Desain Asal-asalan

Apa yang terbayang pada benak saat menatap desain perencanaan seperti halnya gambar disebelah ?Satu kawasan perumahan yang indah dan asri juga sejuk, lengkap dengan segala bayangan kemewahan didalamnya.

Namun apa yang terjadi sesudahnya ?

Tak sesuai harapan.
Yang ada hanyalah bangunan megah dan panas serta angkuh berdiri dikawasan yang sudah penuh dengan bangunan-bangunan lain dan tak satupun gambaran ini ada pada desain awal perencanaan tadi.

Kecewa ?
Jelas.

Lihat saja perencanaan koridor Jalan Kamboja yang dipampang didepan SD sebelah kantor Instansi Dinas Kesehatan kabupaten Badung.
Begitu indah dengan menampilkan spot jalan atau persimpangan yang dipaving sedemikian rapi, tanpa ada bangunan disekitarnya dan menampilkan pula background yang terang seakan kawasan tersebut berada dipinggir pantai lengkap dengan birunya langit.

Tapi apa yang terjadi setelah dikerjakan ?
Tak lebih dari kacaunya kualitas pekerjaan ditambah nuansa panas yang tak seperti yang digambarkan pada desain awal perencanaan tadi.

Trus Salahnya dimana ?
Ya sudah tentu pada desain awal tadi yang seakan sang desainer menutup mata akan keberadaan lingkungan sekitarnya yang real-nyata dan tak diikutsertakan dalam desain tersebut.
Mungkin sudah menyadari bahwa akan menyebabkan buruknya hasil desain yang akan dihasilkan jika lingkungan sekitarnya disertakan.

Bertentangan dengan apa yang dipelajari saat belajar di Arsitektur dahulu, saat mencoba menggabungkan satu tampilan lama dari satu kawasan ditumpuk (montage) dengan tampilan desain yang baru.
Terlihatlah apakah desain yang akan dibangun akan selaras dengan lingkungannya ato tidak.

Nah, kalo saat ini desain yang ditampilkan tak jua mengikutsertakan lingkungannya, apakah para konsumen akan berhak menuntut sang pengembang (Developer) yang akan membangun kawasan perumahan tersebut agar menjadi seasri penampilan desainnya ?

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.