Pelatihan Pemeliharaan Jalan

1

Category : tentang iLMu tamBahan

Selama kurang lebih 5 hari ( 26 – 30 Juni 2006) Pelatihan dilaksanakan, namun total aku berada di lokasi adalah 6 hari 5 malam, berhubung hari minggu (25 Juni 2006) sudah diharuskan check in di Hotel Sahid Kuta.Terletak di pinggir pantai Kuta, pelaksanaan Peatihan bisa dibilang berjalan dengan baik, namun karena sebagian besar Peserta berasal dari luar Bali, maka atas inisiatif dari para Instruktur Pengajar dari LitBang Bandung, waktu belajar dimampatkan 15 menit, sehingga yang seharusnya selesai pukul 4.30, menjadi 3.30 untuk Kelas Pemeliharaan Jalan.
Sementara untuk Kelas Jembatan dan Pekerjaan Tanah waktu ditambahkan setiap harinya sebanyak 1 sesi lagi, sehingga pada hari ketiga, kedua kelas ini selesai lebih awal sebelum jam makan siang.

Para Pengajar / Instruktur dari litbang Bandung, bisa dikatakan memberi pemaparan maupun solusi yang sangat baik. Sehingga hasil dari penjelasan mereka selama 3 hari, ditambah kunjungan lapangan selama sehari, sedikit banyak masuk kedalam otak pribadi.
Namun alangkah akan lebih berguna lagi jika yang mengikuti Pelatihan ini adalah yang memiliki Basic Sipil dan Jalan Raya.

Keakraban yang terjadi antara Peserta dan Pengajar, membuat suasana Belajar jadi memungkinkan tanpa rasa kantuk, walaupun malam sebelumnya, sebagian besar Peserta begadang untuk nonton Pra Kualifikasi Negara Peserta Piala Dunia Jerman 2006.
Kecuali aku, tentunya.

Akhirnya setelah seharian melakukan tamasya ‘ kunjungan lapangan’ ┬áke lokasi AMP, trus berlanjut ke Kintamani hanya untuk makan siang, mampir ke Kebun Kopi, hanya untuk mengantarkan Ibu Pemimpin Rombongan yang ingin membeli kopi coklat – kopi yang dicampur dengan coklat (buah).
Terakhir, menunggu cukup lama di Pasar Seni Sukawati, berhubung para istri Pengajar, ngotot mampir untuk membeli oleh-oleh, sedangkan sebagian Peserta di bus Kelas Pemeliharaan Jalan lebih memilih bengong dan menunggu, karena gak dapet uang saku maupun SPPD ‘ termasuk aku ‘ jadilah jam 4 sore baru balik dari Pasar Seni dan nyampe Hotel jam 5 sore.

Capek.

Hari terakhir di lokasi, terjadi adu Sambutan antara Perwakilan Peserta dengan Pemimpin Kegiatan Pelatihan.
Dimana menyorot masalah-masalah yang aku anggap sepele, bahkan mungkin gak perlu untuk diungkapkan. Dari lokasi kegiatan yang terlalu mewah, plus paket makannya, namun tas yang diberikan untuk Peserta layaknya tas anak SMA, sampai pada gak adanya uang saku dari pihak penyelenggara, dalam hal ini Jica dari Jepang.

Ternyata dimana-mana yang namanya Pegawai Negeri ya sama saja.
Selalu gak puas dengan keadaan yang sudah ada.

Tapi, secara keseluruhan Kegiatan ini bisa dikatakan berjalan baik, bahkan saat aku pulangpun masih sempat sua dan mengucapkan Terima Kasih pada Panitia Penyelenggara maupun Para Instruktur kami.

Terima Kasih, semoga Pelatihan seperti ini bisa dilaksanakan kembali tentunya dengan kondisi dan Materi yang lebih banyak dari sebelumnya.

Comments (1)

[…] harus bersiap mengurangi umur pekerjaan tersebut. He… kalimat tadi saya kutip dari Instruktur Pelatihan Pemeliharaan Jalan Raya waktu di Hotel […]

Post a comment

CommentLuv badge