Bahasa Iklan : Konyol namun menghanyutkan

1

Category : tentang KeseHaRian

Kalo rajin menyimak siaran iklan di media televisi, tentu sudah gak asing lagi dengan bahasa iklan yang memuji abisss produk tertentu dan memojokkan produk saingannya.

Mulai dari iklan obat nyamuk (ups nyamuk diobatin ?), obat sakit kepala, minyak goreng, deterjen pembersih, hingga ke operator selulerpun seakan berlomba memuji diri sendiri seakan produk merekalah yang terbaik diatas segalanya.

Tak jarang bahasa iklan yang dipakai sebagai motto mereka seakan terkesan bodoh dan meniru, namun produsen barangkali menutup mata akan semua hal itu. Yang penting produk laku, dan duit dikantong pun bisa makin tebal.

Masyarakatlah yang tetap menjadi hakim atas semua yang ditawarkan. Apakah bakalan tergiur oleh hasutan tersebut atau malah sebaliknya, berusaha bijak pada keputusannya sendiri.

Secara iseng aja ngeliat produk shampoo rambut yang dari kemasannya diperuntukkan bagi kaum adam. Ini diproduksi karena katanya berdasarkan penelitian, yang namanya ketombe pada pria tak kalah banyak dengan wanita. Diantaranya saya selaku penulis. Maka setelah nyobain berbagai merek dalam jangka waktu tertentu, akhirnya ngerasa pas dengan yang satu ini.

Hanya saja sedikit shock saat ngeliat tulisan pada kemasan belakangnya yang memberikan peringatan pada konsumen pemakai :

‘PERHATIAN : Percaya diri karena tidak berketombe akan lebih banyak wanita. Bersiaplah’

bahasa-iklans.jpg

Oh, come on, kata-kata mutiara nan membuai nuansa hati sang konsumen hingga terbuai kealam mimpi ini rasanya lebih pantas jadi bahan tertawaan, lantaran kesannya ‘wanita yang bakalan mendekat merasakan jauh lebih menarik memperhatikan rambut sang pria dibanding kelakuan dan aktifitasnya.¬†Konyol tapi bener-bener menghanyutkan.

Terutama bagi mereka yang masih setia nge-jomblo lantaran ketombe rambut, sehingga yang namanya wanita jadi enggan dekat-dekat dengannya. Hihihi…

Comments (1)

namanya juga iklan, kecap memang selalu nomor 1

wira´s last blog post..My Page Rank

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge