Am I Psycho ? Nope. PsyCho-BLog maybe

Ryan Jagal Jombang, belakangan ditenggarai sebagai seorang psikopat yang dalam praktek membunuh hingga memutilasi korbannya tak jua menampakkan rasa penyesalan. Bukan tidak mungkin kalo sampe hari ini semisal belum terungkap kasusnya ini, esok lusa dijamin si wajah kalem ini bakalan melanjutkan aksinya pada korban berikutnya.

Psikopat menurut Wikipedia, secara harfiah berarti sakit jiwa. Pengidapnya juga sering disebut sebagai Sosiopat karena prilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya. Dalam kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa, dan koruptor. Namun, ini hanyalah 15-20 persen dari total psikopat. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan.

Kompas pun menjelaskan bahwa Seseorang yang antisosial biasanya cuek pada norma-norma sosial, tak peduli pada aturan, dan pemberontak. Kepribadiannya yang sulit ditebak, bisa terlihat dari ketidakstabilannya dalam hubungan interpersonal, citra diri, serta selalu bertindak menuruti kata hati. Tanpa peduli perbuatannya itu salah atau benar, mengganggu orang atau tidak.

Orang seperti ini cenderung impulsif (melakukan sesuatu tanpa pikir panjang), dan berpikiran negatif. Ia juga memiliki sifat pendendam. Sedikit saja Anda melakukan kesalahan, seumur hidup diingat dan suatu saat akan diungkit lagi. Sedangkan pribadi histrionic, emosinya tak terkendali alias meledak-ledak, dan selalu ingin menarik perhatian. Ada lagi kepribadian narcisstic, yang ditunjukkan dengan sikapnya yang selalu ingin dikagumi, serta minimnya empati. Ia selalu berusaha membuat hanya dirinya satu-satunya lelaki dalam hidup Anda. Hanya dialah yang boleh Anda puja.

Sedangkan indikasi lain orang psycho adalah manipulatif, egosentris, pembohong, mudah frustasi, dan gaya hidup parasit. Nah, seabrek sifat buruk ini mengerucut pada satu karakter tunggal: hipokrit alias munafik.

Berdasarkan artikel pada tabloid Nyata edisi Juli 2008 (bacaan wajib ibu-ibu kantor pemerintahan J )-yang rupanya dicopy-paste dari Wikipedia tadi– ada 11 ciri seorang psikopat, diantaranya pandai berbohong dan pintar bicaranya, mengarang cerita yang membuat dirinya tampak selalu positif dimata orang lain, tidak punya rasa bersalah setelah melakukan aksinya, sikap antisosial, minim empati karena baginya memotong kepala ayam dan kepala manusia tidak ada bedanya, dan hidup sebagai parasit sehingga cenderung menyenangkan diri sendiri.

psygho-blog.jpg

Nah, dari pemaparan ciri psikopat diatas, menurut pandangan pribadi penulis, sangat membuka peluang diri sendiri merupakan seorang psikopat juga. Hanya saja psycho bukan dalam bidang jagal bunuh mutilasi, tapi dalam hal nge-Blog.

Yes I am PsyCho-BLog.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

2 thoughts on “Am I Psycho ? Nope. PsyCho-BLog maybe

  • August 8, 2008 at 1:02 pm
    Permalink

    haha,bisa-bisa dogen bli pande niki…psycho blog. psycho-blogger….nanti mau dicek di buku pedoman dan panduan gangguan jiwa apa ada ya, nanti pas kunjungan BBC ke RSJ bisa didiskusikan haha

  • August 8, 2008 at 1:29 pm
    Permalink

    waks… Pak Dokter sempet-sempetnya mampir.
    Kabur ah, ntar disangka sakit jiwa beneran ! :mrgreen: :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.