Project Aseman-Pantai : Konstruksi

Seperti diungkap pada sesi Perencanaan, adapun konstruksi yang akan dilaksanakan terbagi atas 2, major dan minor.

Pekerjaan major meliputi penghamparan hotmix yang dalam bahasa Bina Marga disebutkan sebagai AC selebar 4,50 M sepanjang 4.000 M…
Penghamparan ini hanya diperuntukkan pada ruas jalan Aseman-Pantai dan bukan pada ruas jalan yang ada disekitarnya seperti Tegal Gundul maupun akses menuju Pura Perancak.

Pekerjaan minor meliputi perbaikan pondasi jalan, perbaikan senderan atau got serta pembuatan gorong-gorong.

Perbaikan pondasi jalan dilakukan lantaran pada beberapa titik terjadi penurunan permukaan perkerasan ditambah lubang-lubang sebagai akibat dari resapan air yang tinggi atau konstruksi jalan tak mampu memikul beban dari truk-truk besar yang yang seharusnya tak diijinkan melintas pada jalan tersebut.

Perbaikan senderan dilakukan hanya pada beberapa titik saja mengingat terbatasnya dana konstruksi dan diprioritaskan pada sisi tengah yang menempel ke jalan raya, tujuannya tentu untuk meminimalisir penurunan permukaan aspal akibat dari labilnya tanah dasar maupun kurangnya pemadatan dari pondasi yang diberikan.

Pengadaan gorong-gorong atau yang lebih dikenal sebagai Duiker, pada awalnya memang tidak direncanakan lantaran keterbatasan waktu dimana plat beton yang nantinya akan dibuat memerlukan jangka waktu lama agar dapat dilewati oleh alat-alat berat penghampar hotmix. Ini tentu akan menghambat pekerjaan lainnya mengingat keseluruhan project harus sudah selesai per akhir tahun ini.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.