Cegah Lemot Smartphone Nokia

1

Category : tentang TeKnoLoGi

Selama ini brand paling laris di Indonesia ini memang blom pernah diadu banding performancenya baik kecepatan akses maupun multitaskingnya dengan produk PDA yang make sistem operasi Windows Mobile. Lantaran udah jelas terlihat gak sebanding.

Lemot (istilah kerennya lemah otak-lamban) pada ponsel Nokia terutama yang bertipe Smartphone dilihat dari pemakaian sistem operasi Symbian (terbanyak seri 60), seringkali dikeluhkan oleh para pengguna yang terlanjur jatuh cinta pada penampilan maupun fitur dalemnya. Akhirnya walopun sedikit nyesel, sesekali nanya pula kira-kira tipe apa lagi yang bakalan dirilis tapi gak lemot.

Minim kalo gak mau lemot, pilih ponsel yang udah make prosesor didalamnya. Sementara ini memang baru ponsel mahal aja yang make, diantaranya Nokia seri E, dan  kalo mau yang harag murah, silahkan cari tipe 6120 Classic. Rata-rata selain prosesor, dimiliki pula yang namanya memori internal plus Ram dan Rom-nya. Sangat berguna untuk melakukan multitasking (penggunaan 2 fitur atau lebih secara bersamaan), lantaran punya space lebih didalemnya.

Trus kalo yang gak punya keduanya gimana ?Ambil contoh Nokia N73 Music Edition yang baru kmaren dibeli. Kata banyak pengguna seri ini terkenal Lemotnya lantaran firmware yang dipake blom diupgrade ke yang lebih stabil.

Tapi ada juga lho caranya agar tak Lemot saat dipake.

 

smartphone.jpg

Hemat Memori Internal.Menggunakan memori internal sebagai satu penyimpanan file Video, jepretan Foto hingga file musik, bukanlah satu hal yang bijak untuk disarankan. Gunakan seperlunya saja. Misalnya untuk menyimpan nada dering tertentu yang dipake untuk Profile maupun beberapa User contact. Atau menyimpan aplikasi maupun tema yang mungkin sangat bagus untuk digunakan. (pembahasan selanjutnya). Kalo perlu, lakukan pengaturan setting pada beberapa fitur yang dimiliki seperti Kamera, penyimpanannya dialihkan ke kartu memori luar, atau mungkin voice recordernya maupun rekaman Radio pula dilakukan hal yang sama. Sampe saat ini dari 42MB memori internal pada Nokia N73 ME tadi, yang tersisa masih lumayan banyak, 39MB. Jadi masih ada spare space kalo digunakan untuk fitur tertentu.

Instalasi Aplikasi, Tema dan Games.Kalo punya file installernya, alangkah baiknya dilakukan percobaan simpan dulu di Kartu Memori luar. Gunanya tentu untuk menghemat memori internal, selain juga untuk pengetesan. Kalo setelah dicoba ternyata berjalan dengan baik, namun tergolong gak penting-penting amat, ya biarkan saja begitu. Tapi barangkali saja aplikasi Explorer yang berguna untuk memperlihatkan hidden file pada ponsel Nokia, bolehlah dihapus trus diinstall lagi dan simpan di memori internal. Begitu juga dengan Tema yang kira-kira oke untuk dipake dalam jangka lama, lebih baik disimpan pada memori internal.

Sisakan kapasitas Memori minimal 50 % nyaBerlaku selain untuk memori internal juga memori luar yang dipake. Sampe hari ini selain 39Mb tadi untuk 2GB kartu MiniSD yang disertakan, masih tersisa 1,2GB. Itupun sudah cukup untuk nyimpen beberapa foto dan video si kecil, file MP3 yang asik buat nemenin acara Nyuci popok juga nyetrika dan pula instrument buat bobo si kecil. Udah lebih dari cukup.

Kalopun memang maniak nyimpen file-file hiburan, lebih baik membeli satu gadget yang memang diperuntukkan bagi pengguna yang menyukai hiburan seperti iPod juga miliknya Cowon, Se dan Samsung. Dijamin lebih memuaskan.

Toh pada Smartphone Nokia, tak semua fitur mumpuni dimiliki dan mampu digunakan. Ada aja kurangnya.

Yang paling penting untuk diingat tentu berkaitan dengan sebutan Smartphone bagi ponsel tersebut. Akan sangat wajar menunggu barang1-2 detik saat membuka dan menutup satu fitur tertentu terutama saat melakukan multitasking. Sabar aja nunggunya. Karena toh pada pc desktop aja, walopun udah ber-prosesor Pentium 4 juga RAM 1GB, kadang situasi hang kerap terjadi, menjengkelkan pula.

So, semoga ponselnya bisa digunakan dengan baik dan bijak.

J

Comments (1)

Terima Kasih bli, ta coba dulu. 😎

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge