Kecepatan PDA

Category : tentang TeKnoLoGi

Jika sudah merasa kepepet untuk milih PDA sebagai handset komunikasi, hendaknya diingat, hal-hal yang berperan untuk mengoptimalisasi kecepatan prosesor dari PDA itu sendiri.
Tentu saja bentuk prosesornya berbeda dengan desktop pc, dan prosesor ini jarang dipakai untuk handset ponsel. Sehingga bisa dipastikan, jika multitasking (bekerja menggunakan 2-3 aplikasi secara bersamaan) dilakukan, untuk kategori ponsel rata-rata tersendat, bahkan bisa jadi hang. Sedangkan PDA boleh berbangga, masih stabil untuk melakukan hal yang sama.Walopun prosesor saja belum cukup, untuk menambah kecepatan PDA, tentunya ya banyaknya aplikasi dan data yang ditanamkan, sehingga ketahuan sisa memorynya. Baik memory data, maupun memory kinerja. Jika sedikit yang diinstal ato aktif berjalan pada background (bisa dilihat pada folder Windows > Start Up), tentu kinerja PDA makin optimal.
Juga tentunya harus diperhatikan untuk alikasi yang selesai digunakan, usahakan untuk close secara tuntas, lewat Running Program > Stop All.

Prosesor bagi PDA, bisa jadi sebagai nyawa utama, dengan tingkat kecepatan rata-rata yang dipake saat ini 200 MHz seperti halnya HP 6365, ato yang 400 MHz seperti pada O2 Xda IIdan Iis. Ato yang masih jarang dipake 520 MHz pada O2 Atom Exec, ato malah yang terbaru dan gres, 620 MHz untuk handset O2 kluaran terakhir, O2 Atom Life.

Itu baru untuk kategori pemakai Pocket PC buatan Windows. Belum lagi produksi Palm, yang rata-rata sudah cukup puas jika memakai prosesor 100 MHz sampe 200 MHz.
Karena secara umum, baik sistem operasi dari Palm yang umumnya masih mengunakan Palm OS 4, ato yang masih jarang dipake yang versi 5, dan terakhir muncul ya versi 6.
Namun tetap saja kebutuhan prosesornya tak setinggi platform Pocket PC.

Makin tinggi kecepatan, makin pendek pula usia batere, pada kekuatan yang sama.
Batere lagi-lagi juga merupakan Nyawa Utama bagi PDA. Akan sangat menyebalkan bila sampe terjadi alam sehari bisa 2-3 kali nge-charge batere, lantaran usianya terlalu pendek, untuk ukuran layak kerja seharian, seperti saat memakai Audiovox Thera yang cuman sejutaan itu.
Batere juga bisa menyebabkan user PDA kehilangan data, saat dayanya mulai menipis dan habis hingga titik Nol, itu berlaku jika platform yang dipake adaah Windows Mobile 2003 SE kebawah.
Sedangkan yang Windows Mobile 5.0, bisa lebih lega, karena data takkan hilang saat batere habis.

Semakin tinggi platform yang digunakan, tentu saja memerlukan prosesor dengan kecepatan yang lebih besar. Kini untuk pengguna Pocket PC, bisa bersiap-siapenungu kehadiran Windows Mobile 6 yang versi Beta-nya baru aja diluncurkan.

Prosesor bagi PDA sudah tentu gak boleh diremehkan. Namun terkait pula denganbesar daya batere dan jenis platform dan aplikasi yang digunakan.
Jadikan ini satu pertimbangan saat membeli PDA.

Post a comment

CommentLuv badge