Nokia 2,5 Juta Awal 2009

2

Category : tentang TeKnoLoGi

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya berkaitan saran dan rekomendasi untuk keinginan benerapa rekan memiliki ponsel Nokia murah meriah, kali ini saya lanjutkan pada kisaran 2,5 juta rupiah. Angka yang barangkali hanya bisa dijangkau oleh masyarakat golongan menengah. Sedangkan untuk harga diatas kisaran tersebut, saya rasa akan kembali pada kebutuhan masing-masing calon pengguna, yang hanya bisa dijangkau oleh sebagian kecil penduduk Indonesia saat ini.

Tak beda dengan tulisan saya sebelumnya, untuk pemilihan saya bagi menjadi tiga kelas, tergantung pada kebutuhan dari masing-masing pengguna dan tentu saja budget yang tersedia.

Untuk kisaran maksimum 2,5 juta, Nokia menyediakan tiga ragam kebutuhan sesuai aktivitas penggunanya. Pertama, bagi mereka yang mengutamakan kegiatan kantoran akan lebih banyak berkutat pada office application, presentasi hingga internet kecepatan tinggi. Kedua, bagi mereka yang lebih mengutamakan fitur Hiburan, bisa menikmati musik hingga video dan juga foto dengan cara yang lebih asyik. Terakhir bagi mereka yang mengutamakan penampilan (fashion phone).


Pada kisaran ini, saya merekomendasikan dua buah ponsel untuk kegiatan kantoran yakni seri E51 dan E65, yang memiliki spesifikasi hampir sama. Seperti misalnya koneksi yang sudah ada Wifi-nya, jelas akan memberikan akses internet yang lebih leluasa. Termasuk pula fitur multitasking antar office application. Maklum, keduanya diperkuat dengan keberadaan prosesor untuk menunjang aktivitas tersebut.

Bagi yang menyukai hiburan, bisa melirik ke seri 5320 Xpress Music, yang menyajikan fitur kamera plus flash, fitur N-Gage, juga tentunya jack 3,5 mm yang merupakan syarat mutlak bagi sebuah ponsel musik. Sedang bagi yang menyukai penampilan atau fashion phone, bisa mencoba seri 7610 Supernova dengan desain slide dan cover yang bisa digonta-ganti.

Untuk kisaran sekitar 2 juta, Nokia menyediakan fitur yang tak jauh beda dengan kisaran diatas, sudah mengadopsi jaringan 3G, hanya saja fitur koneksi Wifi takkan bisa ditemukan disini.


Pada kisaran ini, saya merekomendasikan seri 6120 Classic, sebuah ponsel serius yang mampu menjalankan multitasking berkat prosesor internalnya, sudah 3G dan memiliki dimensi yang mungil. Tentu saja bakalan menyulitkan bagi mereka yang bertangan besar seperti saya.

Satu-satunya seri N yang masih laris hingga belakangan ini adalah seri N70 Music Edition. Seri yang dirilis dalam balutan warna hitam ini, meski masuk kategori ponsel multimedia, bisa dikatakan performanya sedikit mengecewakan. Istilah gaulnya Lemot. He… Sedang bagi yang mood ke ponsel fashion, bisa melirik seri 7900 Prism, yang beneran mengadopsi bentuk prisma. Hingga perwajahan seri ini sangat menarik dari sudut manapun ia dilihat.

Untuk kisaran 2 juta kebawah, Nokia menyediakan tiga ragam seperti halnya yang saya sebutkan diatas, tergantung dari aktivitas penggunanya. Rata-rata memiliki resolusi kamera 2 MP dan tidak mendukung jaringan 3G. Ohya, ponsel yang disajikan bukan tergolong ponsel pintar atau mengadopsi sistem operasi seperti seri-seri diatas.


Pada kisaran ini saya merekomendasikan dua ponsel yang termasuk dalam rilis Xpress Music yaitu si tipis 5310 dan si bentuk aneh 5220. Kenapa saya katakan aneh, karena bentuk dasarnya tidak seperti ponsel lain yang simetris memanjang. Ada juga ponsel tipis nan mengesankan keseriusan lewat wajahnya yang elegan dan resmi, yaitu seri 6300. Tak lupa bagi yang maniak fashion atau penampilan, ada juga seri 7310 Supernova.

Dari semua seri diatas yang saya rekomendasikan, kemampuan powerfull tentu saja dimiliki oleh seri E yang memang diperuntukkan bagi kalangan pebisnis dan pekerja serius. Perbedaan paling mencolok tentu saja keberadaan koneksi Wifi yang mampu digunakan untuk browsing internet sekaligus mengecek email dsb secara gratis pada area-area yang menyediakan free hotspot. Sedangkan untuk fitur Games (N-Gage) saya rasa masih bisa disuntikkan dengan menggunakan aplikasi buatan Nokia resmi.

Nah, usai sudah pembahasan saya terkait permintaan saran dan rekomendasi akan ponsel Nokia, yang masih menduduki peringkat pertama sebagai ponsel yang paling ditunggu inovasinya. Semoga saja bisa berguna bagi mereka yang menginginkan ponsel murah nan powerfull baik pada kisaran 1,5 juta hingga 2,5 juta rupiah.

> Untuk yang kedua kalinya PanDe Baik berusaha memberikan masukan bagi mereka yang masih belum puas dengan ponsel lamanya dan berkeinginan menjajal beberapa seri Nokia di kisaran harga 2,5 juta rupiah. Minimal secara pribadi, seri yang disebutkan disini sudah cukup mampu mewakili cara dan kebiasaan pemakaian sekian banyak ponsel mahal Nokia, terkecuali yang dirilis belakangan dengan layar sentuhnya plus seri communicator lama. Bedanya paling hanya dari segi desain, memory internal/eksternal dan juga resolusi kamera yang ditawarkan. Selebihnya sama saja kok. Trust Me. <

Comments (2)

Saya sedang melirik Nokia E63 lebih murah dari E71 tapi mempunyai fitur yang sama. Makasih atas ulasannya.

[Reply]

Sekarang jadi review handphone niy…
sip lah,
saya masih pake hp hanya untuk telpon, terima sms saja,
paling 500 rb…
hehehehe…

Belajar Bisnis|Online Internet Marketing|Jurnal´s last blog post..Aletha Faiza

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge