Nyepi : Borong Belanja jelang Kiamat

Category : tentang KeseHaRian

nyepi-ironi.jpg

Lihatlah sejenak keluar, kearah dimana orang-orang ramai berkumpul hanya untuk membeli dan memborong makanan dan minuman kemasan demi menyambut sebuah hari, dimana aktifitas tak berjalan seperti biasa dan seakan siap mengakhiri hidup setiap orang dengan cara mati kelaparan.

 Sangat lucu.Satu sisi jika dilihat dari umat yang merayakan Tahun Barunya dengan Penyepian dan Introspeksi diri, memborong pasokan makanan dan jor-joran membuat hidangan yang kadarnya jauh lebih banyak daripada hari biasa,

Di hari ini berkembang satu aturan yang tak tertulis, dimana setiap ibu rumah tangga sudah siap dengan segala hidangan seperti layaknya Lebaran tiba, ngejot ke tetangga sebelah maupun sanak saudara terdekat tanpa terlihat berkeliaran dijalanan.Hari ini pula merupakan hari berkumpulnya saudara yang pulang dari perantauan dan sesekali menyelinap keluar rumah untuk dapat mampir kerumah saudara lain, melepas semua uneg-uneg dan keluh kesahnya.

 Sisi lain, bagi mereka yang seharusnya memberikan toleransi antar umat beragama, terlihat pula memborong bahan makanan kemasan seakan Hari Raya Nyepi akan berjalan sampe semingguan lamanya, dan takkan ada hari esok lagi.

 Semua peluang ini tampaknya disadari dan dimanfaatkan benar oleh semua  bisnismen yang terlibat didalam usaha penyediaan bahan sehari-hari, seperti halnya supermarket, berlomba-lomba memberikan embel-embel Discount Hari Raya Nyepi, padahal bisa saja harga mungkin sudah dipermainkan terlebih dahulu. Halah….

Post a comment

CommentLuv badge