Pelatihan (lagi)…

Category : tentang iLMu tamBahan

Kali ini mengambil tema pelatihan Teknologi Informasi dalam bidang ke-PU-an, diikuti oleh jajaran staf dan kasi-kabid dilingkungan PU se-Bali, dimana satu instansi diwakili oleh 1 orang saja.Berlangsung di Hotel Nikki Gatsu, selama tiga hari sejak 29 Mei lalu. Yang diselenggarakan oleh Pusdata Jakarta, demi untuk menyamakan visi dan misi jajaran birokrasi pemerintahan dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.
Bidang ke-PU-an ditunjuk sebagai langkah awal yang nantinya diharapkan bakalan diikuti oleh instansi lainnya.

Pembelajaran meliputi pembuatan data baik pemetaan maupun penjelasannya. Dilaksanakan dalam 5 sesi waktu dimana salah satunya termasuk pula sosialisasi Web PU (pu.net), namun yang angat disayangkan, Workshop pembelajaran pembuatan Web Site tak dapat diberikan, hanya karena masalah waktu.

Baik para pemberi informasi yang terlihat bersemangat menjelaskan hal-hal yang dianggap perlu, tak diikuti oleh antusiasme Peserta Pelatihan. Mungkin karena lelah, capek, ato malah merasa diri sudah Eselon IV, setingkat kasi-kabid, sehingga merasa tidak diperlukan Pelatihan dasar seperti ini.

Namun secara keseluruhan apa yang disampaikan, cuman satu materi aja nyantol di kepala, pembelajaran SPSS sebagai database instansi terkait. Sedangkan yang lainnya mungkin lebih pantas diberikan pada seorang pemula, karena yang hadir sudah tentu mampu dan menguasai komputer dalam kegiatan sehari-harinya.

Berlatih membuat Account User pada Windows XP jadi mengesalkan, karena hal ini mungkin yang paling dasar dari sistem operasi ini, ditambah komputer yang seringkali ngadat, akibat kartu grafis tambahannya yang tidak dipasang, tak sepadan dengan fungsi pemetaan yang akan dijalankan.

Mungkin ini bisa menjadi bahan pelajaran untuk Pelatihan berikutnya, yang sudah tentu di-backup oleh jajaran birokrasi PU ditingkat Provinsi. Semoga bisa dilanjutkan kembali.

Post a comment

CommentLuv badge