Rokok : Simbol Kedewasaan ?

Sepintas saat menuju kendaraan yang parkir tak jauh dari lokasi persembahyangan Pura Ulundanu Batur terlihat 3 anak-anak seusia masa SMP, ngerokok dengan asyiknya di warung pinggir jalan. Apa yang mereka pikirkan ?Rokok dikalangan usia remaja bisa jadi satu keharusan, menandakan simbol kedewasaan- udah berani merokok, ato malah gak jantan kalo gak ngerokok. Hasutan macam inilah yang menjebol gawang para orang tua, karena anaknya memilih ikut arus dibanding mendengarkan kata-kata mereka.

Tapi apakah merokok saat berada diluar rumah ato sembunyi-sembunyi sedangkan dirumah terlihat kalem, bisa dikatakan dewasa ? Nonsens ! itu sama aja dengan pengecut, Bung !

Ada juga yang ngerokok lantaran dianggap bisa meningkatkan konsentrasi kerja. Akhirnya tanpa rokok, produktivitas kerja pun menurun. Konsekuensinya gak jarang dalam satu ruangan dipenuhi asap dan bau rokok, tanpa memperdulikan orang lain yang terbatuk-batuk karenanya.

Tapi gak semua cowok yang ngerokok itu bisa dibilang macho, seperti iklan-iklan menyesatkan di teve. Malah kalo cowok ntu cerdas dan modis, bisa juga dibilang macho dalam kategori lain.

Cewek juga. Banyak yang mencoba merokok hanya untuk menandakan mereka wanita yang mandiri dan pemberani. Namun tak semua cowok memandang positif begitu, ada juga yang berpendapat kalo cewek ngerokok itu tanda ntu cewek gak bener. Bisa jadi pecun ato mungkin simpanan pejabat teras (pejabat yang sukanya duduk diteras dibanding turun kemasyarakat).

Trus gimana dong kalo cewek ‘ngerokok’-in cowoknya ?
Yang ini mah asik banget. Huehehe…..

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

2 thoughts on “Rokok : Simbol Kedewasaan ?

  • October 22, 2008 at 11:46 am
    Permalink

    kalo ngerokok waktu dulu pertama kali smp
    pure
    hanya untuk coba coba dan tau rasanya merokok
    berkelanjutan berhenti berkelanjutan dan berhenti
    sekarang stop
    maklum istri orang depkes dan selalu cerewet tentang bahaya rokok
    nah kalo dirokok itu saya gak perlu cerita kapan kali pertamanya di sini kan?
    😈 😈 😈

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *