Menu
Categories
antara Facebook dan ngeBLoG
February 26, 2009 tentang InSPiRasi

Pertama, apa yang bakalan saya tulis bukanlah mengisahkan awal mula lahirnya Facebook apalagi BLoG. Karena memang saya gak punya pengetahuan soal itu dan karena sudah ada rekan BLoGGer BaLi yang memaparkannya jauh lebih dulu. Untuk awal mula Facebook, bisa dilihat di BloGnya Hendra WS, sang mentor saya perihal hosting menghosting. Sedang awal mula BLoG, yah, search sendiri di mbah Google aja. Dijamin dapet. Hehehe…

Sebetulnya bisa dikatakan, saya itu tergolong baru untuk mengenal Facebook sebagai sebuah sarana berbagi kabar dengan rekan-rekan yang ingin mengenal saya maupun yang ingin saya kenal.

Kalo sebelumnya yang saya tau komunitas berbagi itu adalah Friendster, itupun setelah diundang oleh seorang rekan sekaligus senior saya di kuliahan terdahulu, bli Made Subrata mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur tahun 97an kalo ndak salah ya De ? Desu, gitu ID BeLiau ini tampil di FS saat itu.

Perkenalan saya dengan FS ini gak lama, karena memang jujur aja, saya gak ngerti dan aneh aja ngliat foto diri sebegitu narsisnya dengan pede nampang dan diliatin orang lain. At last, tanpa pikir panjang, account di FS saya hapus dengan segera. He…

After that, saya sempat gabung di milis komunitas BaLi BLoGGer yang merupakan ajang ngumpul secara online anak-anak BLoGGer BaLi atas undangan sang jendralnya sendiri Om AnTon Muhajir. Orang ini pula yang mengenalkan saya pada komunitas Facebook saat sang calon Presiden Amerika Serikat, Obama, yang waktu itu memanfaatkan Facebook sebagai salah satu tempat kampanye. Sempat kehilangan mood bahkan, saat mencoba mendaftarkan account, karena yang terbayang paling pertama ya ‘gak jauh beda dengan FS’.

Gabung di milis BaLi BLoGGer pulalah yang membuat saya sedikit demi sedikit mulai familiar dengan Facebook. Yang membuat aktifitas saya dalam keseharian saat nge-net jadi bertambah satu lagi, yaitu mengelola account Facebook.

Memang, memasuki dunia Facebook pada awalnya memerlukan mood yang tinggi. Karena selain dibutuhkan pengertian akan isi Facebook itu sendiri, untuk koneksi juga menjadi kendala. Apalagi kalo bukan terkait dengan ‘Volume Based’ 1 GB yang ditebus setiap bulannya sebesar 108 ribu rupiah.

Yah, begitu memasuki dunia Facebook, mata harus tetap memantau volume data yang dihabiskan. Bukannya gimana, tapi sejam bisa menghabiskan volume 15 MB, hanya untuk bertukar kabar ? Suatu hal yang mengagumkan mengingat aktifitas nge-BLoG saya sebelumnya hanya menghabiskan tak sampai 5 MB untuk setiap jam nge-net plus chat via YM tentunya. Tapi okelah. Semua itu untuk pembelajaran.

Dengan laju aktifitas sebagai Facebooker (sebutan bagi mereka yang punya account di facebook) yang gak begitu menarik, sempat terbersit keinginan untuk menyudahi account seperti yang saya lakukan pada FS terdahulu. Yah, barangkali karena pada dasarnya saya emang gak terlalu hobi untuk bernarsis-ria, menampilkan foto diri begitu pedenya di tampilan dunia maya, apalagi diliatin oleh banyak orang. Wuiiihhh….

Namun berhubung saya yang kini sudah lepas (out) dari milis BaLi BLoGGer lantaran tersandung satu dua hal yang tak ternyata tak asyik lagi, mau tak mau cuman Facebook-lah satu-satunya sarana bagi saya agar tetap terhubung dengan rekan BLoGGer BaLi. Terutama para Jendralnya. Om Anton dan tentu saja Hendra sang mentor, plus Dokter Cock yang membidani kelahiran BLoG saya ini. Maka, saya putuskan Facebook tetap saya pantau meski tak setiap hari. Berbeda dengan aktifitas utama BLoG yang memang tetap asyik saya jalani selama hampir tiga tahun ini.

Hasrat untuk tetap mempertahankan account di Facebookpun jadi makin besar begitu melihat beberapa rekan masa sekolah dan kuliah dahulu ternyata aktif di komunitas ini. Ya, disinilah saya bisa bersua lagi dengan sobat paling oke saat masa SMA dahulu, Agus Suadnyana. Termasuk sobat yang udah kayak sodara saat masa-masa kuliah di Arsitektur, Putra Wiarsa dan istrinya pula. Awesome ! Tak lupa teman saya sedari SD hingga kuliah, yang tempo hari mengundurkan diri dari kuliah Pasca Sarjana, Kusuma Dewi.

Bahkan tak Cuma itu. Saya juga akhirnya bisa sua brother yang umurnya cuman beda sehari, tapi bodi sama-sama guede, Budi Windhu. Yang akhirnya mengantarkan saya pada rekan-rekan kuliah yang lainnya, termasuk sobat saya Ary Karuna, seorang rekan kerja beberapa saat terakhir sebelum saya membelokkan arah menjadi PNS. Yah, sobat saya ini termasuk paling spesial, berhubung akhirnya saya mengetahui bahwa ia-lah yang menjadi rival terbesar saya dalam merebut hati gadis pujaan saya selama masa kuliah, yang kini telah menjadi Istrinya. He…

Tak lupa terakhir kemarin, saya menemukan makhluk aneh yang setahu saya punya hobi mengoleksi gambar, video dan apa saja yang ada gadis cantiknya. Hingga menempelkannya pada pintu juga dinding kamarnya. Edan ! Makhluk ini pula yang mengenalkan pada saya, betapa asyiknya dunia komputer itu. Terutama saat-saat kami tukeran software, baik hasil hunting hingga mengoleksinya dari majalah CHIP. Ya, Vidy. Punya nama RianDy NoVianto. Nama aselinya yang samar-samar saya ingat dikepala.

Walaupun saya begitu gembira bisa bersua dengan banyak rekan dan sobat terbaik saya, sebaliknya saya begitu tak tertarik apabila mendapatkan invitation dari rekan lain, baik itu nge-games bareng, ikutan satu petisi atu sekedar tantangan apalah. Termasuk beberapa kiriman makanan (digital-tentu saja tak bisa dimakan. Cukup gelek gelek gen) yang hingga kini tak juga saya mengerti apa maksudnya.

Maka saat saya mendapatkan kiriman, undangan hingga ikutan quiz, semua itu saya terima saja trus saya lewatkan. Gak dilanjutin hingga beres. Huahahahaha….

Terkait kerisihan saya akan sifat narsis para Facebooker, hingga hari inipun saya masih belum mampu menampilkan wajah aneh saya pada fitur album foto di Facebook. Cukuplah isinya foto putri kami, MiRah GayatriDewi dan beberapa gambar iseng sekedar untuk berbagi saja.

Khusus untuk foto profile, saya pilihkan yang khusus yaitu wajah Preman saya lengkap dengan badge penjahat. Sayang saya tak secanggih rekan lain untuk menampilkan wajah ndeso saya dalam balutan penjahat kelas berat. Maka jadilah wajah dalam profile saya itu malahan mirip penjahat kampungan yang kerjanya nyuri celana dalam wanita. Huahahaha….

psst… terakhir malahan saya bisa sua dengan barisan dosen muda Fakultas Teknik yang kini rata-rata sudah menyandang gelas Master dan Doktor. al. Gung Yana, Yudantini, Acwin dan juga Diasana. Wah wah wah… siiiipp dah.

> Bagi rekan yang kenal dengan PanDe Baik lewat BLoG ini dan belum mengetahui kalo saya juga ikutan mundukung aktifitas ‘Narsisme’ via Facebook, silahkan search ‘pandebaik’. Yah, barangkali saja ada diantara rekan-rekan yang pengen tahu seperti apa sih wajah preman kampung sang pemilik BLoG ndeso gak penting ini ??? He… Silahkan dilanjuti…. <

"15" Comments
  1. thanks atas complementnya nde.. hehe.. jadi malu kl inget tentang pintu itu.. istriku hingga keluarga mertuaku semua menanyakan ttg pintu itu, dipikir aku ada kelainan hehehe…

    anyway.. good blog you’ve had man..

    [Reply]

  2. wleh2 bli pande bisa gen oiii

    [Reply]

  3. Sori Vid. But you’re so special, my men… :mrgreen:

    [Reply]

  4. ehm! bukannya udah gabung di milis lagi tp pake nama samaran?

    *pura2 tidak tau. 😀

    a!´s last blog post..Nikmat Menanti di Made Weti

    [Reply]

  5. Sukses terus, Pak Pande.

    [Reply]

  6. Kaget juga kita ketemu malah di FB bro.. Teman baik yg lama hilang… he he he

    [Reply]

  7. HAHAHAHHAHAHA….
    LUCU loH!!!!
    Penjahat pencuri celana dalam atau pengintip celana dalem????? Hahahahahaha…..

    Untunglah pujaan hatinya bli pande memilih orang yang benar,hahahaha…..

    Eh oming juga udah gabung di facebook loh, dan ini lagi-lagi karena bli pande 😡

    Bikin tagihan membengkak aja…

    oming´s last blog post..Teman Baruku Itu Korban Threesome

    [Reply]

  8. Widari > Trims untuk ‘pujian’nya. :mrgreen:
    AnTon > ah, itu kan cuma sekedar isu Om… 🙄
    DokTer Cock > yah, walau belum bisa se-sukses BLoGdokter. :mrgreen:
    Agus > :mrgreen: ini dia sobat masa SMA saya. lama ngilang eh nemunya di FB… 😆
    OMing > halah, Oming siy bilangnya udah di FB. Mana buktinya… Mana… ? 👿

    [Reply]

  9. gimana si ngelola facebook… aku kok malah belum mudeng2 tuh…

    madhysta´s last blog post..Anger Management Dalam Keluarga

    [Reply]

  10. Salam Kenal Bli… Tiang Wau San Melajah Ngeblog,, 🙂
    Facebook Hiburan Bagi Tiang,,, Apaplagi Yen Maan Nepuk Poto2 Nak Jegeg Lan Sexy 🙄 Mpe cangkem ngebeber 😆 😆

    Mangkork´s last blog post..Perjalanan demi Perubahan

    [Reply]

  11. awal kenalan ma FB juga gtu..tapi ternyata networkingnya lebih mudah! asyik pake nyebar2 info ato gosip!loh??!hahaha…

    yah, kita ambil sisi positipnya aja…
    eh,bli..yg paling rakus di daftar saia malahan si flickr!sial..!!
    ngakalinnya dgn, nebeng ngenet di aka ato ukm kesenian!hohoho….

    bli..pinjem2 komik dan majalah2 digital dunk..

    .gungws´s last blog post..sepur solo menuju jogja

    [Reply]

  12. madhysta > anda tidak sendirian… :mrgreen: saya hingga kini juga banyak yang blom dimengerti. Terutama perihal ‘invitation’, ’cause’ atau malah ‘applicationnya’. :mrgreen:
    Mangkork > sepertinya komentar BLi tiang ini sudah mewakili hobi yang belakangan saya lakukan via FB. :mrgreen:
    GungWS > Saya setuju… tiap kali teman kita ngerubah sesuatu, -status, profil, avatar, hingga meng-add sesuatu, kita langsung tahu. Itu asyiknya.
    ALL > Sayangnya tulisan saya ini ternyata ada juga rekan yang salah tanggap. mengira bahwa saya mencela perbuatan narsis yang dilakukan rekans di FB. 😥
    ya enggak lah. Cuma ingin mengatakan bahwa saya belum sepede itu untuk menampilkan foto diri di FB. yah, cukup via blog saja, walau kadang itu berlebihan bagi sebagian orang. Mohon Maaf bagi yang tersinggung. 😐

    [Reply]

  13. Duh namaku di sambungkan ke Juanc*k rek .. hahahaha. Ndak apa. Sebetulnya, dari FS aku bisa ketemu sama teman-teman SMP dan SMA lo bli. Gak rugi lah utk join FS sejak 2004. Emang sih FS punya sedikit fasilitas.

    Hendra W Saputro´s last blog post..Jangan Asem Band – Band ‘Ancur’ asal Surabaya

    [Reply]

  14. selamat anda mendapatkan kabar bau bau manis tapi nomis alias norak ogah minta ikan saja

    [Reply]

  15. s a l a m b u a t a n d r i a n i r a t n a p a k i s g u n u n g

    [Reply]

Leave a Reply
*