypad QWERTY. Hal itu bisa dibaca pada tulisan saya yang berikut ini :
http://www.pandebaik.com/2009/07/22/perang-ponsel-ber-keypad-qwerty/
silahkan dilihat kealamat tersebut diatas. Terima Kasih.

[Reply]

wah..korban iklan ni saya.. 😉
tp saya liat di suatu forum,ada foto nexian dg tampilan facebook versi asliny..(bkn shortcutny)..katany itu pake opera mini.apa memang iya bisa?
oke de pande..
kalo bisa sih tunjukin gambar hasil jempretan kameranya nexian it..ok..
thx..nanti saya baca tulisan anda yg lain.. 🙂

[Reply]

pande Reply:

Yup. Kalo dengan Opera ya Bisa jadi… tapi bukan dengan app FB-nya. Tapi musti nambahin app Opera-nya lagi dan cari yang compatibel trus setting agar menampilkan halaman web bukan tampilan versi mobile. 🙂

[Reply]

ihhh,ah ma jadi gak niat beli…. 🙄

[Reply]

[…] Nexian boleh saja disebut sebagai pembuka jalan dalam meningkatnya minat masyarakat akan kehadiran ponsel berkeypad QWERTY besutan China dan mengambil alih rupa Blackberry, namun hingga saat ini tak satupun dari seri yang dirilis mampu menyamai desain ponsel gembul kelahiran Kanada tersebut. Tidak demikian halnya dengan Taxco, salah satu dari sekian banyak brand lokal ini tampaknya tak mau kalah dengan para pesaingnya dalam merilis ponsel berkeypad QWERTY.  Rupanya Taxco tak ingin bersikap setengah setengah dalam soal jiplak menjiplak, lihat saja dari desain secara keseluruhan ponsel seri VX1 milik mereka, bisa diidentikkan dengan Blackberry Curve 8900 alias Javelin. […]

Kenapa hp nexian ku klo dipasangin kartu as kok pulsa nya berkurang terus tapi klo kartu as nya di pasang di hp lain pulsanya tidak berkurang kenpa ya? ❓

[Reply]

blackberry curve…

[…]PanDe Baik » Nexian NX G900 Ponsel Lokal ala BLackBerry ?[…]…

Post a comment

CommentLuv badge