Pengkhianatan pada Istri, Haruskah ?

2

Category : Cinta

Jika kita mau bercermin pada media cetak, layar televisi hingga tetangga maupun sanak saudara, seringkali terdengar oleh telinga perihal perselingkuhan si anu dengan si anu, padahal kedua belah pihak sudah memiliki pendamping hidup yang diputuskan saat menikah dahulu dihadapan puluhan orang sebagai saksi.

Alasan pertama yang paling sering terdengar adalah, ketidakmampuan sang pasangan untuk melayani si pelaku dalam hal adu syahwat yang kemudian dialihkan ke orang lain yang mau dan senasib. Ada juga yang menyatakan alasan, sebagai balas dendam lantaran si pasangan telah melakukannya lebih dahulu.

Berbicara dari sudut pandang seorang pria yang telah beristri, maka yang paling pertama terlontar sebelum nekat melakukan perselingkuhan hubungan dengan wanita lain adalah, mampukah kita mengkhianati Istri yang sekian lama telah mendampingi ?

Walaupun dengan alasan bahwa sang Istri sudah tak mampu lagi melayani syahwat suaminya mungkin lantaran capek bekerja, mengasuh anak hingga mengurus rumah tangga. Tegakah kita meninggalkan Istri yang setia mendampingi dari saat kita blom jadi apa-apa, hingga kini saat sudah memiliki segalanya malah enak-enakan dengan wanita lain ?

pgkhianatan.jpg

Pantaskan kita menelantarkan Istri yang sudah mengadu nyawanya untuk melahirkan putera puteri kita, demi sebuah kenikmatan sesaat dengan wanita simpanan yang siap menguras segala hal yang kita miliki dan capai selama ini ?

Php dan SQL untuk nak lingsir ?

3

Category : tentang KuLiah

Nekat ikutan kuliah pasca ya harus nekat pula menanggung beban otak yang kadang udah sangat berlebihan dilihat dari materi yang disampaikan malah tak jarang gak ada hubungannya dengan pekerjaan sehari-hari. Yang paling kasihan ya para mahasiswa kaum lingsir Bapak-bapak dosen, yang kalo dak ikutan kuliah pasca, dapat dipastikan karirpun bakalan mentok. J

simi-lingsir.jpg

Jadilah grup bapak-bapak yang rata-rata kesehariannya ngurusin proyek, dibebankan dengan bahasa pemrograman, dengan memanfaatkan program tambahan macem Access, Php, SQL dan laen-laen untuk bisa diaplikasikan berkaitan dengan pekerjaan konstruksi dunia mereka. Tapi jangankan bisa, untuk memahami dan mengerti saja masih kalang kabut. Yang muda-muda aja masih kebingungan, apalagi mereka yah ?

Kecelakaan Bermotor dibawah umur

4

Category : tentang KeseHaRian

Kalo rajin menyimak media cetak baik lokal maupun luar, ada saja pemberitaan perihal kecelakaan yang melibatkan para abg dibawah usia sewajarnya untuk kepemilikan surat ijin mengemudi di negeri ini. Fenomena ini tak lepas dari maraknya pula anak-anak sd hingga smp yang notabene usianya blom sampai standar usia kepemilikan sim-17 tahun, terlihat bersliweran dijalan raya baik kawasan pedesaan, perumahan hingga jalan umum, memakai sepeda motor, bahkan ada yang tanpa mengenakan helm pengaman pula. Contoh paling riil silahkan tengok di jalan menuju Canggu-Tanah Lot ataupun kawasan perukiman Dalung. Tentu saja tingginya angka kecelakaan tadi cukup membuat was-was akan keselamatan diri sendiri saat mulai turun kejalan raya. Lantas siapa yang patut instrospeksi paling awal atas semua kejadian ini ?

Para Orang Tua. Memberikan fasilitas kepada anaknya yang masih dibawah umur batas wajar kepemilikan surat ijin mengemudi tadi, tanpa memikirkan keselamatan anak sendiri yang seandainya saja terjadi kecelakaan bakalan pula melibatkan orang lain. Namun rata-rata pemberian fasilitas ini ada yang karena rasa ‘sok pamer’ pada tertangga, ada juga yang melakukannya karena ‘ancaman’ dari anak sendiri jika fasilitas tersebut tidak diberikan.

Birokrasi pengajuan SIM dan Biro Jasa. Ribetnya proses jika melakukan pengajuan surat ijin dengan jalur normal, menjadikan banyak biro jasa ataupun calo berkeliaran menawarkan bantuan pada sang pemohon dengan catatan khusus, cepat dan bisa diatur.Tak jarang faktor umur yang menjadi batas minimal kepemilikan bisa pula diatur dengan segala kedekatan sang calo-biro jasa dengan birokrat yang terlibat dalam proses tersebut. Tak lagi menawarkan tes Tulis atau psikologis maupun tes Praktek berkendara, menjadi saah satu penyebab pula tingginya angka kecelakaan tadi. Lantaran abg ane ‘mare bise ngilut gas’ sudah mendapatkan surat ijin mengemudi, tanpa perlu bersusah payah mengikuti semua tes tadi.

Objek Penderita ya si pelaku kecelakaan, abg itu sendiri.Tak terlepas dari cara didikan sang ortu, yang harusnya menyadari betapa berbahayanya di usia muda sudah turun kejalan, kebut-kebutan sekedar untuk pembuktian diri atau hanya gengsi ada teman, sehingga malah membahayakan orang lain, yang barangkali saja tak sengaja berada pada lokasi kejadian dan ikut menjadi korban akibat kelalaiannya.

Aparat Kepolisian, yang harusnya pula ikut aktif memberikan pembelajaran kepada para abg, terutama para pelanggar yang mampu ditangkap dengan memberikan hukuman ‘kerja sosial’ atau malah -diharuskan untuk menyaksikan penderitaan mereka yang telah menjadi korban sebelumnya-, bukan dengan cara ‘wajib lapor’ saja. Ini bisa dilakukan dengan pengenalan ke sekolah-sekolah dengan menyertakan para korban tadi. Mungkin saja bisa jauh lebih efektif.

Krida (lagi) oi !

2

Category : tentang KHayaLan

Lama tak mengikuti kewajiban hari Jumat pagi, rasa-rasanya sudah hampir mencapai waktu setahun sejak istri hamil hingga usai cutinya kmaren. Kekagetanpun muncul lantaran lokasi krida jumat telah diubah ke lokasi Puspem yang jaraknya tentu lebih jauh dari lokasi awal, Lapangan Lumintang.

Belum usai terkaget-kaget, nyampe lokasi nyatanya jumlah pegawe dari instansi sendiri malah sudah jauh lebih banyak daripada sebelumnya. Mungkin lantaran jarak rata-rata yang ditempuh oleh rekan-rekan ini, malah lebih dekat ke Puspem daripada Lumintang. Namun tetap saja blom mampu mencapai 25% kehadiran. Entah bagaimana dengan instansi yang lain.

krida.jpg

Tak beranjak naiknya jumlah pegawe yang ikutan krida, mungkin memiliki alasan yang sama dengan rendahnya minat pegawe untuk ngantor sehari-hari, yaitu gak ada tindak lanjut bagi mereka yang tidak hadir baik krida maupun absen kantor, memicu orang-orang yang tadinya rajin krida maupun ngantor, pada ikut-ikutan malas, toh gak diapa-apakan oleh pimpinan. L Lucunya, keseringan yang hadir malah terkena hukuman akibat ketidakhadiran rekan mereka. Halah…

Terlepas dari semua kekecewaan itu, ternyata materi Senam ‘Ayo Bersatu’ yang rata-rata memiliki gerakan cepat sehingga mampu memberikan keringat usai krida, masih mampu diikuti dengan baik walopun sebelumnya ada keraguan akan ingatan ‘eh senam ini bagemana ya gerakannya ? Dah Lupa tuh…

Semua orang non muslim adalah Kafir

8

Category : tentang Opini

Kalimat petikan diatas seringkali terdengar saat para pimpinan kaum muslim garis keras (FPI, Laskar Djihad dll) berpidato didepan ribuan umatnya, serta menambahkan kalimat lain bahwa ‘Darah mereka dihalalkan’. Sebuah arti bahwa keberadaan sekian juta orang penganut agama selain Islam termasuk diantaranya kepercayaan dan aliran, adalah wajib untuk dibinasakan, karena tidak mengikuti agama yang mereka anut.

Berlawanan arah, apabila kita membaca novel Ayat-ayat Cinta yang tempo hari sempat booming di negeri ini, kalo ndak salah pada halaman 29-30 tertera bahwa ‘semua orang non muslim yang berada didalam negara tempat kaum muslimin secara baik-baik, tidak ilegal, membayar jizyah (mungkin identik dengan kewajiban atau pajak), dan mentaati peraturan yang ada di negara itu dinamakan Ahlu Dzimmah. Dimana hak mereka sama dengan kaum Muslimin. Darah dan kehormatan mereka sama dengan kaum muslimin. Itu yang diajarkan Rasulullah saw. Jika kita sampai menyakiti mereka, maka berarti kita telah menyakiti Baginda Nabi, kita juga telah menyakiti Allah’.

non-muslim.jpg

Dua pengertian yang berbeda akan pemahaman keberadaan orang non muslim disatu negara yang sama mereka tempati. Mana yang benar ?

Joroknya Toilet Puspem

4

Category : tentang KHayaLan

Belum usai pembangunan gedung Puspem, belum terselesaikan pula sekian masalah yang terkait dengan operasional gedung kabarnya hingga mencapai angka ratusan juta per bulannya, ternyata apa yang dikhawatirkan tempo hari terjadi juga. Iseng mampir ke toilet gedung kantor yang megah dan mewah, nyatanya tak sesuai harapan yang dibayangkan sebelumnya. Dengan penampilan finishing khas hotel berbintang, seharusnya perihal pemeliharaannya jangan sampai dilupakan pula. Sayangnya hal ini tampaknya luput dari perhatian para pejabatnya ditengah hiruk pikuk kawasan suci Uluwatu  (Radar Bali, 18 Juni 2008).

toilet-puspem.jpg

Balik ke soal toilet, padahal di lokasi inilah orang bakalan mampir sebentar untuk membuang hajat selama berada di seputaran Puspem. Namun apa yang dilihat saat itu mirip dengan kondisi toilet di peken Badung atau mungkin toiletnya Fakultas Teknik Unud Jimbaran yang minim airnya. Sayang sekali kalau tampak luarnya Puspem begitu mempesona, namun menyimpan bau pesing yang sekiranya sebentar lagi bakalan tersebar diseantero ruangan kerja…

1+1=3

2

Category : Cinta, tentang Buah Hati

1121.jpg

Apa sih tugasnya Pengacaranya itu ?

12

Category : tentang Opini

Tergelitik setiap kali mendengar pendapat seorang perwakilan tim kuasa hukum dari seorang pejabat yang ditenggarai sebagai tersangka kasus korupsi hingga terakhir pembunuhan aktivis Munir. Si kuasa hukum dengan ringannya membantah semua tuduhan dengan mengatakan bahwa kliennya itu ndak terlibat lah, ndak kenal lah, gaptek lah, atau malah gak menjaga privacynya sendiri. Padahal si oknum yang dicurigai itu salah seorang pejabat disebuah badan penting dalam pemerintahan lho.

Apalagi yang lucu, ada pula yang membantah tidak tau kalo suara yang terekam dalam sadapan telepon adalah suaranya sendiri, sampe-sampe pak Hakimnya merasa kecewa dan amat sangat menyayangkan kalo negeri ini memiliki mental pejabat yang dengan suara sendirinya saja tidak tau.

Pengacaranya pun begitu. Kukuh bahwa si klien tak bersalah, bahkan sangat bersih untuk kasus yang ditimpakan padanya. Apa sih tugas seorang pengacara itu ? membela klien sih iya. Tapi kalo si klien emang bener bersalah, bukannya ini yang harus diluruskan ? mungkin memperingan hukuman yang bakalan dikenakan, dengan sejauh mana si pengacara bisa mengungkapkan kebenaran dan pembelaan pada diri seorang kliennya. Barangkali saja si klien melakukan hal tersebut atas keterpaksaan atau motivasi tertentu.

Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Seorang pengacara cenderung mengatakan kliennya tak bersalah, padahal sekian banyak bukti sudah diungkap kebenarannya. Tak jarang si klienpun menyuap beberapa pihak sehingga kasusnya dipeti eskan atau malah ia dibebaskan. Makanya gak nalahin kalo pak Made Suwindha nyaranin, jangan sampe berurusan dengan pengadilan deh…. 🙂

Guru Favorit SMP masuk Tabloid Tokoh

Category : tentang KeseHaRian

Ibu Dayu Puniadhi, Guru Agama jaman sekolah di SMPN 3 Denpasar. Salah satu guru favorit yang disegani lantaran mampu mengajak anak didiknya untuk mempraktekkan ilmu agama yang Beliau ajarkan, diantaranya menghaturkan sendiri canang aturan saat persembahyangan (tidak menitipkan pada yang lain), belajar berpuasa dan menahan diri saat Nyepi, dari tempo 12 jam, 24 jam hingga naik kelas 3 ya 36 jam tanpa makan minum juga berbicara ngawur.

bu-dayu-p.jpg

Hingga yang paling fenomenal, mengubah sifat perilaku salah satu anak didiknya yang sebelumnya dikenal berandalan dan tukang berkelahi, kembali menjadi anak yang baik dan menurut pada guru-gurunya. Walaupun tak lama setamat masa SMP, anak ini -Atenk- aslinya bernama Wibisana- meninggal karena kecelakaan, dan kabarnya membuat shock Ibu Dayu saat itu…. L

YouTube : Mengenal Musik Idola lebih jauh

Category : tentang KHayaLan

Lagi-lagi berkat YouTube, video musik baik berupa clip original sampe ke konsernya bisa didapat dengan mudah, yang tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah (thanks to Starone).

youtube-2.jpg

Jadilah kalo punya waktu luang entah sambil ngempu si kecil Mirah, sambil ngonsep postingan blog, atau sambil maen gim, kegiatan hunting video musik favoritpun dilakoni. Lumayanlah hasilnya. Beberapa clip musik yang jaman sma dahulu sering nongkrong sebelum siaran Dunia Dalam Berita selalu muncul, kini sudah bisa dilihat dengan sesuka hati. Demikian pula clip maupun konser musik lainnya macam Iwan Fals, Sepultura, System of a Down hingga White Zombie pun ada. Hah, bersyukur banget ada YouTube. J

YouTube : Not Just a Porn Videos

4

Category : tentang KHayaLan

Mohon maaf sebelumnya kalo kalimat diatas gak sesuai ejaan Bahasa Inggris yang Disempurnakan (emangnya ada yah ?), lantaran yang namanya Toefl blom jua dikantongi walopun menjadi syarat mutlak kalo mau lulus dari program pasca. Tapi berhubung gak nyinggung perihal berbahasa Inggris yang baik dan benar, maka jangan dianggap serius deh kalo itu salah. J

Balik to the Point : YouTube.

Situs penyedia video yang dapat didonlot gratis ini sempat mengalami pemblokiran hanya gara-gara beredarnya video film ‘Fitna’ yang diklaim menghina umat Islam plus ditenggarai sebagai sumber dari segala sumber video porno yang beredar luas di negeri ini.

Bersyukur tindakan keblinger tersebut gak berlangsung lama. Karena berkat jasa YouTube pula akhirnya bisa juga ngedapetin video clip musik yang sejak jaman sma dahulu sangat sulit didapat, dalam bentuk vcd-dvd sekalipun.

Murahnya tarif internet via Starone turut pula menjadi andil pengunduhan puluhan video musik ini lantaran dengan tarif yang hanya 25 rupiah per menit, nge-net selama sebulan cuman ngabisin gak nyampe angka 50ribuan. Beda banget kalo masih make Telkomnet Instant. Mahal bok !

youtube.jpg

Jadilah dibulatkan hingga pemakaian 100 ribu per bulan yang sisanya itu dipake buat nge-donlot puluhan video musik dari Kemuri, Offspring, Sepultura hingga grup rock lainnya yang sempat menjadi idola sejak sma dahulu.

Nge-donlot video porno ? No Way ! ngapain ngabisin waktu percuma, kalo video2 tersebut bisa didapetin dengan cara gampang sedot langsung dari Warnet seantero Kota Denpasar. Lebih baik nge-donlot video musik dah…