PonseL Terkini ? Pikir duLu sebelum BeLi

2

Category : tentang TeKnoLoGi

Hhh… menulis soal berita terkini apalagi berkaitan dengan Antasari dan kasus pembunuhan itu rasa-rasanya kok saya seperti dikuntit ya ? he…. udah ah, balik ngomongin Gadget aja. Toh Gak ada yang merasa dipojokkan dengan tulisan saya kalo nyinggung soal ponsel dan hobby. Hhh…

ehm, Melanjutkan tulisan saya sebelumnya serta menindaklanjuti berbagai pertanyaan yang dilontarkan kepada saya selama ini terkait ‘bagaimana jika saya memiliki sebuah BLackberry ? atau iPhone sekalian ?’ He…. Sebetulnya siy sah-sah saja. Toh uang itu punya sendiri dan yang make ya situ-situ juga.

Taaaapiii….. alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan ponsel-ponsel pintar macam BLackberry, iPhone ataupun PDA ber-Windows Mobile, mbok ya diperhitungkan matang-matang dahulu secara arif nan bijaksana. Huehehehe….

1. Sesuai Kebutuhan
Sebelum memutuskan untuk berganti ponsel ataupun membeli ponsel baru apalagi yang bertipe ponsel pintar (Smartphone), baiknya dibalik dulu pada diri sendiri. Sebenarnya apa kebutuhan yang kita inginkan dari sebuah ponsel ?

Sebagai pendukung kerja kantoran yang selalu berkutat dengan presentasi, spreadsheet atau dokumen resmi ? hanya sekedar sebagai viewer atau editing langsung di ponsel misalnya ?

Sebagai sarana berbisnis yang menuntut untuk selalu terhubung dengan dunia maya, internet, email dsb ? ataukah hanyalah sebagai sarana komunikasi baik dua arah maupun ber-teleconference misalnya ?

Sebagai sarana mendukung hobby blogging, merekam moment tertentu atau malah menikmati musik dalam waktu lama ? atau hanya sekedar bergaya atas nama fashion dan gengsi (baca:prestise) barangkali ?

Sebagai pembunuh waktu luang agar tetap bisa menonton motogp saat menghadiri rapat yang gak penting atau malahan hanya untuk mendengarkan suara indah penyiar radio barangkali ?

2. List Fitur yang dimiliki
Berdasarkan kebutuhan diatas, kira-kira apa saja fitur yang dibutuhkan untuk itu ?

Kalau untuk dokumen editing ya jangan membeli ponsel yang sekiranya hanya mampu berlaku sebagai viewer saja seperti Nokia dengan OS Symbian 60 3rd edition atau yang menggunakan Windows Mobile Smartphone (tanpa layar sentuh)

Kalau memang memerlukan pencetakan foto seukuran postcard, silahkan mencari ponsel dengan fitur kamera yang sudah memiliki resolusi minimal 2 MP hingga 3 MP. Sebaliknya jika hanya sebagai pedukung blogging seperti saya, ponsel yang memiliki resolusi kamera standar 2 MP malahan sudah lebih dari cukup kok.

Jika pemakaian pulsa untuk keperluan internetan masih tergolong pemborosan, ada baiknya dicarikan ponsel yang sudah memiliki koneksi WiFi seumpama disekitar tempat kerja maupun tempat nongkrong ada yang nyediakan hot spot gratisan. Bisa juga mencari ponsel yang bundling dengan paket internetan unlimited misalnya.

Ohya, usahakan juga keberadaan memori luar (eksternal) menjadi pilihan utama. Dengan begitu masalah penyimpanan data, musik, gambar dsb bukan lagi menjadi satu masalah besar.

Kalopun ada yang menawarkan beberapa fitur sesuai kebutuhan dalam satu ponsel, kenapa tidak ?

3. Kenali seluk beluk dan jeroannya
Sebelum membeli setelah memutuskan bahwa ada beberapa jenis ponsel yang masuk dalam daftar, ada baiknya hunting informasi dahulu. Caranya bisa melalui internet (warnet kini sudah bertebaran dimana-mana) atau dari beragam tabloid ponsel.

Cari informasi terkait kejelasan fitur yang dibutuhkan, info harga baik baru maupun second, purna jual (garansi) hingga review atau komentar. Syukur-syukur bisa menemukan berbagai keluhan yang kerap terjadi pada salah satu ponsel yang ada dalam daftar. Luangkan waktu satu dua minggu untuk poin satu ini.

Cari tahu juga terkait cara pengoperasiannya, fungsi dari masing-masing tombol, kelebihan dan kekurangannya dan ketersediaan inormasi pendukung. Misalkan saja setting GPRS apabila tidak tersedia cara yang automatis dari ponsel maupun operator selular, driver untuk menggunakan ponsel sebagai modem pada PC hingga aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Ini untuk mencegah suasana gapteknya kita saat menggunakan ponsel didepan umum.

Ohya, khusus BLackberry kabarnya niy, rada susah digunakan bagi mereka yang gemar gonta ganti kartu (baca: nomor). Apalagi bagi mereka yang begitu mendewakan tarif murah, He… lebih baik jangan bermimpi menggunakan handset gembul satu ini. Saya sendiri awam mengetahui, tapi seperti yang saya katakan diatas, ada baiknya hunting dulu informasinya sebelum membeli.

Jangan sampe fitur-fitur mewah nan mahal juga terbaik, tak tergunakan hanya karena ketidakmampuan menggunakannya. Seperti kata-kata sebelumnya,
“Jangan sampe kita membeli sebuah Ferrari hanya untuk mengantarkan anak berangkat ke sekolah….”

NB : saya gak ada nyinggung soal harga loh ya. Soale terkait prinsip saya perihal kenekatan berburu ponsel pintar, salah satunya ya uang bukan lagi sebuah masalah besar. He….

Comments (2)

iya bener, bli pande..
kebutuhannya banyakan sms, eh kagok dpt touchscreen/keypad virtual.
pengennya praktis, eh kegedean kalo dikantongin..layarnya yg lebar jd parno tergores atau tertindih barang lain.

ini sekalian tes pake peramban midori di linux. 🙂

dani´s last blog post..Free Medical Applications for Doctor’s Handhelds

[Reply]

hmmm… seorang Dokter yang selalu beradaptasi dengan Teknologi baru saja berkomentar di BLoG saya. :mrgreen: Terima Kasih Dokter Dani. 😛

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge