BLackberry untuk PNS ?

15

Category : tentang KeseHaRian

“Jaman sudah Blackberry, Hare gene masiy pake ponsel ?”

Senin pagi lalu, saya kedatangan seorang rekan kantor yang seperti biasanya selalu mencoba memberikan ‘sentuhan’ nyeleneh. Kali ini Rekan saya tersebut memberi komentar pada aktivitas saya yang mojok membaca email via ponsel Nokia CDMA 6275i….

Mmmpphhh…. Saya hampir saja memuncratkan sesuatu gara-gara saking gelinya dengar teriakannya kali ini. Huah ? Blackberry ? sejak kapan ?

“Kamu tu masiy ja kuno pake ponsel…. Ini jamannya begini nih…. (sambil memperagakan tangan mencet keyboard-pad ala Blackberry). Gak trendy ah….”

Huahahaha….. Angin apa yang membuat rekan saya ini begitu tergila-gila dengan BLackberry ?

Rupanya sang Istri baru saja membeli Blackberry Javelin, seri hematnya Bold 9000. makanya kini ia seakan tergila-gila ikutan booming Blackberry….

Oke deh. Tapi ngomong-ngomong, seberapa pantas siy seorang PNS seperti saya ini menenteng BLackberry dalam keseharian saya ?

Pertama sih saya perlu tahu dulu apa kelebihan sebuah BLackberry hingga membuat masyarakat di negara ini begitu menggilai handset mahal kelahiran Kanada ? Apa hanya karena Presiden AS Barrack Obama menggunakannya, seperti halnya waktu BeLiau berkampanye via Facebook ? atau hanya karena iming-iming ‘Internet Mobile’ yang didengungkan beberapa waktu lalu ? Jangan sampe beli BLackberry cuman sekedar buat ikut-ikutan Trend….

Dari hasil hunting di mbah Google, rata-rata memberikan gambaran kelebihan handset BLackberry itu ada pada kemampuannya untuk melakukan Push Email. Layanan email secara RealTime layaknya fitur SMS. Ada juga yang mengatakan bisa membantu aktivitas BLoG via ‘mobile blogging’ yang disediakan oleh BB. Dapat melakukan update isi BLoG via email.

Ada juga yang begitu mengagungkan kemampuan kompresi emailnya hingga 10%.Sehingga setiap email, ukuran penerimaannya gak lebih dari 2-3 Kb. Efeknya tentu jauh lebih ringan dan cepat dalam penerimaan email.

Belum lagi tingkat kemampuan Baterenya yang mampu bertahan hingga 1 hari walaupun dalam keadaan aktif GPRS dan fitur lainnya. Termasuk meminimal kemungkinan kehilangan data saat handset tidak aktif dalam waktu lama. Gak perlu setting GPRS lagi. Semua sudah otomatis.

Hmmmm…. Kelihatannya mereka semua itu belum kenal dengan sebuah Aplikasi berbasis Java yang masih bersifat gratis hingga saat ini. MoRange. Aplikasi ini beberapa waktu lalu sempat saya ulas panjang lebar, atas rekomendasi seorang rekan.

Aplikasi yang mampu memberikan ‘semua kenyamanan ala Blackberry. Masalah Push Email dengan kompresi data hingga 2-3 Kb per email, update blog, chat, dsb, bisa dilakukan dengan handset ponsel murah sekalipun. Syaratnya Cuma satu, sudah mendukung Java. Soal penghabisan biaya, sejauh yang saya lakukan, bulan lalu itu Cuma menghabiskan biaya sekitar 50ribuan. Itupun aktif selama 16 Jam sehari (diluar Jam Tidur tentunya) –emangnya saya Gila, mengaktifkan GPRS 24 jam sehari ?

Apabila terkait pengaturan GPRS¸saya rasa hanya diperlukan satu kali pengaturan untuk pemakaian yang berulang-ulang. Gak perlu di-set setiap kali make. Kehilangan data ? ya, enggak lah. Email yang saya terima pada ponsel Nokia CDMA saat koneksi Starone ngadat sebulan lalupun masih tersimpan dengan baik, padahal saya gak pernah memakainya lagi sejak koneksi kembali normal.

Kembali pada ‘seberapa pantasnya PNS seperti saya menenteng BLackberry ya diserahkan kepada aktivitas yang dilakukan sehari-harinya.

Apakah perlu sekali dengan fitur push email setiap harinya mengingat aktivitas yang dilakukan hanya sebatas BloGGing, ikutan Facebook dan beberapa forum yang gak penting ?

Apakah koneksi GPRS yang aktif 24 jam begitu dibutuhkan mengingat ponsel saja terkadang saya matikan saat berada dirumah, agar saya bisa lebih menikmati waktu bersama keluarga ?

Apakah update BLoG secara mobile dan Real Time sangat saya perlukan mengingat fungsi BLoG saya ini bukanlah sebagai sarana pencari ‘penghasilan ?

Apakah browsing yang berulang-ulang sampai bosan akan sangat diperlukan mengingat aktivitas saya tadi itu gak perlu sampe browsing-browsing segala ?

Dikaitkan dengan masalah keuangan, apakah saya bisa menyiapkan sejumlah uang untuk sebuah handset BLackberry plus layanan per bulannya, sedangkan dengan mengandalkan aplikasi MoRange dan ponsel biasapun saya sudah mampu mendapatkan layanan yang sama dan biaya yang murah pula ? PNS gitu loh… Gaji sebulan untuk pemakaian saat ini aja masih kurang, apalagi dibebankan lagi dengan biaya bulanan BLackberry ? Huahahaha…

Yah, sebelum ikutan Trend ber-BLackberry ada baiknya juga kita bisa melihat, sejauh apa kita memerlukan fitur-fitur yang ada didalamnya tersebut. Apalagi kalau dikaitkan dengan biaya nan mahal untuk bisa menggunakannya. Agar gak mubazir nantinya. Mencomot kata-kata sebuah majalah….

“Jangan sampe kita membeli sebuah Ferrari hanya untuk mengantarkan anak berangkat ke sekolah….”

Comments (15)

Perlu/tidak sebuah blackbery mungkin tergantung dari nilai gunanya terhadap kehidupan kita. Menambah pengetahuan tentang produk teknologi terbaru bukan harus dengan membelinya bukan…., tapi kalau punya manfaat material spiritual yang besar, kenapa tidak?

Sunandana´s last blog post..MELETAKKAN MASA DEPAN BANGSA DIATAS LEMBARAN UANG (MONEY POLITICS)

[Reply]

Saya kok ndak pernah tertarik punya blackbery ya? Kalau iphone pengen banget!! Hehe!

pushandaka´s last blog post..Kangen Gelora Dewata

[Reply]

Klo buat gaya iphone lebih maknyos.. :mrgreen:

Klo PNS bawa BB tapi cuman buat chating aja, suruh jadi penjaga warnet aja… Jadi inget pegawai dinas perijinan, yang YM nya gak pernah aktif, padahal saya mau bertanya tentang pengurusan ijin.

Kapan2 saya minta bli pande ajarin pake MoRange ya…

gustulank´s last blog post..What for??

[Reply]

wooow….
perlu diperiksa BPKP tuh nde….apa yg dikorupsi ?
lagian PNS khan pelayan masyarakat, ditambah dgn adanya blegberi, khan malah gak kerja2, hehehe…..
kalo menurut saya blegberi itu cocoknya untuk pengusaha yg punya toko onlain…ato anak tajir yg suka fesbuk……

[Reply]

paling heran kalo ngeliat orang beli sesuatu hanya untuk ngegaya, kesannya norak aja :mrgreen:

[Reply]

@Sunandana > He… baru aja dipostingkan, eh si Bos hari ini melontarkan ide untuk meng-online-kan staf teknis. Agar bisa dihubungi setiap saat. 🙄 🙄 🙄 -gak bisa mangkir lagi dong ? He….
@Pushandaka > masalahnya simpel. booming iPhone sudah lewat. lagian Pak Presiden Obama gak make iPhone. Biasa, kan ikutan trend ? :mrgreen:
@GusTuLank > btw, YM saya juga jarang aktip Gus… MoRange ? silahkan… saya bantu sebisanya.
@GeDe > artinya Gede masuk salah satunya ? :mrgreen:
@Vanez > setuju…. 😀

[Reply]

Memang kita ini seperti itu kok, bli..

Dulu jamannya PDA, belinya cuma untuk gaya-gayaan dengan fitur touch-screennya. Fungsi Personal Assistance-nya pun gak pernah dipake.

Beli ponsel HSDPA, dipakainya cuma untuk telpon-sms dan video call sesekali. Dibilang bisa mobile-blogging atau bahkan mobile internet, malah kaget hp-nya bisa dipake internetan.

Lah sekarang beli BB, tapi bedanya BIS dengan BES aja gak tau. Kalau memang perlunya push email, BIS pun bisa dimanfaatkan dengan handset lain yang mendukung blackberry-connect kok. Atau memanfaatkan aplikasi third-party sejenis morange.

Mungkin memang kita latah kali ya, bli 😀

Tapi gak papalah, setidaknya dengan begitu orang-orang mulai mau belajar tentang internet kan. Mudah-mudahan bisa ada efek positifnya 🙂

Salam kenal ya, bli

[Reply]

idenya sih bagus, tapi kasihan jg stafnya, moga kinerja yg baik dibalas dengan layak…, salam kenal yaa…. 🙂

[Reply]

Bagus itu! kalau semua PNS nya pakai BB,mudah dilacak pegawai2nya kalau sedang bolos2,dan kerja selingan,,,yang suka jajan diluar kantor kerjanya,,,,,

[Reply]

kini aku gak perlu lagi kebingungan cari wifi saat tiba2 ada client teriak2 iklannya gak muncul atau tiba2 ada prospek minta proposal di email saat itu juga, atau tiba2 ada buyer ajak chatting untuk konsultasi … hmmm …. blackberry has made this life simplier.

brokencode´s last blog post..Between Agus, Brokencode and Leonardo (Narsis Edition)

[Reply]

Berhubung kantong bolong,,jdi niatan BB nanti2an ajah dulu toh masih ok pake Morange …ya ga nde?

Kalo bicara PNS pake BB sah2 ajah asal mampu hihihii…tpi sayang banget kalo ga digunakan secara maksimal, banyakan mereka ga terlalu ngerti untuk urusan ngenet…Namun sapa tau dgn BB para PNS bsa lebih ngeh teknologi 😯
BB lebih pantes u/ orang yg mobile dan menjalankan bisnisnya secara online bukan orang kantoran yg jga dpn compie…

widari´s last blog post..Pasang CommentLuv di blogspot – mau?

[Reply]

@ALL > nah, justeru itu… selama ini PNS rata-rata gak ngeh Teknologi. Tapi apa harus sefrontal itu langsung nyobain ponsel ‘wah’ ? khawatirnya malah tidak tergunakan atau disalahgunakan. :p
Akan berbeda jika dimiliki oleh orang yang mengerti dan membutuhkan…. :p

[Reply]

[…] saya tidak memberikan nilai sempurna pada handset ini seperti layaknya review lain ? ya terkait kebutuhan saya saja sih, yang gak terlalu mementingkan fitur kerennya Blackberry, kayak push email, internet […]

Sy sih setuju ja pns pake bb masak kalah ma artis sinetron yg masa kerjanya terbatas d dunia hiburan pns juga manusia perlu tau iptek terbaru ya itu lewat bb d

[Reply]

pande Reply:

Betul, itu jika ada gunanya dalam arti positif… tapi kebanyakan malah ‘cuma’ digunakan untuk nelp dan sms. Ada juga yang begitu tau mahalnya tarif BIS-BES langsung dinon-aktifkan… kalo gitu BB jadi cuma untuk gaya-gayaan saja…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge