KontroVersi KarTun Nabi ; Sudah, Lupakan Saja

11

Category : tentang KeseHaRian

Pasca eksekusi mati Trio Bomber Bali 9 November lalu, tampaknya masih saja ada pihak-pihak yang ingin memancing di air keruh dengan memanfaatkan isu agama dan suku. Tujuannya tentu saja, memecah belah keberagaman yang ada di negeri ini, demi kepentingan mereka sendiri.

Masih lekat dalam ingatan tentang film Fitna karya anggota Parlemen negeri BeLanda yang mencoba mengartikan kitab Al-Quran dengan bahasa yang ia mengerti dan pahami serta diyakini. Sama halnya dengan Trio Bomber Bali hingga saat mereka dieksekusipun tetap meyakini apa yang mereka pahami selama ini dari ajaran agamanya sendiri. Walaupun semua itu ditentang terang-terangan oleh para ulama terkemuka negeri ini.

Kini kabarnya sebuah BLoG yang mengatasnamakan diri/komunitas mereka ’Lapotuak Batak’, menampilkan posting kartun yang menceritakan seorang Nabi Muhammad itu adalah orang yang senonoh dan tak bermoral. Sayapun akhirnya memburu kartun tersebut hanya sekedar memuaskan rasa ingin tahu saya, seperti apa sih rupa dan bentuknya. Dapat juga akhirnya didonlot dari ziddu atas petunjuk seorang rekan di milis BBC.

Setelah melihat dan mencerna secara paksa (karena sebagian besar memakai bahasa Inggris), saya hanya tersenyum pahit dan memutuskan untuk segera melupakannya. Mengapa ?

Pertama karena kartun ini saya rasa adalah buatan orang asing yang ditranslate kedalam bahasa Indonesia itupun hanya sebagian kecil saja. Jadi bisa saja orang ini mengcopy paste atau scan gambar aslinya trus di-upload kedunia maya.

KeDua karena ditampilkan dalam bentuk BLoG, gratisan pula (numpang di wordpress). Dimana orang yang tak jelas asal-usulnya bisa dengan mudah membuat BLoG, bahkan tak jarang satu orang saja bisa memiliki dua tiga BLoG yang berbeda dengan cerita pemilik yang berbeda pula.

KeTiga karena sampe nekat menggunakan nama suatu suku di Batak (kalau tidak salah cerna dari media televisi), kembali ke alasan keDua diatas. Kok sepertinya pede banget…. Bisa jadi ini hanyalah satu fitnah kepada satu suku tertentu untuk mengadu domba dengan lainnya tentu atas alasan agama.

KeEmpat ya kalo mau tau asal usul si pembuat sebenarnya bisa dilihat dari IP address yang bersangkutan, dengan melobi pihak wordpress dengan alasan yang kuat, saya yakin masih bisa ditelusuri. Tapi barangkali perlu waktu dan dana yang tak sedikit.

Terkecuali si empunya BLoG melakukannya dengan cara berpindah-pindah dan melalui warnet yang berbeda.

Maka dari itu saya pribadi sih berharap banget pada umat Muslim negeri ini bisa bersikap lebih arif dan bijaksana akan kontroversi ini, gak usah sampe turun kejalan trus berbuat anarkis pada umat agama lain apalagi kepada suku yang tampil pada BLoG tersebut. Yakinlah bahwa semua itu hanyalah sebuah hasutan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Ohya, ini hanyalah satu pandangan saya pribadi yang sejak dirilisnya film ’Ayat-Ayat Cinta’ tempo hari, berusaha memahami bahwa tak semua Muslim itu sama pendapatnya. Sama seperti halnya umat lain, pasti ada perbedaan pendapat secara intern mereka, terutama perbedaan tafsir pada kitab suci masing-masing. Jadi mohon untuk tidak terpancing lebih jauh lagi usai membaca posting saya ini. Lupakan saja….

> Kali ini PanDe Baik ditemani oleh alunan Kecapi dan membuat posting ini sambil menemani si kecil putri kami bobo…. <

Salam dari Pusat Kota Denpasar

Comments (11)

Peristiwa itu menjadi pembelajaran bersama bahwa hidup ini janganlah terbuang sia-sia dengan mengkonsumsi hawa negatif. What for ?. Membela suatu agama bukanlah jamannya. Semua orang pasti akan membela bahwa agamanyalah yg benar. Biarkanlah pembenaran itu menjadi urusan pribadi dan Tuhannya.

Hendra W Saputro´s last blog post..Bali Blogger juara raih penghargaan

[Reply]

zaidan Reply:

Waah..anda mungkin perlu ke psikiater mas…siapapun manusia beragama dimuka bumi ini akan tetap mempertahankan aqidah nya yg dianggap benar tidak terkecuali Nasrani dan Yahudi

[Reply]

Di sini perlu kepandaian kita memilah berita. Jangan sampai hal kecil yang bisa diselesaikan dengan kepala dingin, harus diakhiri dengan panas dan emosi. Emang terkadang banyak orang ngomongin soal agama, tapi mereka sendiri tidak menjalankan sikapnya sesuai nilai2 kemanusian dan kebenaran… 😐
So.. terhadap blog itu, seperti kalimat di atas halaman ini… “Why so serious?”

Eka K.´s last blog post..Sekilas [lagi] tentang Tahap Penanganan Kanker

[Reply]

YESUS Reply:

Pak Eka yg sableng dan agak sedikit kurang waras yg sy tdk hormati bahkan kalo ketemu dengan anda saya akan injek2 muka anda yg seperti BABI….urusan pelecehan agama dibilang “hal kecil” anda GILA ya…coba kalo Orang Tua atau ISTRI anda dibuat kartun sedang setubuh dengan BABI? anda akan terima saja? anda anggap hal kecil? anda tidak akan membelanya? OTAK SINTING….PENGIKUT ILLUMINATI….IBLIS
YESUS´s last blog post ..Windows 8 Release Preview

[Reply]

pande Reply:

Tapi saya lebih respek dengan Dokter EKA yang berani mengungkapkan identitas aslinya untuk memberikan pendapat (apapun itu, negatif positif) ketimbang anonim yang membela dirinya tapi gag berani muncul kedepan. :p

[Reply]

Sebenarnya untuk Pic-nya enggak usah di publis lagi mas. bagusnya cuman tulisan aja. semakin kita menyebarkannya semakin banyak yang melihat pic-nya

[Reply]

BLi HenDra > Andai saja umat di Indonesia ini bisa setenang itu ya BLi. Saya hanya bisa berharap saja… 😉
Dokter Eka > Saya setubuh eh setuju Dok. he… Why so serious ? (copas quote-nya Joker) 😈
BLi GeLanDangan ? > He.. Pic-nya saya BLuR, biar gak terpublish dengan baik, paling tidak itu untuk satu bukti bagi tulisan saya aja kok. Bahwa Kartun tersebut gak layak dipercaya sebagai buah karya lokal. :mrgreen:

[Reply]

Mari bersama2 hadirkan Damai di Bumi dan bukan angkara murka. Semoga bangsa kita lebih dewasa. Salam kenal bli 😀

Adieska´s last blog post..Dukung Zalukhu!!!

[Reply]

ada saja kerjaan orang buat bikin kita pada kisruh rusuh

Artha´s last blog post..BiSuL uSiL

[Reply]

Thanks ur kunjungan ke blog saya. nice web desain.

[Reply]

Rasulullah bukanlah Tuhan yang harus disembah,
Rasulullah sallalahu alayhi wasallam hanyalah manusia biasa (sama dengan kita) hanya saja beliau diberikan wahyu. dalam rangka membenarkan kitab sebelumnya (Zabur, Taurat dan Injil) begitu pula dengan nabi dan rasul sebelum beliau

sebagai rasul tentu kita harus memuliakan beliau, membela beliau kalau dilecehkan lebih dari sikap kita ketika keluarga terdekat kita atau orang-orang yang kita cintai dilecehkan oleh orang/pihak lain kalau kita mengaku cinta kepada beliau.

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge