menjajal Free WiFi FK Unud yuuuk…

6

Category : tentang TeKnoLoGi

Sebenarnya ini siy baru sebatas idea saja. Bagaimana kalo dibuatkan satu peta Kota Denpasar yang menyajikan data berupa lokasi wifi atau hotspot yang bisa diakses untuk internetan ? minimal menyajikan lokasi yang gratisan.

Selain free wifi (ilegal) yang saya jajal sambil makan semangkuk mie ayam terdahulu, sebenarnya ada kok lokasi yang beneran menyediakan free wifi bagi mereka yang pengen internetan. Gak pake syarat harus makan seharga 25ribu kayak Orange Bakery atau 10 ribu kayak Warung Kopi Renon. Ini beneran gratis.

Satu lokasi terdekat yang saya tahu adalah kampus Unud. Disini sebenarnya menyediakan tiga akses wifi, yaitu yang dikelola Universitas Udayana, Pasca Teknik Elektro dan Fakultas Kedokteran. Nah dari ketiga akses wifi yang ada, Cuma satu yang beneran free akses dalam arti gak perlu pake password tertentu untuk melakukan koneksi.

Sayapun melakukannya beberapa kali saat jam perkuliahan berlangsung, masa menunggu hingga jika pulang kuliah lebih awal. Daripada duduk bengong, saya mencoba menjajal akses Wifi yang disediakan oleh FK Unud lewat laptop yang kadang saya bawa saat kuliah.

Untuk akses tampaknya memang berjalan mulus, tanpa password dan beneran bisa terkoneksi dan terhubung dengan mbah Google.


Aktifitas nge-BLoG pun saya lakukan tanpa masalah, dari ngecek komentar yang masuk, membuat posting hingga mempublishnya tampil pada layar BLoG. Berjalan mulus.

Masalah baru terlihat saat saya mencoba menggunakan YM dan cek email via outlook. Entah memang sidah diblokir untuk dua hal ini, berkali-kali saya coba eh tetep aja tidak berhasil.

Sayangnya pula, untuk akses BLoG yang berekstensikan blogspot seperti milik rekan saya, Taufan Putera yang waktu itu masih numpang di Blogspot, hal yang sama saya temukan. Gak bisa diakses bahkan blog tersebut di-banned oleh pihak pengelola. Padahal BLoG saya (yang memang memiliki domain sendiri) bisa diakses dengan baik.


Yah, barangkali saja tujuan pengelola dalam hal ini FK Unud, penyediaan free akses Wifi ini ditujukan sepenuhnya untuk mengakses info dan ilmu kedokteran yang bertebaran diluar sana. Termasuk info yang gak penting yang disediakan oleh BLoG saya ini. Serta memblokir mereka yang ingin memanfaatkan fitur free Wifi untuk hal-hal yang berbau pribadi. BLoG yang masih numpang di Blogspot, YM juga Pop3 email Outlook.

Sejauh yang saya coba, akses yang diberikan sangat lumayan dibandingkan kecepatan akses Starone langganan saya. Makanya saya sih betah aja saat menjajal free wifi FK Unud sembari menunggu di seputaran kampus.

Eh, ngomongin free wifi, sebetulnya ada dua lokasi lagi yang saya ketahui. Lokasinya dekat kok dari pusat kota Denpasar.

Satunya di jalan Kamboja, depan Dinas Pendidikan Kota Denpasar, yang kalo ndak salah dahulunya merupakan basecamp salah satu BLogger BaLi yang belakangan jadi jarang ngeblog sejak lolos CPNS dan membuka minimarket di Dalung, WiraUtama. Punya akses yang cepat, biasanya saya hampiri dan gunakan saat ingin melakukan donlot file aplikasi dalam ukuran besar, lebih dari 50 MB, seperti antivirus free AVG, updater firmware ponsel dan PDA juga video-video mesum dalam format wmv. Dijamin sukses. He…

Sedang satunya lagi ada dilokasi sedikit terpencil, tepatnya jalan Narakusuma 11. Ya, basecampnya baliorange. Asyiknya lagi, free wifi ini dapet plus bonus loh, tergantung pesanan. Bisa secangkir kopi panas ataupun teh hangat. Itupun kalo tahan dengan tatapan mata sang empunya, Hendra WS, sang mentor saya dalam hal hosting menghosting. Wuahahahaha…..

> Secara pribadi, PanDe Baik memohon maaf kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung jika dalam usaha curi mencuri akses free wifi ada yang saya lakukan dengan cara ilegal hingga membuat perasaan tak nyaman. Tolong jangan menuntut saya dengan UU ITEL. Plisss… <

Comments (6)

Sekedar bocoran, yang di Dinas Pendidikan ada 2 bli, yang satu adalah di lobi dan halaman depan kantor dinas, dan satunya lagi adalah yang di jalan Kamboja. 🙂

[Reply]

Bli, ayo ayo, ke baliorange. Mo wifi plus ngopi enak. Sambil obrol hangat. Asik dah jika banyak WIFI gratis. Mungkin 1-2 tahun lagi bakalan banyak WIFI gratis. Biaya internet akan semakin murah.

Hendra W Saputro´s last blog post..Kebut-kebutan vs Prestasi

[Reply]

Tambahan lagi, klo mo service sepeda motor HONDA bisa loh dapat free WiFi 💡 . Service aja di Astra Ubung Atau Astra Teuku Umar Denpasar :arrow:. Selain dapat service dan cuci motor gratis, sambil nunggu motor diservice kita bisa manfaatkan Hotspot nya (gratis tanpa password)

sugeng´s last blog post..PENGARUH KNALPOT DI BEDEL DENGAN KERUSAKAN MESIN

[Reply]

@Wira > Sayangnya kalo sore-sore, pintu pager suka digembok. Jadi gak bisa nyari yang di Lobi. Cukup dipinggir jalan saja deh. :mrgreen:
@HenDra > bntar lagi, bakalan meluncur ke BO kok, Ndra… :mrgreen:
@SuGeng > Astra Ubung ada free Wifi-nya yah ? Waaaah…. cobain kapan-kapan ah…

[Reply]

wah asyikkk, di Astra Ubung ada wi-fi gratis? mau coba ah…

sekalian info gratisan lain..
di warung makan di Jln Pidada 1A, juga ada wi-fi gratis.. ga usah belanja juga ga apa2, asal tebal muka aja hahahahhahaha
passwordnya, sering diganti, jadi tanya aja sama pelayannya.

[Reply]

pande Reply:

tebal muka ? waaaahhh… Tapi Terima Kasih Informasinya Gan…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge