OtoNan MiRah GayatRiDewi

Akhirnya Datang Juga…. (nyulik tag acara teve)

Bisa jadi begitulah kata hati ini saat pagi tiba. Hari ini, 14 Oktober 2008 sesuai rencana adalah hari yang paling kami nantikan sebulan terakhir, Upacara Otonan putri kami, MiRah GayatRiDewi, sebagai rangkaian upacara setelah kelahirannya 18 Maret lalu. Dilakukan setelah usia putri kami menginjak 6 bulan dalam hitungan kalender BaLi.

Sesuai rencana pula, acara hari ini bisa dimulai tepat waktu yaitu pukul 11 siang. Hanya saja sanak saudara maupun teman yang datang tak sejumlah yang kami undang. Ini karena pada hari ini merupakan hari baik bagi umat Hindu di BaLi, yaitu Anggara Kasih Tambir bertepatan dengan Kajeng KliWon dan Purnama Kapat (keempat). Hari dimana umat melakukan pemujaan kehadapan Sang Hyang Ayu dan Sang Hyang Ludra, berharap atas Welas Asih-Nya, semua kekotoran didunia ini menjadi lebur. (Kalender Bali susunan IBG Budayoga)

Acara yang selain dihadiri sanak saudara, rekan kantor hingga beberapa teman kuliah di Arsitektur Udayana angkatan 95 dahulu, berjalan tanpa ada hambatan yang berarti, hingga rangkaian upacara boleh dikatakan lancar sesuai rencana pula.

Tampak pada foto-foto dibawah : (1) Suasana rumah setelah persiapan selesai ;

(2) BaBi GuLing yang dipesan 2 biji, satu ekor diberikan oleh Bli Putu ALit Suantara dan satunya lagi tentu dari Bapaknya MiRah, karena Otonan pertama ini jatuhnya bertepatan dengan Purnama ;

(3) Muspa memohon keselamatan bagi putri kami ;

(4) Canda tawa kami saat mendengar ocehan sikecil Mirah usai Muspa ;

(5) MiRah GayatRiDewi usai maen air di kolam kecil yang telah dipersiapkan sebelumnya berisikan dua ekor ikan, untuk mengambil cincin yang ditaruh didalamnya, dilanjutkan dengan masuk kedalam kurungan kecil ;

(6) Sesi medagang-dagangan dimana MiRah diceritakan berdagang dan pembelinya dari kakak-kakaknya maupun sanak saudara yang hadir, diharapkan agar si kecil murah Rejeki ;

(7) upacara dilanjutkan dengan persembahyangan di Perempatan Jalan memohon kerahayuan keselamatan Putri kami, dan diakhiri dengan cerita si kecil MiRah berbelanja kembali menggunakan uang hasil jualannya tadi.

Aaaah… Akhirnya selesai juga prosesi upacara hari ini, berharap putri kami dapat memberikan Cahaya yang baik bagi kami sekeluarga dalam masa depannya. Sehat selalu dan tentu Berbakti pada kedua orangtuanya.

I LoVe U my Baby

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

7 thoughts on “OtoNan MiRah GayatRiDewi

  • October 14, 2008 at 2:48 pm
    Permalink

    Bli selamat yah acaranya sukses
    Semoga anak bli menjadi anak yang akan menjadi kebanggaan kedua orang tuanya,agamanya, bangsa dan negaranya…amin
    Ini membuat saya bangga jadi bangsa Indonesia, yang kaya akan budaya dan tradisi

  • October 15, 2008 at 10:12 pm
    Permalink

    Kok saya tidak dapat undangan ya…..

  • October 15, 2008 at 10:21 pm
    Permalink

    Mohon maaf rekans semua, gak ngundang BBC pas acara kemaren. Yah, rencana awalnya sih gak ngundang keluar, tapi berhubung ada yang nanyain, dari rekan kantor juga teman kuliah, ya gak enak aja kalo ngundang satu dua. :mrgreen:

  • April 2, 2010 at 8:53 am
    Permalink

    dadi patuh otonane adi ajak tiangne? he he he he

  • April 2, 2010 at 10:43 am
    Permalink

    Namanya juga hampir mirip. Ken” kabare Tu ?

Comments are closed.