Floppynya kmana neh ?

4

Category : tentang TeKnoLoGi

Ada yang menarik kalo ngliat perkembangan pc hingga hari ini, dimana pergeseran pemakaian media penyimpanan data makin berkembang setiap tahunnya. Hare gene untuk kategori storage pun bentuknya makin hari makin ringkas saja dan makin besar pula data yang mampu disimpan didalamnya.

Kalo tahun 2004 lalu, saat penulis terjun pertama kali jadi pengabdi bangsa ini, yang namanya disket floppy masih menjadi dewa pada instansi dimana penulis ditempatkan. Padahal waktu itu, yang namanya cd-R (kira-kira lima ratus kali disket floppy- lumayan bikin terperangah mereka ini) udah dikenal luas dan menjadi media standar apalagi ada fitur Multisessionnya. Hanya saja memang untuk sekelas pengabdi saat itu yang namanya perkembangan teknologi blom menjamah dalam pikiran setiap orangnya. Jadi, untuk hardwarenya cd-rw sendiri sama sekali blom dikenal, masih beranggapan kalo semua cd-rom mampu melakukan burning data.

Makin berkembangnya media tentu waktu itu pula penulis mulai memperkenalkan media kartu memory pada rekan-rekan pengabdi seruangan, didukung dengan kepemilikan handset pda yang mampu mendukung format mmc dan bisa digonta ganti tanpa harus mematikan handset. (istilah lainnya ‘Hotswap’). Kapasitasnya waktu itu maks 1Gb, artinya udah sekitar delapan ratus media floppy yang masih ngetrend disitu. Hanya saja untuk membacanya di pc, penulis harus rela membawa pembaca kartu yang ukurannya cuman sejempol tangan aja. Makin bengong deh ntu para pengabdi bangsa ini.

Gak puas juga bikin bengong wajah para pengabdi, penulis lagi-lagi iseng menularkan kebiasaan membawa flash disk yang waktu itu harganya masih cukup tinggi, sehingga membuat emoh rata-rata pegawe untuk mengeluarkan biaya ekstra. Lama-lama, satu dua ikutan bawa, lantaran keringkasannya dan juga sudah kemudahan pemakaiannya.

Terakhir tentu ada hard disk storage yang punya kapasitas penyimpanan jauh lebih gila lagi, sayangnya dari bentuk ya tak mampu masuk ke saku baju dinas, sehingga dari kepopulerannya dimata para pengabdi ini masih kalah dibanding Flash disk tadi. Apalagi untuk si kecil fd saat ini sudah ada yang kapasitasnya mencapai 4 Gb, dan dijual dengan harga murah pula.

0805-005.jpg

Dengan makin canggihnya media penyimpanan, gak heran saat memesan pc baru tahun 2006 lalu, penulis gak lagi mencantumkan floppy disket dalam paket pembelian. Yang ternyata saat ini rata-rata dilakukan pula pada pembelian dimanapun berada. Jadi agak surprise juga saat ngliat deretan pc di ruang pembelajaran Toefl, gak nyantumin floppy lagi pada cpu-nya. Kenapa bisa surprise, lantaran dua taun lalu itu penulis sempat diejek karena beli pc baru kok ndak isi floppy disk-nya. J

Comments (4)

inilah yang disebut teknologi

wira’s last blog post..The Dark Knight – Synopsis

[Reply]

makin hari makin berkembang ya Bli ? gak kayak blog saya… 🙁

[Reply]

Floppy disknya sekarang jadi ganjel pintu kamar Bli 😀

Artha’s last blog post..Lima Tahun yang lalu

[Reply]

:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge