Menjajal ponsel Dual On GStar

Berkesempatan memegang dan menjajal sebuah ponsel China -mereknya kalo ndak salah Gstar- baru gres milik seorang rekan kantor yang akhir-akhir ini terjangkiti demam gadget. Kabarnya untuk mendapatkan ponsel seharga 2 jutaan ini, ia sampe menjual 2 buah ponsel gsm-cdma merk Nokia-nya, dengan harga satu juta pas.

Fiturnya seperti biasa, sistem Dual On ato dikenal juga sebagai Dual Mode, dimana dua jaringan gsm-cdma terangkum dan tergunakan dalam satu fisik ponsel. Ringkas ? jelas…

ponsel-china.jpg

Dari segi desain, yang mencolok tentu keypad navigasinya yang kalo ditutup sebagian pada keypad numeriknya, mirip banget dengan Nokia seri N95, terutama layar lebarnya itu loh. Hanya saja, untuk numeriknya gak beda jauh dengan ponsel produksi China lainnya, yaitu penempatan * 0 # ada disisi kanan angka atau terbagi atas grid 4×3. Diperlukan pembiasaan pemakaian bagi mereka yang dahulunya pemakai setia Nokia.

Yang ia paling senangi ternyata fitur layar sentuhnya (minimal menyamai pda T-Mobile milik penulis terdahulu), walopun agak sedikit kecewa lantaran gak mampu untuk menampilkan Google Earth pada layar ponselnya. Namun sedikit terhibur akan fitur televisi tanpa beban pulsa yang lumayan nangkep jaringan beberapa saluran teve lokal. Sangat pas dipake survey ke daerah sawah he… bisa nonton teve ditengah sawah, tanpa asupan listrik-.

Saat ditelisik, nyatanya dari segi menu yang ditawarkan gak jauh beda dengan ponsel produksi China, beda merek. Kalo pernah punya MP4 Player, dapat dipastikan bakalan familiar dengan tampilannya yang memang mengadopsi menu tersebut. Namun bagi mereka yang familiar dengan menu ponsel Nokia, apalagi yan ber-Symbian, dijamin bakal kelimpungan dengan penempatan fitur yang ditawarkan ‘tidak ada tempatnya’.

Seperti fitur Bluetooth, ditempatkan pada folder Hiburan pada Nokia sih biasanya pada Setting/Pengaturan- yang saat diuji pairing dengan ponsel Nokia maupun Laptop, ada beberapa gangguan yang menyebabkan tak terdeteksinya fitur gigi biru si ponsel China, yang kalaupun bisa, dijamin gagal dalam pengiriman file audio mp3 misalnya- maupun lainnya. Gak tau kenapa.

Fitur kameranya ya jangan berharap banyak. Disandingkan dengan hasil jepretan Nokia cdma seri 6275i, jelas saja kalah jauh, walopun si Nokia blom mengadopsi autofokus.

Ohya, untuk bagian Menu-nya sendiri, penulis jadi teringat pada menu yang ditawarkan oleh brand Samsung, terutama untuk melihat file-file yang ada didalamnya, bukan lewat galeri, namun melalui Pengatur File.

Keribetan lainnya dapat dilihat lewat Pemutar Video, yang gak mampu membaca file video yang berada di dua tempat sekaligus ponsel dan kartu memori- sehingga diperlukan pemilihan lagi, memori mana yang akan dipakai.

Entah kebetulan atau tidak, panggilan masuk yang diterima, dibatasi dengan waktu sekitar 2 menit, langsung putus. Namun saat dilihat pada menu Pengaturan Panggilan, dimana ada satu pilihan Pembatasan Panggilan, tak mampu me-non aktifkan pembatasan tersebut, sehingga bagi yang memilikinya harus rela dihubungi atau menghubungi rekannya setiap 2 menit. Capeee deeeeh…

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

7 thoughts on “Menjajal ponsel Dual On GStar

  • July 18, 2008 at 8:11 am
    Permalink

    tengkyu bli pande..
    ternyata sim card cdma istri saya dah kadung hangus duluan pdhl masi lumayan pulsanya.. 🙁
    jd bs di-pending dl..

    ya kualitas china lah..maklum..
    tp yg limit 2 menit itu..??
    memang ngga bs diubah? ato itu hp memang bukan resmi utk di Indonesia? ato bundel dgn provider tertentu?

  • July 18, 2008 at 1:44 pm
    Permalink

    He… saya blom tau juga Bli, kok bisa gitu. mungkin perlu dipinjem seharian penuh kali. :mrgreen:

  • August 12, 2008 at 2:07 am
    Permalink

    Gimana cara setting modemnya untuk connect ke internet memakai laptop? Saya pakai AXIS dan STARONE.

  • October 14, 2008 at 2:48 am
    Permalink

    pengen tau ponsel gstar yg bs mengubah suara asli Qta jd suara orag ln? misal suara cewe jd suara cowo ato suara anak kcl, ato laen2? 🙄
    wah mndukung bngt u/ selingkuh 😈

  • February 21, 2009 at 1:30 am
    Permalink

    bisa ditambah game ga bos??
    🙄
    aku kesulitan cari game untuk gstar. ada yang tahu?????

Comments are closed.