Ponsel Ekonomis lain (0,9 s/d 1,1 Jt)

Bicara masalah ponsel Ekonomis, selain Nokia tadi nyatanya ada juga ponsel dari brand lain yang menawarkan kelebihan beragam dengan nambah-nambah duit sekitar 300ribuan lagi.
Pada rentang dibawah sejuta ini ada beberapa kandidat dari LG, BenQ Siemens maupun Sony Err.

LG
Brand ini menawarkan seri KG190 yang udah punya kamera VGA plus memori internal 128MB plus layar warna TFT 65K seukuran 128×128 pixel minus koneksi. Bentuknya kotak kecil mirip kalkulator saku.
Ada juga yang seri KG 195 dengan spec sama dengan seri diatas namun bentuk wajah yang berbeda. Hanya saja sudah punya slot memori eksternal MicroSD, standar memori saat ini. Namun memori internal turun jadi 60MB
Trus terakhir ada seri KG200 yang punya spec sama dengan 195 namun kameranya meningkat jadi 1,3MP plus resolusi layar udah 128×160 pixel dengan TFT 262K.

BenQ Siemens
Brand ini baru aja meluncurkan seri C30 yang merupakan kelanjutan dari seri E61 yang udah diskontinyu. Punya spec mirip LG 195 tadi, hanya saja memori internalnya minim dibawah 1MB. Artinya kalo mau nyimpen lagu maupun foto ya harus di memori card yang dalam pembelian sepertinya gak disediakan.
Kelebihannya cuma ada tombol akses cepat untuk musik dan kamera disisi atas ponsel. Ini serupa banget dengan sodaranyaseri E61.

Sony Err
Untuk rentang dibawah sejuta, sepertinya emang sulit nyari ponsel SE yang punya memori luar. Jadi harus cukup puas dengan sekitar 15MB seperti yang dimiliki seri K320i. plus kamera 1,3MP dan ukuran layar serupa dengan LG dan BS tadi.
Sedangkan yang seri K510 kemungkinan besar gak ada lagi harga baru alias diskontinyu seperti halnya seri sebelumnya, namun memiliki memori internal yang lebih lega yaitu 28MB plus warna yang sudah 262K.

***
Jikapun punya budget lebih 200ribuan, ada pula persediaan lainnya seperti Nokia 3110 Classic yang udah punya kamera 1,3MP plus memori ekternal, atau dari Sony Err seri W200i ponsel Walkman ekonomis yang sudah pula memiliki memori luar. Hanya saja kalo dibandingin tentu beda kluaran suaranya. Wong ponsel musik kok.
Tapi jangan berharap suaranya bakalan seperti SE seri W lainnya, namanya juga ponsel ekonomis direntang harga 1,1 Juta.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik