Tertarik iklan Pelet ?

Category : tentang KeseHaRian

Sambil menunggu servis motor di sebuah bengkel daerah Wangaya Kaja, seperti biasa waktu luangpun dihabiskan dengan membaca satu persatu tumpukan majalah dan tabloid yang berserakan di kursi tunggu. Oh ya, rata-rata topik dari majalah dan tabloid itu, ya perihal wanita (baik-baik sampe hot-hot J) dan juga klenik-mistik. Hmm.. pasti menarik. J

Tapi diantara apa yang dibolak-balik, rata-rata udah pernah dibaca sebelumnya, ada satu majalah lama yang lebih banyak isinya perihal mistik-klenik yang punya ciri khas bercover depan cewek cantik dan aduhai, ditambah beberapa gambar rekaan mistik.

Tapi yang dibahas disini bukan lagi perihal sintal dan montoknya gadis ataupun kisah misteri yang cukup mengernyitkan dahi, tapi lebih pada porsi iklannya yang kayaknya punya perbandingan fifty-fifty dengan isi majalah.

Yang unik, kebanyakan menawarkan ilmu kanuragan kebal tubuh, batu mustika pengasih-asih dan juga yang paling menarik ya Pelet Jaran Goyang dan sejenisnya. Semua itu tentu jadi pemikiran tersendiri, kok masih ada yang macam beginian di jaman canggih yah ?

pelet.jpg

Memang yang namanya ilmu mistik-klenik udah mendarah daging dalam budaya negeri ini. Dalam budaya lokal Bali saja saat manusia baru dilahirkan hingga matipun tetap dilakukan upacara tertentu. Blom lagi upacara yang berkaitan dengan lingkungan alam dan makhluk lainnya. Itu baru yang bersifat positif.

Yang bersifat negatif tentu yang tujuannya menyakiti orang lain, lantaran iri dengan keuangan dan kemajuan tetangga, atau malah kemajuan rekan kantor terutama yang menjabat pada tempat basah. (PDAM contohnya. Sangat basah ! J) Apalagi kalo ngebaca iklan jual batu mustika yang bisa membuat pemiliknya begini begitu. Apa jadinya kalo semua orang tertarik membeli dan memakainya ? mungkin gak ada lagi orang yang diinjek di dunia ini.

Kasihan banget mereka yang percaya dan memakai itu demi sebuah pengakuan dari orang sekelilingnya, dimana segala kharisma itu akan hilang seiring hilangnya khasiat benda yang dibawa. Nah kalo sudah kliatan aslinya, apa siap untuk dikucilkan lagi ?

Yang menggelitik dari iklan-iklan tersebut tentu sang pemilik benda atau ilmu yang ditawarkan. Dari yang bergaya koboi, duduk tegak dan bersemedi, lengkap dengan pakaian tradisional, atau malah sedang menelepon dan yang paling lucu ya mejeng sambil memamerkan hape Nokia Commie 9500 dengan jelas didadanya atau malah agak jauh dari badan. Boro-boro ngerti Java atau donlot-donlotan.

Eh, Mungkin ini dia nih sumber sms santet tempo hari itu kali ya ? J

Post a comment

CommentLuv badge