Hal Kecil dalam Budaya Tradisional dan Teknologi Modern

2

Category : tentang KeseHaRian

Dalam setiap upacara agama yang dilakukan oleh Umat Hindu, seringkali terlihat jelas dari asap yang membumbung, seandainya upacara tersebut dilakukan dalam hening sunyi sekalipun. Asap yang tercipta dari dupa yang dinyalakan, selain untuk menambah khusyuk suasana, merupakan satu sarana yang penting, dalam menghantarkan Bhakti Umat kepada-Nya.
Asap terbanyak juga tercipta dari ‘Pengasepan’ – sebuah sarana dengan tujuan sama, namun dalam skala lebih besar, biasanya terdiri dari serpihan Cendana yang dibakar.Pernahkah terlintas, apabila semua asap ini dijadikan satu tempat, akan terjadi semacam kabut tebal yang cukup membuat gerak dan fungsi mata maupun hidung, terganggu, terutama bagi orang=orang yang berada sangat dekat dengan obyek penghasil asap ?
Bukan itu saja.
Jika mau lebih ekstrem lagi, asap ini juga dapat menjadi salah satu faktor pencemaran udara, yang katanya dapat melubangi Ozone ?

Namun semua itu seakan terlupakan, saat Umat Hindu memulai hinga menyelesaikan kewajibannya. Sekian puluh tahun terjadi di Bali, namun sampai hari ini, belum ada protes untuk hal itu. Yang ada malah suasana magis dalam setiap persembahyangan, menarik perhatian wisatawan domestik hingga luar negeri, untuk menyaksikan Umat Hindu melakukan kewajibannya menyelaraskan hidup berdampingan dengan alam, disamping menikmati alamnya yang katanya terindah.

Mungkinkah satu saat nanti, akan terlintas dibenak ilmuwan kita untuk membuat satu sarana yang bentuk wujudnya sama, dengan harapan tujuan yang diinginkan pun masih tetap sama, namun polusi asap yang tercipta bisa diminmalisir bahkan ditiadakan ?
Bukankah saat ini terapi psikologi sudah mulai banyak menggunakan sarana yang sama, namun lebih diutamakan pada bau wangi yang diciptakan, agar dapat menciptakan suasana yang segar dan nyaman ?

Comments (2)

i think kebudayaan indonesia sangat banyak,, namun mengapa kita sebagai rakyatnya tidak mampu mempertahankannya malah mencontoh kebudayaan dari luar!!!

sedangkan turis2 malah sangat menghargai dan sangat terkasima dengan kekayaan dan kebudayaan indonesia yang sangat beragam…

mengapa kita rakyatnya sendiri tidak mencoba untuk menghargai dan melestarikan kebudayaan kita???

[Reply]

:mrgreen: :mrgreen:

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge