Wayang Cengblonk

Category : tentang KHayaLan

Kembali digelar gratis di pusat kota Denpasar, tepatnya di lapangan alun-alun, yang ditanggap oleh satu Badan Narkotika, pimpinan Bapak Mangku Pastika, mantan Kapolda bali dijaman bom Bali I.Antusiasme masyarakat Bali jelas terlihat saat baru memasuki areal jalan seputaran lokasi pagelaran, tampak parkir sudah penuh bahkan dobel di depan Kodam IX Udayana. Seakan tak percaya, lapangan Puputan yang begitu luaspun dipenuhi penonton yang sudah duduk manis menanti sang dalang memainkan wayang.

Padahal di koran Radar Bali, ada satu dalang lokal yang mencibir nge-trendnya Wayang cengblonk, penuh dengan dagelan kocak, dan dianggap terlalu mengikuti kehendak publik. Seakan sudah bisa terbaca layaknya para politikus kacangan, sang dalangpun berkata akan mengembalikan roh wayang kulit pada pakem dan aturan yang dahulu berlaku.

Satu pertanyaan, apakah wayang kulit jika kembali ke asal, dapat diterima begitu ramai dinanti masyarakat Bali ?
Mungkin bisa dilihat dari pagelaran dalang-dalang setempat, yang mungkin belum mampu menyaingi jumlah penonton malam kemaren.
Padahal pagelaran yang diadakan, bukanlah pertama kali digelar gratis bagi masyarakat umum.
Seminggu lalu bahkan digelar pula atas ide dari pelukis Bali, Nyoman Gunarsa, yang mencoba memperkenalkan Hak Cipta pada masyarakat.

Lakon kali ini tak jauh dari sang penyewa, tentang penggunaan narkoba.
Durasi tontonan memang hanya sebentar, cerita yang dibawakan pun terasa pendek, karena hanya menampilkan 5 adegan pokok, dan 3 diantaranya memberikan petuah serta nasehat bagi masyarakat yang menontonnya.

Sungguh satu pagelaran yang dinanti penonton, terbukti kembali saat selesai pertunjukan, masyarakat kembali menyemut di jalan-jalan raya kota Denpasar, satu pemandangan aneh terjadi pada jam-jam malam.

Tampaknya pendapat dari sang dalang di korang kemaren pagi tak mampu membendung rasa penasaran penonton, tuk melihat langsung pertunjukan sang dalang, Nardayana, yang telah mampu mengeluarkan 5 rilis vcd hingga hari ini.

Post a comment

CommentLuv badge