Nyepi : Introspeksi Diri pada Hari yang Unik

Category : tentang KeseHaRian

nyepi-introspeksi.jpg

Bali dengan segudang daya tariknya sebentar lagi akan memasuki hari yang paling dinanti oleh umat Hindu yang hari ini masih tergolong mayoritas dipulau ini. Entah bagaimana sepuluh tahun mendatang.

Nyepi, Tahun Baru Caka yang diyakini oleh umay Hindu, jatuh pada tanggal 7 maret besok, dimana sudah pada angka 1930. Selisih angka 78 tahun dengan Tahun Baru Masehi.

Pada hari tersebut umat Hindu akan menjalani hari dengan menyepi tanpa melakukan aktifitas dan ritual kesehariannya sebagai tanda introspeksi diri selama sehari dan melewatkan waktu dengan membaca buku-buku religius yang mampu mendatangkan ketenangan bagi dirinya dan hubungannya dengan alam semesta ini.

Selain itu diwajibkan pula mentaati Catur Brata yang merupakan larangan tertentu pada hari yang bersangkutan. Tidak boleh bekerja dan beraktifitas, Tidak membuat gaduh, Tidak makan an minum, Tidak boleh bepergian hingga Tidak menyalakan Api.

Itu pula sebabnya Bali pada Hari Raya Nyepi, merupakan hari dimana umat Hindu dan umat lain yang mau menghormati dan bertoleransi diharuskan tinggal dirumah dan tidak menyalakan lampu pada malam hari.

Seharian pula Bali secara visual, mampu menurunkan tingkat dari segala bau kemacetan, polusi asap dan kebisingan.

Mungkin ada baiknya di negara ini diterapkan pula hal yang sama, dimana ada waktu sehari untuk beristirahat dari segala keruwetan dan berusaha kembali pada alam.

Post a comment

CommentLuv badge