Evolusi Ponsel Nokia

Category : tentang TeKnoLoGi

Kenapa Nokia ?
Karena hanya Nokia yang secara konsisten merilis ponsel-ponsel yang mengerti keinginan konsumen sedari awal produksi hingga hari ini.
Mungkin saja beberapa merk lain juga rajin seperti halnya Nokia, namun tetap saja ponsel Nokia menduduki peringkat pertama penjualan di Indonesia.Kenapa Nokia ?
Karena untuk ukuran masyarakat Indonesia, hanya Nokialah yang memberikan tampilan Menu User Friendly, lebih mudah dimengerti oleh beragam tingkat usia.
Dari segi harga purnajualpun, Nokia tertinggi. Sekelas dengan Honda di kategori sepeda motor.

Ponsel Nokia.
Akhir tahun 90an, bisa dibilang, awal terjangkitnya fenomena ponsel batu bata, dimana orang yang beruntung dapat membelinya, dengan harga jutaan, lebih banyak berbicara keras saat menelepon, untuk memberitahukan pada sekitarnya, kalo dia sudah punya handphone.
Yang paling laku kabarnya seri 5110, masih item putih dan bongsor.

Memasuki tahun 2000an, barulah ponsel-ponsel modern bermunculan. Yang paling fenomenal adalah kemuncuan seri 7650, ato yang lebih dikenal dengan ponsel Artis, karena memang saat dilepas, kebanyakan pengguna seri ini adalah artis, termasuk juga para anggota DPR kita yang terhormat.
Harga rilis pertamanya hingga 7 jutaan.
Terobosan yang disediakan tak kalah hebat, yaitu kamera walo masih berformat VGA, layar warna yang tergolong jernih dijamannya, dengan layar lebar, memanjakan mata. Plusnya lagi, ditambah Memory yang cukup untuk menyimpan nada dering berformat Wav.
Hingga kini, walopun harga secondnya sudah dibawah sejutaan, namun ada saja yang masih setia dan loyal memakainya.

Gak jauh dari rilis 7650, muncul ponsel Nokia dengan konsep musik menyusul bertipe konsol games. Walo saat rilis, ni ponsel jarang yang nyari, namun tahun terakhir, ni ponsel tergolong paling banyak dicari karena kemampuannya yang oke.
Walopun agak aneh saat bertelepon, berbicara dengan gaya ‘side talking’.
Biasanya disebut dengan ponsel telinga gajah.
Inilah Nokia 3300 yang disempurnakan kembali dengan Nokia N-Gage Classic.
Cukup memuaskan, apabila sasaran yang ingin dicapai hanya kisaran games dan musik.

Nokia 6600, muncul sekitar tahun 2002 hingga 2003. Dengan bentuk yang bulky, namun dengan segudang fitur yang lebih oke dibanding seri 7650, membuat seri ini dibaptis sebagai ponsel Sejuta Umat.
Karena hingga hari ini pun, ponsel Nokia 6600, masih laku keras, baik baru maupun secondnya.
Apalagi setelah dikeluarkannya seri 6600 Black. Hingga anak Sdpun gak aneh mulai menenteng ponsel ini.
Keberadaan memory eksternal, hingga maksimum 256 MB, lebih dari itu bisa jadi lemot, ditambah dukungan dari banyak penyedia software Symbian, menjadi daya tarik utama untuk meminggirkan ponsel merk lain.
Boleh jadi, inilah seri satu-satunya yang mampu mengguncang dunia.

Memasuki tahun 2004-2005, dimana era PDA mulai menggila, Nokia tak kalah awal, mengeluarkan seri E60, yang memiliki tampang tak ubahnya PDA, dan kemampuan yang stabil. Namun ditahun ini pula, ponsel-ponsel Nokia mulai menunjukkan taringnya yang tajam, dengan merilis seri canggih, ato dikenal dengan seri N.
Mulai kamera yang udah meningkat ke ukuran 2 MP, sampe speaker yang mulai mendapat perhatian, berhubung ponsel Sony Ericsson menjajal dengan seri Walkmannya.
Boleh jadi, ditahun ini persaingan begitu ketat, sehingga bisadirasakan, ponsel-ponsel yang dulunya oke untuk dibawa, kini malah menjadi tertinggal jaman.

Tahun 2006, Nokia merilis seri N 95, yang kabarnya akan edar sekitar tahun 2007 awal, memiliki kemampuan multi, mulai dari GPS sebagai alat pencari, hingga segala macam koneksi mutakhir.
Ditambah keberadaan kamera 5 MP, yang hanya bisa ditandingi oleh LG dan Samsung.

Belum puas?
Jika tahun 2005 lalu, rilis Nokia 9500, seri Communicator paling ditunggu umatnya di Indonesia, yang harga jualnya maksimum hingga 15 jutaanpun dibeli, kini muncul lagi Communicator seri terbaru, Nokia E90.
Type ini tergolong oke dengan kamera, desain dan koneksi serta sudah mendukung era 3G. hanya saja, sampe hari ini belum ada Reviewnya lebih mendalam, untuk bisa mengetahui apa saja yang bisa diandalkan.

Kita tunggu saja kehadirannya.
Pula seri-seri Nokia lainnya, yang kian hari kian mengerti kemauan konsumennya.
Cheers.

Post a comment

CommentLuv badge