Sentuhan Arsitektur : Sirkulasi Pasar

Category : tentang KeseHaRian

Setelah melihat kenyataan di lapangan, nyatanya ilmu2 dalam perkuliahan bidang jasa Arsitektur sangat berguna dan bermanfaat bila diterapkan.
Salah satu unsur dalam sebuah perencanaan, adalah Penataan Sirkulasi bagi lalu lintas dan manusianya.Di Pasar Batukandik, selain rambu yang tak jelas dihiasi pula oleh sikap dan tingkah para pedagang serta pengunjung yang seakan2 melupakan pentingnya arti sebuah sirkulasi. Ini bisa dilihat sering kali terjadi bentrokan kepala kendaraan pada jalur yang seharusnya diperuntukkan satu arah.
Sialnya kalo gak ada yang mau ngalah untuk mundur, klakson pun dibunyikan demikian kerasnya. Lha salah siapa ?

Orang yang dari luar pasar lantaran tak melihat rambu2 tertentu, main serobot masuk ke jalur yang seharusnya dilalui.
Orang yang sudah sering beraktifitas di dalam pasar, tentu mengikuti aturan tak tertulis, berkaitan dengan arah lintasan.

Bukan itu saja.
Tak jarang ada beberapa pedagang memiliki kemaluan yang sangat keciiiil sekali (ups sori, rasa malu maksudnya). Seenaknya saja menghentikan kendaraan yang mengangkut barang dagangannya pada lintasan satu lajur satu arah.
Bisa ditebak kemacetan yang terjadi dibelakangnya.
Namun bukannya mempercepat ato memindahkan kendaraan, malah dengan santai melanjutkan aktifitasnya memindahkan barang dagangan dari dan ke kendaraan.

Time is Money, Huh ?

Post a comment

CommentLuv badge