CANANGISME

Category : tentang KeseHaRian

Canang bagi Umat Hindu sangat besar artinya, terutama untuk berperilaku menjalankan kewajibannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Canang pula telah berkembang keberadaannya, yang mungkin pada jaman Bali Kuno, dimana rutinitas orang belum sepadat sekarang, masih sempat dibuat disetiap Rumah, begitu rapi, wangi, penuh Doa dan wangi kesucian maknanya.Bagaimana kini ?

Canang telah dijual dimana-mana, terutama dekat pasar ato fasilitas umum, dan yang paling banyak adalah tentunya dekat Pura, tempat persembahyangan umat Hindu.
Tapi sayangnya hari gini penjual Canang bukan lagi didominasi oleh Umat Hindu, tapi juga oleh umat lainnya yang begitu pintar membaca situasi dan persaingan, dijaman serba instant dan cepat, juga malasnya orang Bali (Umat Hindu) untuk membuat sarana Canang, sebagai akibat dari rutinitas harian yang begitu padat dalam mencari nafkah.

Kekhawatirannya ?

Canang yang dibuat umat lain, mungkin saja tidak berdasarkan hati nurani yang bersih dan suci, karena Canang yang dibuat toh sudah sama keberadaannya dengan sarana lainnya, yang setelah dibeli, dipakai trus dibuang, kenapa harus susah-susah ?
Sarana untuk membuat Canang pun mungkin sudah tak lagi Suci (Sukla-istilah Umat Hindu), mungkin saja ember yang diapaki untuk mencuci bahan-bahan Canang, juga bunganya, pada malam sebelumnya dipakai untuk mencuci celana dalam penjual.
Atau bahkan pada saat pembuatannya, terburu-buru, mengejar target, bahkan sampai melangkahi Canang yang telah dibuat, karena sempitnya lahan tempatnya berjualan.

Kenapa ?

Karena Canang bagi Umat Hindu, adalah satu hal yang paling penting disamping keberadaan Dupa, yang tujuannya untuk melakukan pemujaan pada-Nya, yang Maha Suci.
Maka dari itu, banyaknya kekhawatiran yang timbul dari Umat Hindu akan penjual Canang yang bukan Umat Hindu, menjadi satu topik yang selalu hangat dibicarakan di media cetak lokal.

Ironisnya, Canang yang dibuat oleh Umat lainnya seringkali lebih lengkap isinya (biasanya tebu tidak diisi oleh penjual), yang tentunya membuat mau tidak mau Umat Hindupun berpaling untuk membeli Canang dari Umat non Hindu.

Post a comment

CommentLuv badge